Strategi Pengembangan Industri Halal di Indonesia Menjadi Top Player Global

Authors

  • Haryono Haryono Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5537

Abstract

Tulisan ini menyimpulkan bahwa strategi pengembangan industri halal di Indonesia untuk menjadi top player global harus dijalankan dengan menghimpun seluruh potensi sumber daya alam yang dimiliki. Tersedianya bahan baku halal, teknologi pangan, sertifikasi halal yang mudah dan murah, pemanfaatan digital marketing untuk pemasaran produk halal, penguatan fesyen muslim, obat dan kosmetika halal, farmasi halal, pariwisata halal semuanya harus menjadi ekosistem halal. Adanya saling keterkaitan dapat memperkuat strategi pengembangan industri halal di Indonesia dalam meningkatkan sektor riil ekonomi syariah Indonesia dan memenuhi kebutuhan halal global. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi pustaka dan konsep ekosistem ekonomi syariah. Teknik analisis data dilakukan secara bertahap mulai dari penyajian data, reduksi data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Posisi penelitian ini memperkuat strategi penguatan industri halal yang dijalankan oleh KNEKS (Komite Nasional, dan Keuangan Syariah). Penelitian menemukan banyak kekurangan yang dimiliki oleh industri halal Indonesia dari berbagai aspek, diantaranya bahan baku, lambatnya lembaga jaminan halal, rendahnya pembiayaan syariah dan seterusnya. 

References

Adi Hamazana, Adrian. 2018. “Pelaksanaan Standarisasi Pelayanan Pariwisata Halal Dalam Pengembangan Pariwisata Di Nusa Tenggara Barat.†Pena Justisia: Media Komunikasi Dan Kajian Hukum 17, no. 2 (June): 1–16. https://doi.org/10.31941/PJ.V17I2.545.

Asri, Kholifatul Husna, and Amin Ilyas. 2022. “Strengthening the Halal Value Chain Ecosystem as the Development of the Halal Industry Towards Era 5.0.†ALIF 1, no. 1 (June): 37–47. https://doi.org/10.37010/ALIF.V1I1.712.

Astuti, Mirsa. 2020. “Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle).†Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum 1, no. 1 (June): 14–20. https://doi.org/10.55357/IS.V1I1.16.

Mursid, Fauziah. 2021. “Rendahnya Literasi Halal Indonesia | Republika Online.†2021. https://ihram.republika.co.id/berita/r2o8e2313/rendahnya-literasi-halal-indonesia.

Musyarofah, Siti Awaliya, and Khoirun Nasik. 2023. “Membaca Implementasi Ekosistem Halal Di Kabupaten Bangkalan.†Wasathiyah : Jurnal Studi Keislaman 4, no. 1 (January): 68–77. https://e-journal.stishid.ac.id/index.php/wasathiyah/article/view/192.

Qoni’ah, Risa. 2022. “Tantangan Dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia Di Pasar Global.†Halal Research Journal 2, no. 1 (March): 52–63. https://doi.org/10.12962/J22759970.V2I1.246.

Rahmawati, Reni, and Dadang Husen Sobana. 2023. “Analisis Keunggulan Komparatif Produk Halal Dalam Perdagangan Internasional.†Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal 3, no. 2 (July): 66–76. https://doi.org/10.15575/LIKUID.V3I2.26863.

Saputri, Oktoviana Banda. 2020. “Pemetaan Potensi Indonesia Sebagai Pusat Industri Halal Dunia.†Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 5, no. 2 (November). https://doi.org/10.30651/JMS.V5I2.5127.

Setwapres, BPMI. 2022. “Atasi Kendala Kawasan Industri Halal, Wapres Minta Teliti Untuk Temukan Solusi - Wakil Presiden Republik Indonesia.†2022. https://www.wapresri.go.id/atasi-kendala-kawasan-industri-halal-wapres-minta-teliti-untuk-temukan-solusi/.

Warto, and Samsuri. 2020. “Sertifikasi Halal Dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal Di Indonesia.†Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 2, no. 1 (July): 98–112. https://doi.org/10.31000/ALMAAL.V2I1.2803.

Zein, Lokot. 2020. “Penguatan Industri Halal Bagi Daya Saing Wilayah: Tantangan Dan Agenda Kebijakan.†Journal of Regional Economics Indonesia 1, no. 2 (August): 33–57. https://doi.org/10.26905/JREI.V1I2.5437.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Haryono, H. (2023). Strategi Pengembangan Industri Halal di Indonesia Menjadi Top Player Global. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5537

Citation Check