Pengaruh Literasi, Kegunaan, dan Kemudahan Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Dompet Digital Syariah

Authors

  • Farichatul Muthi'ah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Rachma Indrarini Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.3987

Keywords:

Literasi keuangan, persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, minat menggunakan, dompet digital syariah

Abstract

Indonesia mendapat peringkat ketiga dalam GIFT Index Score 2022, Indonesia terus mengembangkan fintech syariah untuk mempertahankan peringkat tersebut, walaupun perkembangan fintech syariah dalam negeri dikategorikan baik, namun skala kapitalisasi dari fintech syariah di Indonesia lebih kecil dibandingkan dengan negara lain. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yakni untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, persepsi kegunaan, dan kemudahan penggunaan secara parsial dan simultan terhadap minat masyarakat menggunakan dompet digital syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan data penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup yang disebarkan secara online melalui media sosial. Jumlah sampel yang digunakan yakni 150 responden, ditentukan dengan menggunakan teknik non probability sampling metode purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini yakni literasi keuangan dan persepsi kegunaan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat menggunakan dompet digital syariah, kemudahan penggunaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat menggunakan dompet digital syariah, serta secara simultan literasi keuangan, persepsi kegunaan, dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap minat menggunakan dompet digital syariah. Informasi yang diperoleh diharapkan dapat memberikan gambaran bagi perusahaan penyedia layanan dompet digital syariah sehingga lebih inovatif dalam menyediakan layanan keuangan.

Author Biography

Farichatul Muthi'ah, Universitas Negeri Surabaya

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

References

Annur, Cindy. 2021. “E-Wallet, Produk Keuangan Yang Paling Rentan Kebocoran Data.†Databoks Katadata. 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/09/e-wallet-produk-keuangan-yang-paling-rentan-kebocoran-data.

Bank Indonesia. (2016). Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 Tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Davis, Fred D. 1989. “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.†Perceived Usefuness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology 13 (3): 1–23.

Dewi, Intan. 2022. “Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022.†CNBC Indonesia. 2022. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022/amp.

Hair, Joseph, William Black, Barry Babin, and Rolph Anderson. 2014. Multivariate Data Analysis Joseph F . Hair Jr . William C . Black Barry J. Babin Rolph E. Anderson Seventh Edition.

Hasanah, Uswatun, M Rusydi, Candra Zaky Maulana, Maftukhatushalikhah, and Peny Cahaya Azwari. 2021. “Penggunaan Digital Payment Syariah Pada Masyarakat Di Kota Palembang: Pendekatan Teori Technology Acceptance Model (TAM) Pada Layanan Syariah LinkAja.†Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains 10 (1): 93–107. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.8410.

Kadence International. 2021. “Digital Payment and Financial Services Usage and Behavior in Indonesia.†PT Kadence International, no. August. https://kadence.com/wp-content/uploads/2021/09/Kadence-Digital-Payment-and-Financial-Services-Usage-and-Behavior-in-I....pdf.

Kholid, Fernanda Idham, and Embun Duriyani Soemarso. 2018. “Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah Dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada PT BNI Syariah KCP Magelang.†Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah 8 (2): 49–57. http://journal2.um.ac.id/index.php/ekobis/article/view/2164.

Mahardika, Maulida Swara, Achmad Fauzi, and Mardi. 2021. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Financial Technology (Fintech) Payment LinkAja Syariah.†Indonesian Journal, Business, Entrepreuship, and Finance 1 (3): 234–44.

Mudrikah, Azizah. 2021. “Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Minat Penggunaan Produk Finansial Teknologi Pada Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara.†ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik 1 (2): 57–68. https://doi.org/10.54543/etnik.v1i2.23.

Ong, Veronica, and Nuryasman. 2022. “Pengaruh Persepsi Resiko, Persepsi Kemudahan, Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Penggunaan LinkAja.†Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 04 (02): 516–24. https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/18259/10132.

Ototitas Jasa Keuangan. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 76/POJK.07/2016 Tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan/atau Masyarakat.

Prayogi. 2022. “LinkAja Syariah Catat 6,6 Juta Pengguna Dalam 2 Tahun.†Republika. 2022. https://m.republika.co.id/amp/rauhe4368.

Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. Cv. Wade Group.

Puspaningtyas, Lida. 2022. “Fintech Syariah Indonesia Di Mata Global.†Republika. 2022. https://m.republika.co.id/amp/rigqbk349.

Putra, Yanuar Surya. 2016. “Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi.†Among Makarti 9 (18): 123–34. https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/viewFile/ 142/133.

Revonnarta, Ervanda, dan Rachma Indrarini. 2021. “Pengaruh Religiusitas Dan Citra Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Melalui Bank Syariah Di Sidoarjo.†Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 4 (2): 37–49.

Saputri, Safhira Evani Hanifah, dan Rachma Indrarini. 2020. “Hubungan Variabel Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Masyarakat Surabaya Memilih Asuransi Syariah.†Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 3 (1): 15–22.

Sholihah, Ummu, and Nur Fatwa. 2020. “Factors Analysys Of Intention To Use LinAja Syariah In Indonesia.†Ilkogretim Online-Elementary Education Online 19 (4): 3461–67. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.04.764741.

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. 4th ed. Jakarta: Kencana.

Utami, Mala Kresisiana. 2021. “Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan, Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment Linkaja Dengan Kemudahan Sebagai Variable Mediasi.†Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 9 (2): 111–20. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.554.

Vania, Hanna Farah. 2022. “Frekuensi Penggunaan Dompet Digital Di Indonesia.†Databoks Katadata. 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/29/frekuensi-pengguna-dompet-digital-di-indonesia.

Widodo, Teguh, and Sofia Fauziana Putri. 2021. “Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital LinkAja Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Di Bandung.†Jurnal Manajemen Dan Organisasi 12 (2): 134–45. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i2.34462.

Published

2023-03-30

How to Cite

Muthi’ah, F., & Indrarini, R. (2023). Pengaruh Literasi, Kegunaan, dan Kemudahan Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Dompet Digital Syariah. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.3987

Citation Check