Manajemen Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Islam
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3543Keywords:
Perspektif, Manajemen Pendidikan, IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Memahami bagaimana formulasi konsep manajemen pendidikan dalam perspektif Islam. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana manajemen pendidikan adalah implemantasi dari asas manajemen pendidikan pada biasanya, sehingga manajemen pendidikan Islam memiliki keunikan dalam bidang proses, tujuan, serta orientasinya. Selanjutnya berdasarkan tujuannya, manajemen pendidikan Islam terus menerus bermuara pada tujuan pendidikan Islam, adalah peningkatan fitrah serta mengekspresikan kapasitas peserta didik sebagai pemimpin menuju kesempurnaan hidup atau insan kamil. Berdasarkan prosesnya, manajemen pendidikan Islam mesti dilandasi dengan ruh dan semangat theologis-edukatif yang bersentuhan dengan kemaslahatan manusia yang tidak semata-mata dilandasi prinsip efektivitas, efisiensi dan produktivitas, melainkan juga harus dilandasi dengan prinsip mendidik.
Â
References
Khalik dan Musyaffa. (2021). Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. Oman Publishing, 1–242. http://repository.uinjambi.ac.id/6503/1/MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. new.pdf
Fahmi. (2020). Manajemen Pendidikan. K-Media : Yogyakarta
Machali, I., & Hamid, N. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan Islam (Perencanaan, Pengorganisasian, dan Pengawasan dalam Pengelolaan Pendidikan Islam). In MPI-FTK-UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja sama Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Bantul 55702 Yogyakarta (Vol. 1).
Muhammad Arif Syihabuddin. (2020). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Tinjauan Epistimologi. JALIE : Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 4(1), 1–15. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Sarnoto, A. Z. (2015). Pemikiran Filosofis Manajemen Pendidikan Islam ……. 2, 79–91.
Khaidie, dkk. 2021. Teori Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Yayasan Peneribit : Pidie
Thoha, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Konseptuual dan Operasional. Pustaka Radja, 1–171
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).