PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN SISTEM SKS MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH

Authors

  • Agus Sarifudin Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.539

Keywords:

pembinaan, pengawasan, pengamatan, pelaksanaan, guru

Abstract

Guru dituntut memiliki kemampuan yang lengkap dan kinerja yang baik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja guru yang efektif melalui penilaian system SKS yang dilakukan oleh pengawas sekolah sebagai supervisi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SMA Smart Ekselensia Kabupaten Bogor tempat peneliti  sabagai Pengawas Pembina Tahun Pelajaran 2018-2019. Penilaian melalui penugasan, pengamatan, dan/atau portofolio, serta pengembangan diri dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penilaian yang dirancang dan dikembangkan oleh guru/kelompok MGMPS di sekolah. Dalam analisis data teknik yang digunakan, pertama, kuantitatif ini digunakan untuk menghitung besarnya peningkatan kinerja guru dalam menerapkan penilaian  hasil belajar sistem SKS melalui supervisi akademik pengawas dengan menggunakan prosentase (%). Dan kedua, kualitatif, ini digunakan untuk memberikan gambaran hasil penelitian secara: reduksi data, sajian deskriptif, dan penarikan simpulan

References

Khoiruddin, M. (2018). Pengaruh Program Tahfidzul Qur’an dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa: Studi pada Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(2).

Mulyadi, E. (2012). Pendidikan Agama Islam untuk Good Corporate Governance. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(1).

Sarbini, M. (2012). Konsep Pendidikan Rabbaniyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(1).

Wahidin, U. (2012). Budaya Gemar Membaca Sejak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(1).

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(2).

Arikunto, S. (2007). Dasar–dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Puspentendik BPSDM dan PMP Kemendiknas. Buku Kerja Pengangawas Sekolah, Jakarta: Kmendiknas.

Published

29-08-2019

Citation Check