Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Pada Keputusan Pembelian Produk Smartphone Vivo di Tanjung Selor
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v5i02.1741Abstract
Penggunaan smartphone pada jaman sekarang bukan lagi keinginan tapi kebutuhan dan kesadaran akan smartphone memang dibutuhkan. Semakin banyaknya merek produk smartphone menjadikan persaingan yang sangat ketat, mereka mengembangkan produknya melalui inovasi agar tetap menarik pelanggan atau tidak berpindah ke merek lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek/brand equity yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas dan loyalitas pada keputusan pembelian produk smartphone Vivo di Tanjung Selor. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian smartphone merek Vivo di gerai penjualan yang ada di Tanjung Selor selama 1 bulan. Kuesioner disebarkan kepada konsumen yang datang di gerai penjualan dan dilakukan perhitungan analisa statistik untuk hasil kuesioner tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, loyalitas, dan persepsi kualitas belum mempengaruhi keputusan pembelian. Mereka cenderung membeli Âsmartphone dengan harga yang terjangkau daripada mempertimbangkan merek. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel; kesadaran merek, loyalitas, dan persepsi kualitas, tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk smartphone Vivo di Tanjung Selor.
References
Alim, S. A, M. K Mawardi, and A. S Bafadhal. 2018. “Pengaruh Persepsi Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim (Survei Pada Pelanggan Produk Zoya Muslim Di Kota Malang).†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 62 (1): 127–34.
Amilia, Suri. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa.†Jurnal Manajemen Dan Keuangan 6 (1): 660–69.
Anindyawati, Stefi, Bambang Purwanggono, and Hery Suliantoro. 2016. “Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota (Studi Kasus Wilayah Semarang).†Industrial Engineering Online Journal 5 (4): 1–8.
Bambang, Abas, and Meyzi Heriyanto. 2017. “Pengaruh Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Merek Toyota Kijang Innova (Survey Konsumen Pada Dealer PT. Agung Automall Cabang Sutomo Pekanbaru).†Urnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau 4 (2): 1–11.
Fatimah, S. 2014. “Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Wardah Pada Konsumen Al Yasini Mart Wonorejo.†Sketsa Bisnis 1 (2): 2–7.
Jemadu, Liberty. 2020. “Daftar Merek HP Paling Laris Di Indonesia, Vivo Masih Nomor 1.†Suara.Com. 2020. https://www.suara.com/tekno/2020/11/26/215943/daftar-merek-hp-paling-laris-di-indonesia-vivo-masih-nomor-1?page=all.
Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2016. Principles of Marketing. Global. England: Edinburgh Gate.
Linardo, Linardo. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nurhayati, Siti. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta.†Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi 4 (2): 60–69. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/66.
Sudomo, St. 2013. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Pepsodent Di Kabupaten Bantul).†Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi 1 (2): 33–48. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/13.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Suryani, Tatik. 2017. Manajemen Pemasaran Strategik Bank Di Era Global. Jakarta: Prenada Media.
Swastha, Basu, and T Hani Handoko. 2013. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Pert. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).