PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN SISTEM SKS MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH

Agus Sarifudin

Abstract


Guru dituntut memiliki kemampuan yang lengkap dan kinerja yang baik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja guru yang efektif melalui penilaian system SKS yang dilakukan oleh pengawas sekolah sebagai supervisi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SMA Smart Ekselensia Kabupaten Bogor tempat peneliti  sabagai Pengawas Pembina Tahun Pelajaran 2018-2019. Penilaian melalui penugasan, pengamatan, dan/atau portofolio, serta pengembangan diri dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penilaian yang dirancang dan dikembangkan oleh guru/kelompok MGMPS di sekolah. Dalam analisis data teknik yang digunakan, pertama, kuantitatif ini digunakan untuk menghitung besarnya peningkatan kinerja guru dalam menerapkan penilaian  hasil belajar sistem SKS melalui supervisi akademik pengawas dengan menggunakan prosentase (%). Dan kedua, kualitatif, ini digunakan untuk memberikan gambaran hasil penelitian secara: reduksi data, sajian deskriptif, dan penarikan simpulan

Keywords


pembinaan, pengawasan, pengamatan, pelaksanaan, guru

References


Khoiruddin, M. (2018). Pengaruh Program Tahfidzul Qur’an dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa: Studi pada Mahasiswa PKD dan PKP Universitas Djuanda Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(2).

Mulyadi, E. (2012). Pendidikan Agama Islam untuk Good Corporate Governance. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(1).

Sarbini, M. (2012). Konsep Pendidikan Rabbaniyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(1).

Wahidin, U. (2012). Budaya Gemar Membaca Sejak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(1).

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(2).

Arikunto, S. (2007). Dasar–dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Puspentendik BPSDM dan PMP Kemendiknas. Buku Kerja Pengangawas Sekolah, Jakarta: Kmendiknas.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v8i2.539 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.