PENGARUH MOTIVASI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA: Studi Kasus di MTs Al-Azhar Tuwel
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.496Keywords:
motivasi keluarga, prestasi belajar siswa, hasil evaluasi belajarAbstract
yang kemudian diolah menggunakan SPSS 22 dan interview sebagai bagian pengumpulan data dari metode kualitatif kepada orang tua peserta didik sebanyak 15 orang untuk mengetahui peranan mereka terhadap prestasi belajar anak-anak mereka. Data menunjukkan interprestasi reliabilitas tinggi besarnya pengaruh motivasi keluarga terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 49,3%. Kemudian dari hasil interview dan hasil isian angket dari orang tua peserta didik juga mendapatkan pengaruh yang sangat signifikan dengan adanya
motivasi keluarga terhadap prestasi belajar. Motivasi yang dilakukan oleh orang tua peserta didik umumnya berupa wejangan untuk terus semangat belajar serta mengikutsertakan peserta didik untuk les privat atau berkelompok kepada para guru mereka.
References
Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).
Hamdu, G. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).
Ginanjar, M.H. (2013). Keseimbangan Peran Orang Tua dalam pembentukan Karakter Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).
Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuan, dan Kompetensi Keilmuan Pendidikan (Studi Tafsir Aya-Ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).
Maya, R. (2016). Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam: Upaya Menjawab Peluang Tentang Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 05(09).
Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb Tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Quwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).
Sarbini, M. (2015). Pendidikan Keluarga Muslim dalam Perspektif Fiqih Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 04(08).
Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).
Thontowi, Z.S., Syafii, A., dan Dardiri, A. (2019. Manajemen Pendidikan Keluarga: Perspektif Al-Qur’an Menjawab Urbagn Middle Class Mlenial. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).
Yasyakur, Moch. (2015). Pendidikan Keluarga Muslim dalam Perspektif Fiqih Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 04(08).
Sumber dari Buku
Haqi, A.M. (1993). Arbaun Haditsan fi Al-Akhlaq ma’a Syarhiha. Riadh: Daru Thawîq.
Inayah, R. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya).
Nurdyansyah. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Obtiaiyah. 2, 929–930.
Handayani. (2013). Keseimbangan Kerja Keluarga pada Perempuan Bekerja: Tinjauan Teori Border. Buletin Psikologi, 21(2), 90–101.
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1), 27–31. http://doi.org/10.24036/0201321729-0-00
Puspitawati, Herien. 2013. “Konsep, Teori Dan Analisis Gender.†Ekologi Manusia 2: 1–13.
Tahar, I., & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 91–201.
Widoyoko, E. P. (2000). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1–16. Retrieved from http://www.umpwr.ac.id/download/publikasi-ilmiah/Evaluasi Program Pembelajaran.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).