HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN SISWA DAN PENYALAHGUNAAN MEDIA SOSIAL DI SMAN 2 KOTA BOGOR

Authors

  • Muhyani Muhyani Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Siti Herawati Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Indonesia
  • Hilman Hakiem Program Studi FAI Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.398

Keywords:

pola asuh orang tua, kepribadian siswa, media sosial

Abstract

Orang tua dan anak adalah satu ikatan jiwa dalam keterpisahan raga, peran orang tua sangatlah penting bagi para anak, Maka orang tua adalah pendidik pertama dan utama dan akan menjadi model yang ditiru, diteladani akhlak atau perilaku oleh anaknya. Karena anak sangat mudah meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Adapun tujuan penelitian agar mengetahui pola asuh orang tua terhadap siswa-siswi, dan mengetahui kepribadian siswa dalam penyalahgunaan media soisal terhadap siswa-siswi, serta mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kepribadian siswa dan penyalahgunaan media sosial di SMAN 2 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Uji hipotesis menggunakan analisis product moment dan kolerasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan pola asuh orang tua dan kepribadian siswa tergolong tinggi serta penyalahgunaan media sosial tergolong sedang. Hipotesis menunjukkan pola asuh orang tua dengan kepribadian siswa dan penyalahgunaan media sosial nilai (Sig 2 tailed) product moment dan Sig F change kolerasi ganda adalah sama-sama 0,000 dapat disimpulkan ada hubungan pola asuh orang tua dengan kepribadian siswa dan penyalahgunaan media sosial secara simultan  karena  Sig F Change 0,000 < 0,05. H0 ditolak dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua (X1) dengan kepribadian siswa (X2) dan penyalahgunaan media sosial (Y).

References

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/07/10313801/tawuran-di-depok-seorang-pelajar-tewas diakses 02 maret 2019

Andi Ahmad Gunadi, Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Imajinasi Anak. Jurnal Refleksi Edukatika, Vol, 7 No. 2, 2017.

Abidin Zainal. 2012Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multikulturalisme, Jakarta: Balai Litbang Agama Jakarta

Bungin Burhan. 2011. Sosiologi Komunikasi, Jakarta: Prenada Media Group

Firdaus Ajiz. 2012 Metode Penelitian. Tanggerang: Jelajah Nusa

Hamka, 2017. Lembaga Hidup, Jakarta: Republik Penerbit

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hurlock,. 2006 Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.

JaenudinUjam. 2012, Psikolog Kepribadian, Bandung: Pustaka Setia

Miftahul Jannah, Peran Pola Pengasuhan Orang Tua dan Moral Remaja dalam Islam. Jurnal Ilmiah Edukasi Vol 1, Nomor 1, Juni 2015.

Muhyani, 2012 Pengaruh Pengasuhan Orang tua Dan Peran Guru Di Sekolah Menurut Persepsi Murid Terhadap Kesadaran Religius Dan Kesehatan Mental, Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia.

Nasrullah Rulli, 2017,Media Sosial (Perspektif Komunikasi,budaya, sosioteknolog), Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Prastowo Andi. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian (suatu tinjauan teoretis dan praktis). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Riduwan. 2015.Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rosyadi Rahmat, 2013, Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini (Konsep dan Praktik PAUD islami, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudijono Anas, 2015. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo,.

Sugiyono. 2018, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.

Sukardi, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan (kompetensi dan Praktiknya). Jakarta : PT Bumi Aksara

Unggah Jasa Muliawan. 2015 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wahab Rohmalina. 2016. Psikolog Belajar, Jakarta: RajaGrafindo Persada

,

Published

29-08-2019

Citation Check