MEDIA SOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESADARAN BERAGAMA SEBAGAI AKIBAT DARI POLA ASUH ORANG TUA DAN PERAN GURU DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.538Keywords:
media sosial, kesadaran keagamaan, LISREL, analisis jalurAbstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan survei (survey research), peneliti hanya menyebarkan angket kepada responden. Selanjutnya responden diminta untuk mengisi sesuai dengan apa yang dirasakannya atas pernyataan yang ada pada angket tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Kota Depok dan Bogor, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah beberapa siswa SMP di Depok dan Bogor terdiri atas 427 siswa. Data dianalisis menggunakan model persamaan struktural (structural equation models) dikenal dengan istilah LISREL Analisis yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah analisa jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pola asuh orang tua tidak berpengaruh secara langsung terhadap kesadaran beragama; (2) pola asuh orang tua berpengaruh secara
langsung terhadap mengatasi dampak negatif penggunaan media sosial; (3) peran guru di sekolah berpengaruh secara langsung terhadap kesadaran beragama; (4) peran guru di sekolah berpengaruh secara langsung terhadap mengatasi dampak negatif pengguna media sosial; dan (5) penggunaan media sosial tidak berpengaruh posiif terhadap kesadaran beragama.
References
Brown, J. (2018). Is Social Media Bad for you the Evidence and the Unknownd. BBC Future. www.bbc.com diunduh tanggal 12-05-2018 pukul 21.17.
Chandra dan Rustaman. (2009). Perkembangan Pendidikan Teknologi Sebagai Suatu Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar di Indonesia, Journal of Mathematics and Science Teaching, 14(2). http://journal.fpmipa.upi.edu/ index. Php /jpmipa/article/view/299.
Daria J. Kuss dan Mark D. Griffiths. (2011). Excessive Online Social Networking: Can Adolescents Become Addicted To Facebook? Education and Health Journal. SHEU, 29(4).
Istiyanto, B. (2016). Telepon Genggam dan Perubahan Sosial: Studi Kasus Dampak Negatif Media Komunikasi dan Informasi bagi Anak-anak di Kelurahan Bobosan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Jenderal Soedirman. Jurnal Komunikasi. 01.
Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak: Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh. Pascasarjana Universitas UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Edukasi, 2(1).
Lesmana, G.N.A. Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment Studi: PT. XL AXIATA, Program Magister Manajemen. Tesis: Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.
Muhammed Miah. (2013). Effects of Social Networking on Adolescent Education. Information Systems Education Journal (ISEDJ), 11(3).
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).
Pituch, K.A. & Lee, Y.K. (2006). The Influence of System Characteristics on E-Learning Use. Computers & Education, 47(2).
Setiadi & Muhyani. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Peran Guru di Sekolah terhadap Kesadaran Beragama dan Kepribadian Siswa. Proceeding of UHAMKA International Conference on Islamic Humanities and Social Sciences.
Stollak, M.J., Vandenberg, A., Burklund, A., & Weiss, S. (2011). Getting Social: The Impact of Social Networking Usage on Grades Among College Students. Proceeding of ASBBS, 18(1).
Setiadi, Hari, dan Muhyani Muhyani. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Peran Guru di Sekolah Terhadap Kesadaran Beragama dan Kepribadian Siswa.†In Uhamka Islamic Humanities and Social Sciences, 285–92, 2017.
Zulfitria. “POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK SEKOLAH DASAR.†Zulfitria 1, no. 2 (2017): 95–102.
Sumber dari Buku
Ahmadi, A. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Al-‘Asqalânî, I.H. (t.t.). Fath Al-Bârî bi Syarh Saḥîh Bukhârî, Jilid 3. Beirut: Dar Al-Fikr, Al-Kitâb Al-Janâiz, Al-Bâb Mâ Qîla fî Aulâd Al-Musyriqîn, Nomor Hadits 1385.
Al-Mubârakfûrî. (1979). Tuhfah Al-Ahwâdzî Syarh Jâmi’ Al-Tirmidhî, Juz 7. Beirut: Dâr Al- Fikr, Al-Kitâb: Al-‘Ilm ‘an Rasûl Allâh; Al-Bâb: Mâ Jâ’a fî Fadl Al-Fiqh ‘alâ Al-‘Ibâdah.; Nomor hadits: 2825.
Darajat, Z. (2001). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S.B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Guza, A. (2008). Undang-Undang SISDIKNAS: UU RI 20 Tahun 2003, dan Undang- UndangGuru dan Dosen: UU RI Nomor 14 Tahun 2009. Jakarta: Asa Mandiri.
Humalik, O. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2009). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta.
Kusnandar. (2005). Guru Profesional Implementasi KTSP dan Persiapan Mengajar Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Muhyani. (2012). Pengaruh Pengasuhan Orang Tua dan Peran Guru di Sekolah terhadap Kesadaran Beragama dan Kesehatan mental. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama.
Nata, A. (2012). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ningrum, J.S. (2014). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Rakhmat, J. (2003). Psikologi Agama: Sebuah Pengantar. Bandung: Mizan.
Shihab, Q. (2003). Tafsir Al-Misbah Volume 1. Jakarta: Lentera Hati.
Tafsir, A. (2001). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahjono, S.I. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba.
Sumber Internet
http://prezi.com /vddmcub-ss/social-media -definisi-fungsi-karakteristik/, diakses pada tanggal 18 September 2018.
https://id.m.wikipedia.org /wiki/media_ sosial, diakses tanggal 18 September 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).