MODUL PEMBELAJARAN AKIDAH DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i02.4135Keywords:
module, the teaching of islamic creed, senior high schoolAbstract
Sebagai salah satu unsur yang dipertanggung jawabkan dalam keberhasilan dan kemajuan pendidikan, modul pembelajaran akidah harus dan dituntut mengacu kepada pemahaman konsep tauhid yang refresentatif. Hal ini disadari benar oleh penulis, yaitu dengan melakukan studi komparasi terkait pemahaman tauhid dan akidah ahlussunnah wal jamaah dengan pemahaman wahabi yang kemudian mencari titik tengah sebagai pemahaman Islam moderat dengan merujuk kepada buku tauhid karya Abdul Aziz Bin M. Alu Abdul Lathif dan buku akidah karya Musthafa Al-Faqi sebagai landasan utama, sehingga akan melahirkan modul pembelajaran akidah yang moderat dan praktis untuk tingkat SMA kelas X yang dapat diterima oleh semua kalangan serta menjadi rujukan untuk standar pemahaman beragama yang praktis terkait rukun iman iman kepada Allah, Malaikat, Kitab, Rasul, Hari Akhir, dan Taqdir. Modul pembelajaran akidah ini akan sebagai modul yang dapat mengakomodir kebutuhan beragama umat Islam.
References
Ginanjar, M. H., & Kurniawati, N. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 25.
Utami, A., Futuhat, Z., & Nurhasanah, A. N. (2021). Penerapan scientific learning pada pembelajaran akidah akhlak pada masa pandemi covid-19. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1), 35-48.
Mardeti, M., Supriadi, S., Arifmiboy, A., & Wati, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Akidah Akhlak Berbantukan Teka Teki Silang Kelas X IPA di MAN 2 Agam. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3773-3782.
Safitri, N. (2018). PENGEMBANGAN MODUL AKIDAH AKHLAK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Wardani, D. K., Rawinda, R. F., & Ashoumi, H. (2021). Pengaruh Penerapan Modul Quran Hadist Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MA Islamiyah Kepung Kediri. Dinamika: Jurnal Kajian Pendidikan dan KeIslaman, 6(2), 1-12.
Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 366-377.
Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 309-322.
Arifin, Muzayyin. 2017. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Askara.
Daradjat, Z. 2018. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Askara.
Depag. RI. 2017. Al-Qur'an dan Terjemah. Tangerang: Forum Pelayanan Al-Qur'an.
Deprizon. Jurnal. 2020. Kepemimpinan Umar bin Khattab Dalam Bidang Penidikan Islam. ISLAMIKA.
Kementrian Agama, P. J. 2020. Sejarah dan Pola Pendidikan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin, Batang.
Lexy J. Moleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. Ke-17.
Mahmudunnasir, S. 2019. Islam Konsepsi dan Sejarah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2016. Paradigma Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2017. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Askara.
Nata, Abuddin. 2018. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, Cet. Ke-3.
_______. 2014. Sejarah peradaban Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nizam, P. D. 2016. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Nizar, Samsul. 2018. Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Media Pratama.
Prasetya, Tirtarahardja. 2018. Pola Asuhan Ideal. Jakarta: Elex Media Koputindo.
Purwanto, M. N. 2016. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramayulis, 2017. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Riyanto, Y. 2018. Pengembangan Kurikulum dan Seputar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). IKAPI: Universiti Press.
Sagala, Syaiful. 2017. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Siti Maryam, D. 2018. Sejarah Peradaban Islam dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Lesfi.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana.2017. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
. 2020. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriyadi, D. 2018. Sejarah Peradaban Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Syah, Muhibbin. 2018. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syalibi, A. 2018. Sejarah dan Kebudayaan Islam 1. Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru.
Tafsir, Ahmad. 2016. Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Toha, H. M. 2017. Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Yatim, Badri. 2017. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
_______. 2016. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yunus, M. 2019. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Hida Karya Agung.
Yusuf, A Muri. 2016. Metode Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, Cet. Ke-3.
Zuhairi, D. 2017. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Askara.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).