Strategi Pengembangan Industri Halal di Indonesia Menjadi Top Player Global
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5537Abstract
Tulisan ini menyimpulkan bahwa strategi pengembangan industri halal di Indonesia untuk menjadi top player global harus dijalankan dengan menghimpun seluruh potensi sumber daya alam yang dimiliki. Tersedianya bahan baku halal, teknologi pangan, sertifikasi halal yang mudah dan murah, pemanfaatan digital marketing untuk pemasaran produk halal, penguatan fesyen muslim, obat dan kosmetika halal, farmasi halal, pariwisata halal semuanya harus menjadi ekosistem halal. Adanya saling keterkaitan dapat memperkuat strategi pengembangan industri halal di Indonesia dalam meningkatkan sektor riil ekonomi syariah Indonesia dan memenuhi kebutuhan halal global. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi pustaka dan konsep ekosistem ekonomi syariah. Teknik analisis data dilakukan secara bertahap mulai dari penyajian data, reduksi data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Posisi penelitian ini memperkuat strategi penguatan industri halal yang dijalankan oleh KNEKS (Komite Nasional, dan Keuangan Syariah). Penelitian menemukan banyak kekurangan yang dimiliki oleh industri halal Indonesia dari berbagai aspek, diantaranya bahan baku, lambatnya lembaga jaminan halal, rendahnya pembiayaan syariah dan seterusnya.Â
References
Adi Hamazana, Adrian. 2018. “Pelaksanaan Standarisasi Pelayanan Pariwisata Halal Dalam Pengembangan Pariwisata Di Nusa Tenggara Barat.†Pena Justisia: Media Komunikasi Dan Kajian Hukum 17, no. 2 (June): 1–16. https://doi.org/10.31941/PJ.V17I2.545.
Asri, Kholifatul Husna, and Amin Ilyas. 2022. “Strengthening the Halal Value Chain Ecosystem as the Development of the Halal Industry Towards Era 5.0.†ALIF 1, no. 1 (June): 37–47. https://doi.org/10.37010/ALIF.V1I1.712.
Astuti, Mirsa. 2020. “Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle).†Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum 1, no. 1 (June): 14–20. https://doi.org/10.55357/IS.V1I1.16.
Mursid, Fauziah. 2021. “Rendahnya Literasi Halal Indonesia | Republika Online.†2021. https://ihram.republika.co.id/berita/r2o8e2313/rendahnya-literasi-halal-indonesia.
Musyarofah, Siti Awaliya, and Khoirun Nasik. 2023. “Membaca Implementasi Ekosistem Halal Di Kabupaten Bangkalan.†Wasathiyah : Jurnal Studi Keislaman 4, no. 1 (January): 68–77. https://e-journal.stishid.ac.id/index.php/wasathiyah/article/view/192.
Qoni’ah, Risa. 2022. “Tantangan Dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia Di Pasar Global.†Halal Research Journal 2, no. 1 (March): 52–63. https://doi.org/10.12962/J22759970.V2I1.246.
Rahmawati, Reni, and Dadang Husen Sobana. 2023. “Analisis Keunggulan Komparatif Produk Halal Dalam Perdagangan Internasional.†Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal 3, no. 2 (July): 66–76. https://doi.org/10.15575/LIKUID.V3I2.26863.
Saputri, Oktoviana Banda. 2020. “Pemetaan Potensi Indonesia Sebagai Pusat Industri Halal Dunia.†Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 5, no. 2 (November). https://doi.org/10.30651/JMS.V5I2.5127.
Setwapres, BPMI. 2022. “Atasi Kendala Kawasan Industri Halal, Wapres Minta Teliti Untuk Temukan Solusi - Wakil Presiden Republik Indonesia.†2022. https://www.wapresri.go.id/atasi-kendala-kawasan-industri-halal-wapres-minta-teliti-untuk-temukan-solusi/.
Warto, and Samsuri. 2020. “Sertifikasi Halal Dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal Di Indonesia.†Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 2, no. 1 (July): 98–112. https://doi.org/10.31000/ALMAAL.V2I1.2803.
Zein, Lokot. 2020. “Penguatan Industri Halal Bagi Daya Saing Wilayah: Tantangan Dan Agenda Kebijakan.†Journal of Regional Economics Indonesia 1, no. 2 (August): 33–57. https://doi.org/10.26905/JREI.V1I2.5437.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).