EVALUATION OF THE PROCESS OF IMPLEMENTING TAHFIDZ AL-QUR'AN LEARNING PROGRAMS IN INTEGRATED ISLAMIC BASIC SCHOOLS OF DOD DELI SERDANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aeni, A.N. (2017). Hifdz Alquran: Program Unggulan Full Day School dalam Membentuk Karakter Qurani Siswa SD. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1).
Bisri, H. (2018). Pengelolaan Model Pembinaan Tahfizh Alquran. Journal Tadbir Muwahhid, 2(1).
Darama, E., dkk. (2018). Evaluation of 5th Grade English Curriculum According to Stufflebeam’s Context, Input, Process, Product (CIPP) Model. International Journal of Psycho-Educational Sciences, 7(2).
Falahudin, W. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. 1(4).
Hakim, L. (2012). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Prilaku Siswa Sekolah Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasik Malaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1).
Saihu dan Rohman, B. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Model Pendidikan Transformatife Learning pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02).
Saptadi, H. (2012). Faktor-Faktor Pendukung Kemampuan Menghafal Alquran dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 1(2).
Zhang, G., dkk. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4).
Sumber dari Buku
Alaydroes, F., dkk. (t.t.). Kekhasan Sekolah Islam Terpadu; Standar Mutu. Jakarta: Tim Mutu JSIT Indonesia.
Al-Makhtum, S. dan YadiIradi. (2017). Karantina Hafal Alquran Sebulan. Ponorogo: Alam Pena.
Al-Qatthan, M. (2017). Dasar-dasar Ilmu Alquran. Jakarta: Ummul Qura.
Creswell, J.W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. callifornia: Sage Publications.
Shihab, M.Q. (2009). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan keserasian Alquran. Ciputat: Lentera Hati.
Zulkifli, M.Y. dan Ahmad, M.Y.N. (2016). Memperkasa Generasi Penghafal Alquran. Center of Quranic Universiti Malaya: Darul Quran Jakim.
Hasil Wawancaara
Wawancara dengan Kepala Sekolah SDIT DOD Deli Serdang di Kantor Kepala Sekolah, Tanggal 6 Agustus 2019.
Wawancara dengan Wali Kelas VI Abu Bakar Ash-Shiddiq di ruang kelas VI Abu Bakar Ash-Shiddiq pada Tanggal 27 Agustus 2019.
Wawancara dengan Wali Kelas V Umar Bin Khattab, di Kantor Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, tanggal 28 Agustus 2019.
Wawancara dengan Wali Kelas I Muadz Bin Jabal di ruang Kelas I Muadz Bin Jabal, tanggal 6 Agustus 2019.
Wawancara dengan beberapa siswa Kelas VI yaitu Rizky Satriani Riandri Putra, Muhammad Faqih Rahman, Luqman Aufaradhi dan Nur Azizah, di Kelas VI Abu Bakar Ash-Shiddiq, tanggal 3 Desember 2019.
Wawanncara dengan wali siswa dari Aqilah Ashro Zhofiroh Lubis siswa kelas V wawancara di ruang tunggu SDIT DOD Deli Serdang, tanggal 29 Nopember 2019.
Wawancara dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SDIT DOD Deli Serdang, wawancara di Kantor Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, tanggal 14 Agustus 2019.
Wawancara dengan Pendamping Wali Kelas III Zubair Bin Awwam di Kantor Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum pada tanggal 28 Agustus 2019.
Wawancara dengan Pendamping Wali Kelas III Zubair Bin Awwam di Kantor Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum pada tanggal 28 Agustus 2019.
Wawancara dengan wali siswa dari Jannah Riandini, siswa Kelas VI Abu Bakar Ash-Shiddiq di ruang tunggu SDIT DOD Deli Serdang pada tanggal 29 Nopember 2019.
Observasi lapangan pada tanggal 26 Agustus 2019.
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Fakhruddin Azmi, Mesiono Mesiono, Abd Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.