ANALISIS IMPLEMENTASI ADAB BERDIALOG MENURUT MUHAMMAD SAYYID THANTHAWI MELALUI PEMBELAJARAN SISWA AKTIF DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.924Keywords:
Active learning, Civilized dialogue, Islamic Teaching ValuesAbstract
Dialog merupakan salah satu metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk aktif, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Namun dalam prakteknya dialog tekadang mengarah kepada sikap saling bertentangan dan memancing emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep berdialog menurut Muhammad Sayyid Tantawi dalam kitabnya, Adab Hiwar fi al-Islam, serta implementasinya ke dalam pembelajaran aktif di sekolah. Temuan dari penelitian ini diantaranya adalah adab berdialog menurut Muhammad Sayyid Tantawi terdiri dari sebelas kaidah, yaitu, kejujuran, fokus pada tema yang dibahas, menghadirkan dalil akurat dan logika sehat, memperjelas letak perbedaan, etika kesantunan, menghindari perbuatan yang zhalim, mengarah pada kepentingan umum, mendahulukan pendapat para pakar, tidak menjeneralisir hukum, meninjau asas manfaat dan madharatnya, Â meningkatkan pemahaman dan akurasi hukum yang disepakati para ahli, terbuka dan apa adanya, dengan mengedepankan kebenaran. Pemikiran Muhamad Sayyid Thanthawi tentang adab berdialog ini dapat diimplementasikan secara strategis-konseptual ke dalam pembelajaran aktif di sekolah dimana salah satunya adalah melalui Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) dengan menginternalisasikan dasar pijakan pembelajaran aktif yang diusung oleh L. Dee Fink, yaitu: Dimensi Pengetahuan Dasar, Dimensi Penerapan, Dimensi Penyatuan, Dimensi Kemanusiaan: belajar tentang dan perubahan diri seseorang, Dimensi Kasih sayang: mengidentifikasi/perubahan perasaan, dan Dimensi Belajar untuk belajar.
References
Al-Baqi, Abd, Muhammad Fu’ad. Mu’jam al-Mufahras li al-Fazi alQur’a al-Karim, Dar al al-Fikr, Al-Qahirah, 1996.
Al-Attas. Aim and Objectives os Islamic Education, Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979.
Al-Attas, Muhammad Naquib. Islam dan Sekularisme, Bandung: Pustaka, 1981.
Al-Jaziri, Muhammad. An-Nihayah fi gharibi al-Hadis wa al-Atsar, Ibn Atsir, 554-606 H, vol.1.
Al-Mishri, Muhammad ibn Mukarrim ibn Manzur al-Ansari al-Ifriqi, ‘Amir Ahmad Haidar dan ‘Abd al-Mun’im Khalil Ibrahim. Lisan al-‘Arab, ed’. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2009.
Al-‘Uwaidah, Salman ibn Fahd. Dawabit li al-Dirasat al-Fiqhiyyah, Riyyadh: Dar al-Watan, 1412 H.
Alwasilah, A. Chaedar. Pokoknya Kualititatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Dunia Pustaka Jaya dan Pustaka jaya Jakarta, 2012.
Amri, Sofian. Implementasi Pembelajaran aktif dalam Kurikulum 2013, Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta, 2015
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana, 2012.
Az Zubaidi, Imam Ahmad ibn Abdil. Mukhtar Shahih Bukhari, Beirut: Darrul Kutub, 1994.
Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.
Dalman. Keterampilan Membaca, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Depertemen Bahasa ‘Arab, Mu’jam al-Wasit, Jumhuriyyah al-Misriyyah: Maktabah al-Syaruq ad-Dauliyyah, 2005.
Departemen Pedidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa: Edisi Keemat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012.
Dimyati & Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Dweck, Carol S. Self-theories: Their role in motivation, personality, and development. Psychology press, 2000.
Gall, Meredith Damien, Joyce P.Gall dan Walter R.Borg, Educational Research: An Introduction, Boston: Pearson Education Inc. 2003.
Hefni, Harjni. Komunikasi Islam, Jakarta: Kencana, 2015.
Humaid, Ibn, et.al, Mausu’ah Nadrah al-Na’im fi Makarim akhlaq al-Rasul al-Karim, vol.2.
Kemenristek Dikti. Bentuk dan Metode Pembelajaran Abad 21.
Kesuma, Triatna, & Permana, Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, hlm.24; dan Sauri, Filsafat dan Teosofat Akhlak.
Kridalaksana, Harimurti. Tata bahasa deskriptif bahasa Indonesia: Sintaksis. Vol. 85. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1985
Moleong, Lexy J. "Metode penelitian kualitatif (Revisi)." Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Ma’luf, Louis. al-Munjid fi al-Lughah wal-A'lam, Beirut: Dâr al-Masyriq, 1986.
Maqbul, Ali Muhammad. Manahij al-Bahst al-‘ilmi wa tahqiq al-turats, Alexandria: Dar al-iman dan Dar al-Quds Shan’a, 2008.
McKeachie, W. W, Teaching Tips: A Guidebook for the Beginning College Teacher. Boston: D.C.Health, 1986.
Munawwir, A.W. Kamus Al-Munawwir Indonesia Dan Arab, Surabaya: Pustaka Progressif, 2007.
McKeachie, W. W, Teaching Tips: A Guidebook for the Beginning College Teacher. Boston: D.C.Health, 1986.
McKeachie, W. W, Teaching Tips: A Guidebook for the Beginning College Teacher. Boston: D.C.Health, 1986.
Nazir, Moh. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2011.
Pollio, H.R. What Student Think abaut and Do in College Lecture Classes, dalam Teaching Learning issues No.53, Knoxville: Learning Research Centre, University of Tennesse, 1984.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.
Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Menyelenggarakan Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2004.
Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta: Rajawali Press, Cet.2, 2016.
Santrock, John W., and John W. Santrock. "Psikologi Pendidikan edisi kedua." (2007).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2012.
Sulastini, Rita. "Reposisi Filosofi Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran." INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 23, no. 1 (2018): 113-128.
Syafi’I, Imam, Pengajaran Membaca Terpadu. Bahan Kursus Pendalaman Materi Guru Inti PKG Bahasa dan Sastra Indonesia. Malang: IKIP, 1999.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet.6, 2014.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.
Winkel, W. S. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia, 1987.
Yaumi, Muhammad. Prisip-Prinsip Desain Pembelajaran,Jakarta: Kencana, 2013.
http://www.nwlink.com/~donclark/hrd/learning/active.html diakses pada tanggal: 08 maret 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).