PENGARUH MOTIVASI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA: Studi Kasus di MTs Al-Azhar Tuwel

Authors

  • Waidi Waidi Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Indonesia
  • Didin Saefudin Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.496

Keywords:

motivasi keluarga, prestasi belajar siswa, hasil evaluasi belajar

Abstract

Keluarga merupakan institusi pendidikan pertama kepada anak atau sekolah pertama bagi anak. Oleh sebab itu, motivasi dari keluarga akan sangat berpengaruh besar bagi prestasi akademik siswa yang nantinya akan terlihat pada saat peserta didik memperoleh hasil evaluasi belajar di sekolah. Artikel ini ditujukan untuk melihat seberapa jauh motivasi dari keluarga terhadap prestasi belajar anak di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 25 orang siswa kelas VIII
yang kemudian diolah menggunakan SPSS 22 dan interview sebagai bagian pengumpulan data dari metode kualitatif kepada orang tua peserta didik sebanyak 15 orang untuk mengetahui peranan mereka terhadap prestasi belajar anak-anak mereka. Data menunjukkan interprestasi reliabilitas tinggi besarnya pengaruh motivasi keluarga terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 49,3%. Kemudian dari hasil interview dan hasil isian angket dari orang tua peserta didik juga mendapatkan pengaruh yang sangat signifikan dengan adanya
motivasi keluarga terhadap prestasi belajar. Motivasi yang dilakukan oleh orang tua peserta didik umumnya berupa wejangan untuk terus semangat belajar serta mengikutsertakan peserta didik untuk les privat atau berkelompok kepada para guru mereka.

References

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Hamdu, G. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).

Ginanjar, M.H. (2013). Keseimbangan Peran Orang Tua dalam pembentukan Karakter Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).

Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuan, dan Kompetensi Keilmuan Pendidikan (Studi Tafsir Aya-Ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Maya, R. (2016). Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam: Upaya Menjawab Peluang Tentang Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 05(09).

Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb Tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Quwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Sarbini, M. (2015). Pendidikan Keluarga Muslim dalam Perspektif Fiqih Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 04(08).

Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).

Thontowi, Z.S., Syafii, A., dan Dardiri, A. (2019. Manajemen Pendidikan Keluarga: Perspektif Al-Qur’an Menjawab Urbagn Middle Class Mlenial. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).

Yasyakur, Moch. (2015). Pendidikan Keluarga Muslim dalam Perspektif Fiqih Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 04(08).

Sumber dari Buku

Haqi, A.M. (1993). Arbaun Haditsan fi Al-Akhlaq ma’a Syarhiha. Riadh: Daru Thawîq.

Inayah, R. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya).

Nurdyansyah. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Obtiaiyah. 2, 929–930.

Handayani. (2013). Keseimbangan Kerja Keluarga pada Perempuan Bekerja: Tinjauan Teori Border. Buletin Psikologi, 21(2), 90–101.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1), 27–31. http://doi.org/10.24036/0201321729-0-00

Puspitawati, Herien. 2013. “Konsep, Teori Dan Analisis Gender.†Ekologi Manusia 2: 1–13.

Tahar, I., & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 91–201.

Widoyoko, E. P. (2000). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1–16. Retrieved from http://www.umpwr.ac.id/download/publikasi-ilmiah/Evaluasi Program Pembelajaran.pdf

Published

29-08-2019

Citation Check