PROGRAM KEDISIPLINAN SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH: Studi Kasus di Dayah Terpadu (Boarding School) SMA Babul Maghfirah Aceh Besar

Najmudin Najmudin, Fauzi Fauzi, Ikhwani Ikhwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem penerapan kedisiplinan siswa di SMA Babul Maghfirah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan program kedisiplinan di lingkungan sekolah sudah dilakukan dengan baik, program dimulai dengan perencanaan, pengelompokan, penerapan, pengawasan, evaluasi, hukuman, dan penghargaan. Upaya penanggulangan indisipliner siswa dilakukan melalui: bimbingan, tanggung jawab terhadap perbuatan, modifikasi lingkungan, dan pengembangan kedisiplinan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi pengelola SMA Babul Magfirah dalam membimbing kedisiplinan siswa baik kendala internal dan eksternal, secara umum kendala yang dihadapi yaitu: kekurangan guru bimbingan dan ruangan untuk bimbingan, kurang konsisten dalam menjalankan program kedisiplinan, sikap tidak terbuka terhadap masalah yang dihadapi oleh siswa yang menyebabkan terjadinya pelanggaran, kesadaran orang tua untuk membimbing siswa, serta kurangnya melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak sekolah.Adapun bentuk-bentuk pelanggaran kedisiplinan yang sering dilakukan siswa, yaitu: terlambat datang ke sekolah, terlambat masuk kelas, tidak memperhatikan ke papan tulis, mencoret-coret dinding, berteriak di kelas, memukul meja, tidak mengerjakan PR, membawa HP, berkelahi, dan merokok.


Keywords


Program Kedisiplinan, Siswa, Dayah terpadu

References


Aini, Nurul. 2014. Pola komunikasi kepala sekolah dalam mensosialisasikan peraturan-peraturan di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri Besitang Kabupaten Langkat, (TESIS) Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

Ajwar, Muhamad, Baskoro Adi Prayitno, and Widha Sunarno. 2015. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA vol. 4 (3); hlm. 127-135. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018.

An-Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Pendidikan Islam Di Rumah, Sekolah: Gema Insani.

Aulina, Choirun Nisak. 2013. Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. [Pedagogia: Jurnal Pendidikan Vol. 2 (1). hlm. 36-49. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018

Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hallen, A. 2005. Bimbingan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching.

Hamid, Hamid. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol. 1 (1); hlm 87-96. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018

Hanifa, Millata, Syamsul Arifin, and Izzatul Mardhiah. 2013. Fungsi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Menengah Atas. Jurnal Studi Al-Qur'an vol. 2 no. 9, hlm. 139-155. Diakses pada tanggal 4 Mei 2018

Hidayat, Asep Saepul. 2012. Manajemen sekolah berbasis karakter. [Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship Vol. 1 (1); hlm. 8-22. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018.

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Indonesia, Presiden Republik. 2003. Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Indrawan, Irjus. 2015. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah: Deepublish.

Indrawati, Rengga. 2013. Peningkatan Perilaku Disiplin Siswa Melaluipemberian Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas Xii Ips 1 Sma Negeri 1 Lamongan. [Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Vol. 1 (2). Diakses pada tanggal 5 Mei 2018.

Ilyasa Antoni Ilyas, 1925. Kamus Modern Arab-Inggris, Cet. Ke-VIII, (Muthaba‟atul „ashriy: Al-Qahirah.

Kusdiyati, dkk. 2012. Penyesuaian diri di lingkungan sekolah pada siswa kelas XI SMA pasundan 2 bandung. HUMANITAS:Indonesian Psychological Journal vol. 2 (8) hlm. 171-194. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018.

Moloeng, J. "Lexy. 2012." Metodologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi.

Muhajir, Noeng. 1996. Metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mulyadi, Yahya. 2017. Pembelajaran Menyenangkan Di Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan no. 18 (1). diakses pada tanggal 5 Mei 2018.

Munawaroh, Isniatun. 2012. Esensi Menghidupkan Ruang Kelas Bagi penyelenggaraan Pembelajaran Efektif. Majalah Ilmiah Pembelajaran. diakses pada tanggal 10 Mei 2018.

Reski, Niko, Taufik Taufik. 2017.Konsep Diri Dan Kedisiplinan Belajar Siswa. [Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia no. 3 (2): hlm. 85-91. Diakses pada 10 Mei 2018.

Rimm, Sylvia B. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah: Pola Asuh Anak Masa Kini: Gramedia Pustaka Utama.

Rosyadi, Yogi Irfan, and Pardjono Pardjono. 2015. Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan no. 3 (1). hlm 124-133. Diakses pada 4 Mei 2018.

Samani, Muchlas. 2009. "Manajemen Sekolah Panduan Praktis Pengelolaan Sekolah." Penerbit Adicitra Karya Nusa. Yogyakarta.

Seifert, Kelvin L. 2013. "Cognitive development and the education of young children." In Handbook of research on the education of young children, 33-46. Routledge.

Setiawan, Ngadirin, and Lia Yuliana. 2014. Pengembangan Model Pendidikan Karakter sebagai Upaya Peningkatan Personal dan Social Skill Bagi Anak Jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan no. 20 (3):hlm 423-439. Diakses pada 4 Mei 2018.

Sudikno, Iyut Sustiasih. 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Economic Education Analysis Journal no. 3 (1). diakses pada tanggal 4 Mei 2018.

Tamarli. 2009. Strategi Kepala Sekolah Dalam Membina Disiplin Di Sekolah, (Jurnal Serambi Ilmu, Volume. 7. Nomor 1. September 2009), hal. 51. di unduh tanggal 22 Mei 2018

Tahir, M. 2013. Disiplin Guru Dalam Pembelajaran Study Pada MTsN Gandapura Kabupaten Bireun, (Tesis). (Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry) diakses pada tanggal 4 Mei 2018.

Triana, Lely. 2011. Pola Penerapan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Pati, (Tesis) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Diakses 10 Mei 2018

Trisnawati, Destya Dwi. 2013. Membangun Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SMA Khadijah Surabaya melalui Implementasi Tata Tertib Sekolah. Kajian Moral dan Kewarganegaraan no. 2 (1). Diakses pada tanggal 4 Mei 2018.

Uriatman, Markis. 2015. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Manajer Pendidikan no. 9 (6). diakses pada tanggal 4 Mei 2018.

Widodo, Bernardus. 2012. Keefektifan konseling kelompok realitas mengatasi persoalan perilaku disiplin siswa di sekolah. Widya Warta no. 35 (01) diakses pada tanggal 5 Mei 2018

Yasin, Fatah. 2013. Penumbuhan Kedisiplinan sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah. el-hikmah (1) diakses pada tanggal 5 Mei 2018.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v8i2.430 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.