PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI MODEL PENDIDIKAN TRANSFROMATIFE LEARNING PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL IKHLAS BALI

Saihu Saihu, Baeti Rohman

Abstract


Diantara model pembelajaran yang dapat membuka pikiran seorang individu pembelajar untuk dapat mencari solusi dan merefleksi dirinya adalah model transfromatife learning. Sumber data dalam tulisan ini diperoleh melalui observasi dan wawancara dalam kurun waktu 4 bulan, yaitu dimulai dari bulan Maret sampai dengan Juli 2019.  Hasil dari tulisan ini memperlihatkan bahwa model pendidikan transformative learning dapat menjadi salah satu alternatif model pendidikan yang dapat membentuk karakter santri melalui transformasi dari materi ubudiyah ke materi sosial, dari materi-materi ukhwawi ke materi duniawi, dari yang eksklusif ke inklusif, transformasi pada aspek metodologi, pelibatan institusi sebagai sarana untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat, mewujudkan keberpihakan pada kaum lemah (mustad’afîn). Keberhasilan dari model pendidikan ini terlihat dari sikap sikap saling menghormati, persaudaraan, keihklasan dan kesederhanaan, kemandirian dan keadilan, tidak melanggar aturan pondok pesantren, dan keteladanan, sehingga akan mewujud pada santri yang memiliki konsep moral (moral knowing), sikap moral (moral feeling), dan perilaku yang bermoral (moral behavior).

Keywords


pendidikan, pluralisme, karakter, transformative learning

References


Allazam, Muhammad, “Learning from Dewey and Vygotsky Perspective”, International Journal of Scientific & Engineering Research, 6, No. 7 (2015).

Al Makin, “Teladan Intelektual-Pemimpin yang Berkarakter”, dalam Festschrift untuk M. Amin Abdullah, Islam dan Agama-agama dan Nilai Kemanusiaan, Yogyakarta: CISForm, 2013.

Aly, Abdullah, “Studi Deskriptif Tentang Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam”, Jurnal Ilmiah Pesantren, 1, No. 1 (2015).

Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII: Akar Pembaruan Islam Indonesia. Cet. II, Jakarta: Prenada Media, 2005.

---------------, Pergolakan Politik Islam: Dari Fundamentalisme, Modernisme hingga Postmodernisme, Jakarta: Paramadina, 1996.

---------------, “Wasta”, Republika, 24 Maret 2016.

---------------, “Halaqah Pesantren”, Republika, 12 Januari 2017.

Bailey, Kanneth D., Methods of Social Research, New York: A Division of Macmillan Publishing Co. Inc, 1982.

Biklen, Robert Bogdan dan Sari Knopp, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn and Bacon, 1998.

Borg, Meredith D. Gall, Joyce P. Gall, dan Walter R., Educational Research: An Introduction, 7th eds., Boston: Pearson Education, Inc, 2003.

Boydston, Jo Ann, eds., John Dewey, the Later Works: 1925-1953, Jilid, 2, Carbondale, USA: Southern Illinois University Press, 1969.

Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat: Tradisi-tradisi Islam di Indonesia, Bandung: Mizan, 1995.

Chaer, Moh. Toriqul, “Islam dan Pendidikan Cinta Damai”, Jurnal Pendidikan Islam, 2, No. 1 (2016).

Dewey, John, Democracy and Education, an Introduction to the Philosophy of Education, New York: The Macmillan Company, 1964.

Dhofier, Zamakhsyaryi, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, Jakarta: LP3ES, 2011.

Egan, Keiran, Getting it Wrong from the Beginning Our Progressivist Inheritance from Herbert Spancer, John Dewey and Jean Peaget, Binghamtom: Vail Ballou, 2002.

Gade, Syabuddin, “Perbandingan Konsep Dasar Pendidikan antara Dewey dan Asy-Syaibani”, Jurnal Ilmiah Didaktika, 7, No. 1 (2011).

Guba, Yvonna S. Lincoln dan Egon G., Naturalistic Inquiry, Newbury Park: SAGE, 1985.

Haedari, Amin et al., Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global. Cet. I, Jakarta: IRD Press, 2004.

Hamdi, Saipul, Pesantren dan Gerakan Feminisme di Indonesia, Yogyakarta: Arti Bumi Intaran, 2017.

Howlett, Charles F., John Dewey and Peace Education, Columbia: Columbia University, 2008.

Idris, Saifullah, Demokrasi dan Filsafat Pendidikan, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2014.

Lukens-Bull, Ronald Alan Jihad ala Pesantren di Mata Antropolog Amerika, terj. Abdurrahman Mas’ud. Yogyakarta: Gama Media, 2004.

Machali, Imam, “Peace education dan deradikalisasi agama”, Jurnal Pendidikan Islam, 2, No. 1 (2013).

Mar’ati, Rela, “Pesantren Sebagai Basis Pendidikan Karakter: Tinjauan Psikologis”, Jurnal Al-Murabbi, 1, No. 01 (2014).

Ma’arif, Syamsul, “Transformative Learning Dalam Membangun Pesantren berbasis Multikultural”, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1, No.1, (2012).

Merriam, Sharan B., Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation, USA: The Jossey-Bass, 2009.

Neuman, W. Lawrence, Social Research Methods (Qualitative and Quantitative Approaches), eds., Boston: Allyn and Bacon, 2003.

Nilan, Pam, “The Spirit of Education in Indonesian (Pesantren)", British Journal of Sociology of Education, 30, No. 2 (2010).

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2014.

Saputra, R. Ridwan Hasan Berfikir Supra Rasional, Jakarta: Republika, 2016.

Soebahar, Abd. Halim, Kebijakan Pendidikan Islam dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Surayin, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Yrama Widya, 2004.

Wahid, Abdurrahman, Islam Kosmopolitan: Nilai-nilai Keindonesiaan dan Transformasi Kebudayaan, Jakarta, the Wahid Institut, 2007.

Yazid, Abu, Paradigma Baru Pesantren: Menuju Pendidikan Islam Transformatif, Yogyakarta: IRCiSoD, 2018.

Zuhri, Saifuddin, Sejarah Kebangkitan Islam dan Perkembangannya di Indonesia, Bandung: Al-Ma’rifat, 1979.

Zamroni, Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural, Yogyakarta: Gavin Kalam Utama, 2011.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v8i2.477 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.