Pesan dan Kearifan Lokal Bagi Kebutuhan Moral (Karakter) dan Agama Anak Usia Dini

Authors

  • Khamim Zarkasih Putro Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Ichsan Ichsan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Angga Febiyanto Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Shaleh Assingkily Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara, Indonesia
  • Nafi’atus Sholihah SMA Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4500

Keywords:

Anak Usia Dini, Kearifan Lokal, Masyarakat, Pendidikan, Pesan Moral.

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan primer bagi kelangsungan hidup manusia. Dalam konteks ini, pendidikan bermakna luas, bak pepatah Minang, Alam takambang jadi guru, sehingga tidak terbatas pada ruang-ruang kelas (sekolah/madrasah) secara formal. Pesan dan kearifan lokal masyarakat menjadi salah satu bagian penting dalam penanaman nilai moral dan agama sejak dini pada anak. Lebih spesifik, penelitian ini dibatasi studi kasus Islam, Kristen dan Katolik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara (daring dan luring), observasi langsung dan analisis dokumen. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data hingga verifikasi. Penelitian ini menemukan bahwa pesan dan kearifan lokal merupakan bentuk edukasi sejak dini yang membudaya di kalangan masyarakat Kutacane Aceh Tenggara. Pesan dan kearifan lokal tersebut meliputi; tradisi lisan, keteladanan, serta ritual budaya dan agama masyarakat Kutacane Aceh Tenggara. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat diformulasikan pendidikan moral berbasis kearifan lokal sebagai alternatif pendidikan sepanjang hayat, terutama di masa darurat (pandemi) Covid-19.

References

Apriani, Nani, et.al. (2014). "Peningkatan Moralitas Melalui Metode Bercerita tentang Kisah Nabi pada Anak Usia 5-6 Tahun", Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5689.

Arbuthnott, Katherine D, (2009), “Education for Sustainable Development Beyond Attitude Change†International Journal of Sustainability in Higher Education 10 (2): 152-163. https://www.emeraldinsight.com/doi/abs/10.1108/14676370910945954.

Dhiniyah, U.A. (2020). "Membangun Karakter Sopan Santun dan Tanggung Jawab pada Anak Usia Dini", el-Santry: Jurnal Mahasiswa Pendidikan, Syariah dan Ushuluddin, 1(1). http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/eL-SANTRY/article/view/5.

Faradhista, I.D. (2018). "Bentuk Tari Landok Alun pada Masyarakat Suku Alas Kabupaten Aceh Tenggara", Gesture: Jurnal Seni Tari, 3(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gesture/article/view/1437.

Fitri, Liza, (2018), "Interferensi Bahasa Alas dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Lisan pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Jongar Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2018/2019", Skripsi. Medan: UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/33711/.

Fitrianur, Muhammad. (2015). "Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Pelaksanaan Akikah dan Tasmiah di Kel. Baamang Hulu, Kec. Baamang, Kab. Kotim", Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 11(1). https://doi.org/10.23971/jsam.v11i1.439.

Fitriyah, Nur Laili, (2012), "Membangun Pembelajaran Demokratis Berwawasan Multikultural" Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 5 (1): 50-60. http://dx.doi.org/10.18860/jt.v0i0.2233.

Ginting, Adelina. (2002). “Penutur Adat (Anak Beru Si Ngerana) sebagai Pemelihara Bahasa dan Nilai Budaya Batak Karoâ€, Retrieved from: www.academia.edu/download/56328141/Penutur_Adat_Singkil.pdf.

Handayani, Fitri, et.al. (2020). "Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Kejujuran Siswa Melalui Model Kooperatif Berbasis Budaya Aceh", JES: Journal of Education Science, 6(2). http://www.jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/1115.

Harpe, Barbara De La & Ian Thomas, (2009) “Curriculum Change in Universities: Conditions that Facilitate Education for Sustainable Development†Journal of Education for Sustainable Development 3 (1): 75-85. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.992.3921&rep=rep1&type=pdf.

Hägglund, Solveig & Ingrid Pramling Samuelsson, (2009) “Early Childhood Education and Learning for Sustainable Development and Citizenship†International Journal of Early Childhood 41 (2): 49. https://link.springer.com/article/10/1007/BF03168878.

Ismail, Fauzi. (2017). "Interaksi Sosial Masyarakat Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara: Suatu Kajian tentang Toleransi Antar Umat Beragama", Jurnal Adabiya, 19(2). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/adabiya/article/view/7510.

Landorf, Hilary, Stephanie Doscher, Tonette Rocco, (2008) “Education for Sustainable Human Development: Towards a Definition†Theory and Research in Education 6 (2): 221-236. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/1477878508091114.

Muniroh, Siti Mumun. (2009). "Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak" Jurnal Penelitian, 6(1). https://doi.org/10.28918/jupe.v6i1.218.

Murtada, I.A., Marbun, N., Buulolo, E., & Aripin, S. (2019). "Penerapan Algoritma Turbo Boyer Moore pada Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia-Alas". KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi), 3(1). https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/komik/article/view/1639.

Nurmalitasari, Femmi. (2015). "Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah", Buletin Psikologi, 23(2). https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/10567.

Perangin-angin, Bastanta Bernardus & Yuli Perbawaningsih, (2016), "Model Komunikasi Interpersonal Generasi Muda Suku Batak Karo di Yogyakarta Melalui Tradisi Ertutur" Jurnal Komunikasi ASPIKOM 2 (6), 2016: 425-436. http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/92/88

Rahmana, T.A. (2014). "Struktur Tari Ndukhung pada Masyarakat Alas Kabupaten Aceh Tenggara" Skripsi. Medan: UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/15005/.

Ramdhani, Muhammad Ali, (2017), “Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter†Jurnal Pendidikan UNIGA 8 (1): 28-37. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69.

Raseha, E., Ramdiana, R., & Supadmi, T. (2018). "Ritual Adat Alas Pemamanen di Desa Bambel Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara", Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, 3(4). http://www.jim.unsyiah.ac.id/sendratasik/article/view/13119.

Rosidah, Siti. (2018). "Metode Penyampaian Perintah dan Larangan Bagi Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam", Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2): 42-57. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/85.

Rosilawati, Riyana & Mulyati, Eti. (2018). "Patriotisme Perempuan Sunda dalam Tari Ratu Graeni", Panggung: Jurnal Seni Budaya, 28(4). http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v28i4.712.

Rozana, Asiatik Afrik, Abdul Hamid Wahid, Chusnul Muali. (2018). “Smart Parenting Demokratis dalam Membangun Karakter Anak†Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 4 (1): 1-16. http://dx.doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-01.

Safitri, M., Supadmi, T., & Fitri, A. (2017). "Bentuk Penyajian Tari Pelebat di Sanggar LAC Suku Alas Kabupaten Aceh Tenggara", Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, 2(2). http://www.jim.unsyiah.ac.id/sendratasik/article/view/5750.

Samidi, R. & Kusuma, W.J. (2020). "Analisis Kritis Eksistensi Nilai Patriotisme dalam Pendidikan Kewarganegaraan", Jurnal Harmoni, 5(1). https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40284.

Setianingsih, Eka Sari. (2019). "Gadget 'Pisau Bermata Dua' Bagi Anak?", Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 1(1). http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/420.

Sudrajat, Ajat. (2011). "Mengapa Pendidikan Karakter?", Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1): 47-58. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1316/1094.

Suneti, Ririn, (2012), "Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Rekonstruksi Sosial" Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 4 (2), 2012: 243-258. http://dx.doi.org/10.18860/jt.v0i0.2184.

Suradi, Ahmad, (2018), “Sistem Pendidikan Anak Usia Dasar dalam Konsep Islam: Analisis dalam Teoretis dan Praktis†Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 4 (1): 61-84. http://dx.doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-05.

Wati, D.P. (2014). "Bentuk Tari Bekhu Dihe pada Masyarakat Alas Kabupaten Aceh Tenggara", Skripsi. Medan: UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/15023/.

Wening, Sri, (2012), “Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai†Jurnal Pendidikan Karakter 2 (1): 55-66. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/1452/1239.

Zamroni, Amin, (2017), “Strategi Pendidikan Akhlak pada Anak†SAWWA 12 (2): 241-264. http://dx.doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544.

Zuhrudin, Achmad, (2017), “Reformulasi Bahasa Santun Sebagai Upaya Melawan Kekerasan Verbal Terhadap Anak†SAWWA 12 (2), 2017: 265-276. http://dx.doi.org/10.21580/sa.v12i2.1706.

Additional Files

Published

21-08-2023

Citation Check