STRATEGI STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) PADA 90° COFFEE DI PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Farhan Afdillah Pulungan Universitas Simalungun, Indonesia
  • Mia Indriany Piliang Universitas Simalungun, Indonesia
  • Ikhwan Husni Fauzan Universitas Simalungun, Indonesia
  • Hanafi Asnan Universitas Simalungun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v6i001.3452

Keywords:

Strategi STP, Segmenting, Targeting, Positioning

Abstract

Pada penelitian ini akan dibahas segmentasi, targeting dan positioning dalam kaitannya dengan pemasaran 90° Coffee Pematang Siantar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metodologi kualitatif. Sumber dan informan penelitian ini adalah founder coffe shop, waiters dan pelanggan 90° Coffee. Observasi, wawancara, dan catatan tertulis digunakan sebagai metode pengumpulan data.Temuan studi tersebut mengarahkan para peneliti pada kesimpulan bahwa pendekatan segmentasi 90° Coffee didasarkan pada segmentasi geografis dan demografis. Segmentasi geografis yaitu pemasarannya menyebar di seluruh daerah kota Pematang Siantar. Segmentasi demografinya meliputi : mahasiswa, karyawan dan pasangan muda-mudi, usia 18-30 tahun, ditujukan untuk konsumen dengan pendapatan menengah dan menengah ke bawah, baik wanita maupun pria. Mahasiswa dan karyawan dengan penghasilan antara Rp. 1.500.000 dan Rp. 5.000.000 adalah target pasar utama. Dengan menanamkan citra merek di benak konsumen, positioning tercapai.Barang yang ditawarkan diberi harga yang termasuk rendah yang disesuaikan dengan keinginan konsumen

Author Biography

Farhan Afdillah Pulungan, Universitas Simalungun

FAKULTAS EKONOMI - PRODI MANAJEMEN

References

Assauri, Sofyan, 2004. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press. Jakarta.

Hantoro, Sirod, 2005. Kiat Sukses Berwirausaha. Yogyakarta: Adicitra Karya Nusa.

Kasali, R. 2005. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen daln Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Implementasi dan Pengendalian, Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, R., Al. Hamdani.2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. 2011. Dongkrak Penjualan melalui Marketing Strategy & Competitive Positioning. Gramedia.

Rismiati dan Ig. Bondan Suratno, 2001. Pemasaran Barang dan Jasa. Kanisius. Yogyakartal.

Rismawati, Fitria F, Wahyuni S, and Widodo J. 2019. Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Lalrissa Aesthetic Center Cabang Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 13.2 (2019): 68-72.

Suhendar, dkk., 2008. Bisnis Kecap Segurih Rasanya, http://www.algrinal-online.com

Tjiptono, F.,G. Chandra dan D. Adriana. 2007. Pemasaran Strategik: Yogyakarta: Andi

Published

2023-01-05

How to Cite

Pulungan, F. A., Piliang, M. I., Fauzan, I. H., & Asnan, H. (2023). STRATEGI STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) PADA 90° COFFEE DI PEMATANG SIANTAR. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(001), 103–116. https://doi.org/10.30868/ad.v6i001.3452

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.