KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN TES TERINTEGRASI AGAMA DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA

Fajrul Muhammad Bahri, Supahar Supahar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik instrumen tes terintegrasi agama dan sains untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran PAI SMA Negeri kelas X,  dan 2) mendeskripsikan hasil pengukuran dari instrumen tes. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berfokus pada konstruksi tes dan pengukuran kemampuan kognitif. Model pengembangan menggunakan modifikasi model Oriondo & Dallo-Antonio yang dirumuskan dalam tiga tahap: 1) tahap perencanaan instrumen, 2) tahap uji coba instrumen pada 563 siswa SMA kelas X di Kota Yogyakarta, 3) tahap pengukuran kemampuan berpikir kritis. Instrumen tes dari dua paket tes. Total item tes sebanyak 45 item masing-masing terdiri dari 25 item dengan 5 item bersama (anchor). Tingkat kesukaran berada pada level sedang dengan rentang -1,64 sampai 1,38 sehingga semua item tergolong baik. Analisis parameter item dengan program Quest dan Parscale diperoleh keseluruhan item fit dengan Partial Credit Model. Hasil pengukuran kemampuan berpikir kritis peserta didik tergolong rendah ditunjukkan oleh θ rata-rata sebesar -0,11 pada rentang skor -0,62 sampai 0,14. Sejumlah tujuh guru pengguna instrumen tes menyatakan bahwa instrumen tes layak digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian instrumen tes cocok dan layak digunakan untuk mengukur hasil pembelajaran khususnya pada kemampuan berpikir kritis peserta didik.


Keywords


agama, berpikir kritis, integrasi, sains

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2017. Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen (revisi taksonomi pendidikan bloom), cetakan kedua. (Terjemahan Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Adams, R.J. & Khoo, S-T. 1996. ACER quest: the interactive test analysis

system. Victoria: ACER Press.

Azwar, S. 2015. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bagir, Z. A. 2003. Integrasi Ilmu dan Agama Interpretasi dan Aksi, Bandung: Mizan.

Departemen Agama UIN Sunan Kalijaga. 2006. Kerangka Dasar Keilmuan Dan Pengembangan Kurikulum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Ennis, R. H. 1985. A logical basis for measuring critical thinking skills. Educational leadership, 43(2)

Facione, P. 1990. Critical thinking: A statement of expert consensus for purposes of educational assessment and instruction (The Delphi Report).

Fatimah, F. 2017. Meningkatkan Ketrampilan Bertanya melalui Penerapan Pendekatan Sainfitik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Husain, A.S.S. & Asyraf, A. 1986. Krisis Pendidikan Islam, Bandung: Risalah.

Istianah, E. (Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Sma. Infinity Journal, 2(1).

Istiyono, E., Mardapi, D. & Suparno. 2014. Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) peserta didik SMA . Jurnal Penelitian dan evaluasi Pendidikan.

Majid, A & Rochman, C. 2015. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maksudin. 2013. Paradigma Agama dan Sains Nondikotomik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mardapi, D. 2016. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Marimba, A. D. 1991. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan umum), Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 1989. Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bina Aksara.

OECD. 2016. Programme for International Student Assessment (PISA) result from PISA 2015. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf.

Oriondo, L. L., & Dallo-Antonio, E. M. 1984. Evaluating Educational Outcomes: Tests, Measurement and Evaluation. Rex Book Store.

Paul, R., & Elder, L. 2006. Critical thinking: Learn the tools the best thinkers use, concise edition. Pearson Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ.

Retnawati, H. 2016. Validitas, reliabilitas, dan karakteristik butir: panduan untuk peneliti, mahasiswa, dan psikometrian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Salinan Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Salinan Permendikbud No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum (2013)

Sanjaya, W. 2014. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Prenada Media Grup.

Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada

Wibowo, A. M & Istiani, D. (2017). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Manuskrip Keagamaan. Journal Al-Qalam Penelitian Agama dan Sosial Agama, 23(2).

Widiarso, W. 2010. Aplikasi Teori Respon Item untuk Pemodelan Respons Menipu Pada Skala Kepribadian,Laporan hasil penelitian, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v8i2.402 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.