PEMIKIRAN PENDIDIKAN MUHAMMAD QUTHB TENTANG METODE KETELADANAN (AL-TARBIYAH BI AL-QUDWAH)

Rahendra Maya

Abstract


Metode pendidikan dengan keteladanan (al-tarbiyah bi al-qudwah) dikategorikan sebagai salah satu metode yang urgen dan dibutuhkan serta sangat berpengaruh dalam proses pendidikan, baik dalam pendidikan Islam secara spesifik maupun dalam sistem pendidikan lainnya secara general. Muhammad Quthb termasuk salah seorang pemikir Islam (mufakkir Islâmî) yang menekankan urgensitas dan efektifitas metode keteladanan dalam pendidikan Islam. Karena itu, sepatutnya pemikirannya tersebut dapat diungkap lebih lanjut, khususnya dalam makalah ringkas ini. Makalah ini berusaha untuk mengelaborasi pemikiran Muhammad Quthb tentang metode keteladanan (uslûb al-qudwah) tersebut secara deskriptis dan analitis.

 

Keywords: keteladanan, metode, pendidikan, pemikiran


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v6i11.92 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam



Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional