HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN SISWA DAN PENYALAHGUNAAN MEDIA SOSIAL DI SMAN 2 KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.398Keywords:
pola asuh orang tua, kepribadian siswa, media sosialAbstract
Orang tua dan anak adalah satu ikatan jiwa dalam keterpisahan raga, peran orang tua sangatlah penting bagi para anak, Maka orang tua adalah pendidik pertama dan utama dan akan menjadi model yang ditiru, diteladani akhlak atau perilaku oleh anaknya. Karena anak sangat mudah meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Adapun tujuan penelitian agar mengetahui pola asuh orang tua terhadap siswa-siswi, dan mengetahui kepribadian siswa dalam penyalahgunaan media soisal terhadap siswa-siswi, serta mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kepribadian siswa dan penyalahgunaan media sosial di SMAN 2 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Uji hipotesis menggunakan analisis product moment dan kolerasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan pola asuh orang tua dan kepribadian siswa tergolong tinggi serta penyalahgunaan media sosial tergolong sedang. Hipotesis menunjukkan pola asuh orang tua dengan kepribadian siswa dan penyalahgunaan media sosial nilai (Sig 2 tailed) product moment dan Sig F change kolerasi ganda adalah sama-sama 0,000 dapat disimpulkan ada hubungan pola asuh orang tua dengan kepribadian siswa dan penyalahgunaan media sosial secara simultan karena Sig F Change 0,000 < 0,05. H0 ditolak dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua (X1) dengan kepribadian siswa (X2) dan penyalahgunaan media sosial (Y).
References
https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/07/10313801/tawuran-di-depok-seorang-pelajar-tewas diakses 02 maret 2019
Andi Ahmad Gunadi, Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Imajinasi Anak. Jurnal Refleksi Edukatika, Vol, 7 No. 2, 2017.
Abidin Zainal. 2012Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multikulturalisme, Jakarta: Balai Litbang Agama Jakarta
Bungin Burhan. 2011. Sosiologi Komunikasi, Jakarta: Prenada Media Group
Firdaus Ajiz. 2012 Metode Penelitian. Tanggerang: Jelajah Nusa
Hamka, 2017. Lembaga Hidup, Jakarta: Republik Penerbit
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hurlock,. 2006 Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.
JaenudinUjam. 2012, Psikolog Kepribadian, Bandung: Pustaka Setia
Miftahul Jannah, Peran Pola Pengasuhan Orang Tua dan Moral Remaja dalam Islam. Jurnal Ilmiah Edukasi Vol 1, Nomor 1, Juni 2015.
Muhyani, 2012 Pengaruh Pengasuhan Orang tua Dan Peran Guru Di Sekolah Menurut Persepsi Murid Terhadap Kesadaran Religius Dan Kesehatan Mental, Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia.
Nasrullah Rulli, 2017,Media Sosial (Perspektif Komunikasi,budaya, sosioteknolog), Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Prastowo Andi. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian (suatu tinjauan teoretis dan praktis). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Riduwan. 2015.Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta
Rosyadi Rahmat, 2013, Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini (Konsep dan Praktik PAUD islami, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudijono Anas, 2015. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo,.
Sugiyono. 2018, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.
Sukardi, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan (kompetensi dan Praktiknya). Jakarta : PT Bumi Aksara
Unggah Jasa Muliawan. 2015 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Wahab Rohmalina. 2016. Psikolog Belajar, Jakarta: RajaGrafindo Persada
,
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).