AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM BEASISWA DI MA’HAD HUDA ISLAMI, TAMANSARI BOGOR)

Muhammad Hidayat Ginanjar

Abstract


Tulisan ini membahas tentang aktivitas menghafal al-Qur‟an pengaruhnya terhadap prestasi hasil studi mahasiswa. Penelitian dilakukan di Ma‟had Huda Islami sebagai tempat pendidikan bagi mahasiswa program beasiswa Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam yang berlokasi di Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Peneliti mengidentifikasi masalah penelitian terkait aktivitas menghafal al-Qur‟an dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik mahasiswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan survey, melalui teknik pengumpulan data melalui angket terhadap 38 mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi PAI sebagai sampel objek penelitian. Unit analisis adalah mahasiswa semester VI Tahun Akademik 2015/2016. Skor yang diambil adalah skor rata-rata hafalan al-Qur‟an dan nilai akademik mata kuliah PAI. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial. Dari hasil penelitian teridentifikasi bahwa aktivitas menghafal al-Qur‟an berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pembelajaran tahfifz al-Qur‟an khususnya bagi mahasiswa, maka peneliti merekomendasikan beberapa masukan, antara lain; (1) para pembimbing tahfifz diharapkan semakin meningkatkan perhatiannya terhadap mahasiswa dalam menghafal dan mempelajari al-Qur‟an, (2) penyediaan akses belajar sebagai bentuk pelayanan harus ditingkatkan agar semangat mahasiswa semakin meningkan mengikuti kegiatan tahfidz, (3) pengaturan jadwal belajar yang proporsional dengan menyesuaikan pada tarap kemampuan mahasiswa.

 

Kata Kunci : Tahfidz al-Qur‟an, Prestasi Akademik.

DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v6i11.94 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam



Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.