PENDIDIKAN RABBANI UNTUK PENGUATAN KARAKTER REMAJA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.707

Keywords:

Edukasi, Rabbani, Kepribadian, Muda.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lembaga yang berperan dalam pendidikan rabbani untuk penguatan karakter remaja dan mendeskripsikan implementasi pendidikan rabbani untuk penguatan karakter remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa lembaga yang berperan dalam pendidikan rabbani untuk penguatan karakter remaja adalah orang tua di keluarga, guru di sekolah dan lingkungan masyarakat. Adapun berkaitan dengan implementasi peran dari ketiga lembaga tersebut memiliki peranan yang berbeda-beda sesuai dengan kapasitas dan ruang lingkup masing-masing. Tetapi ketiga lembaga tersebut memiliki pola kemitraan sehingga mampu mengatasi berbagai masalah karakter remaja yang mungkin muncul di masa datang.

References

Ginanjar, H.M. (2013). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Mukholiq. (2013). Telaah Kepribadian Manusia dan Korelasinya dengan Pendidikan Islam. Episteme, 8(2).

Parti, M.S. (2019). Pembelajaran Calistung Menggunakan Metode Iqro’ Pada Anak untuk Membangun Generasi Rabbani di Era Globalisasi. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman.

Sarbini, M. (2012). Pendidikan Rabbaniyah di Masa Rasulullah dan Aplikasinya dalam Pendidikan Masa Kini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(01).

Syahputra, M. Haris, Misbahul, Amali, Afra, Siregar, Husnul Khatimah, Asra, Nurul Lailatul. (2019). Tashfiyah, Tarbiyah, dan Tazkiyatun Nafs Sebagai Konsep Pendidikan Rabbany. UIN Ar-Raniry. Jurnal Bidayah, 10(2).

Wahidin, U. (2013). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal pendidikan Islam, 02(03).

Sumber dari Buku

Al-Ashfahani, A. (2005). Mu`jam Mufradat Alfadz Al-Qur`an. Beirut: Dar Al-Fikr

Al-Munajjid, M.S. (2009). Al-Muhasabah. Saudi Arabia: Majmuah Zad.

Al-Qaththan, M. (2004). Mabahits Fi `Ulûm Al-Qur`an. Kairo: Maktabah Wahbah.

Baba, S. (2006). Pendidikan Rabbani, Mengenal Allah Melalui Ilmu Dunia. Universiti Islam Antarabangsa Malaysia. Karya Bestari Sdn. Bhd.

Daradjat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Izzati, N. (2018). Peranan Wanita Shalihah dalam Mencetak Generasi Rabbani di Lingkungan Keluarga. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pedoman Sekolah.

Salam, A. (1992). Ma Ana `Alaihi wa Ashhabi; Dirasat Fi Asbab Iftiraq Al-Ummah wa Muqawwimat Wihdatiha Al-Syar`iyyah wa Al-Kauniyyah Min Khilal Hadits Al-Iftiraq. Beirut: Dar Ibn Hazm.

Wibowo, A. dan Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Published

29-02-2020

Citation Check