Strategi Implementasi Moderasi Beragama Perspektif ‘Alî Muhammad Al-Shallâbî: Dalam Mata Kuliah Tafsir Tarbawi Di Stai Al-Hidayah Bogor

Authors

  • Rahendra Maya Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Sarbini Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Fadilah Alfarisi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.5118

Keywords:

ABSTRACT The development of the term of Muhammadiyah phobia is categorized as having harmed tolerance religious moderation in Indonesia, but from a positive point of view this can be an inspiration to return to reviewing religious moderation (wasathiyyah)

Abstract

Berkembangnya istilah Muhammadiyah phobia dikategorikan telah menodai moderasi beragama di Indonesia, namun dari segi positifnya hal ini dapat menjadi inspirasi untuk kembali mengkaji moderasi beragama (wasathiyyah) dalam Islam menurut perspektif ulama moderat. Di antara ulama moderat kontemporer adalah ‘Alî Muhammad Al-Shallâbî dalam karyanya, Al-Wasathiyyah fî Al-Qur’ân Al-Karîm dan beberapa karya lainnya. Penelitian ini menemukan pemikiran moderasi beragama Al-Shallâbî dalam mendeskripsikan legalitas moderasi dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits serta pendapat para ulama, definisi konseptual, dan aksentuasi makna moderasi, serta tentang asas-asas moderasi dan objektifitasnya yang agung. Dengan melihat temuan tersebut, bahwa pemikiran moderasi beragam Al-Shallâbî layak untuk diaktualisasikan secara implementatif di STAI Al-Hidayah Bogor, terutama melalui mata kuliah Tafsir Tarbawi di Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah. Strategi implementatif yang dapat dilakukan antara lain dengan menjadikan moderasi beragama sebagai basis dalam mata kuliah Tafsir Tarbawi, menyisipkan (insersi) muatan moderasi beragama dalam kurikulum atau materi Tafsir Tarbawi yang diajarkan, dan memasukkan tema-tema moderasi secara langsung dalam proses pembelajaran Tafsir Tarbawi dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasinya

References

Al-Julayyil, ‘Abd Al-‘Azîz ibn Nâshir. (2004). Wa Kadzâlika Ja’alnâkum Ummatan Wasathan. Riyadh: Dâr Thayyibah.

Al-Maidânî, ‘Abd Al-Rahmân Hasan Habnakah. (1996). Al-Wasathiyyah fî Al-Islâm. Beirut: Mu’assasah Al-Rayyân.

Al-Qaradhâwî, Yûsuf. (2011). Kalimât fî Al-Wasathiyyah Al-Islâmiyyah wa Ma’âlimihâ. Kairo: Dâr Al-Syurûq.

Al-Shallâbî, ‘Alî Muhammad Muhammad. (2001). Al-Wasathiyyah fî Al-Qur’ân Al-Karîm. Uni Emirat Arab: Maktabah Al-Shahâbah dan Maktabah Al-Tâbi’în Kairo.

Al-Shallâbî, ‘Alî Muhammad Muhammad. (2015). Al-‘Adâlah min Al-Manzhûr Al-Islâmî. Beirut: Dâr Al-Ma’rifah.

Al-Shallâbî, ‘Alî Muhammad Muhammad. (2018). Al-‘Adâlah wa Al-Mushâlahah Al-Wathaniyyah Dharûrah Dîniyyah wa Insâniyyah. Istanbul: Dâr Al-Raudhah.

Al-Shallâbî, ‘Alî Muhammad Muhammad. (t.t.). Al-Muwâthanah wa Al-Wathan fî Al-Daulah Al-Hadîtsah Al-Islâmiyyah. Retrieved May 20, 2023, from https://alsallabi.com/salabibooksarabicBranchPage/2?page=3.

Al-Shallâbî, ‘Alî Muhammad Muhammad. (t.t.). Al-Masyrû’ Al-Wathanî li Al-Salâm wa Al-Mushâlahah. Retrieved May 20, 2023, from https://alsallabi.com/salabibooksarabicBranchPage/2?page=1.

Al-Sudais, ‘Abd Al-Rahmân ibn ‘Abd Al-‘Azîz. (2017). Bulûgh Al-Âmâl fî Tahqîq Al-Wasathiyyah wa Al-I’tidâl. Riyadh: Madâr Al-Wathan li Al-Nasyr.

Al-Zuhailî, Wahbah. (2007). Qadhâyâ Al-Fiqh wa Al-Fikr Al-Mu’âshir. Damaskus: Dâr Al-Fikr.

Alawiyah, Fakhriyatus Shofa. (2018). Buku Ajar Studi Qur’an dan Tafsir Tarbawi. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Âlu Al-Syaikh, Shâlih ibn ‘Abd Al-‘Azîz ibn Muhammad ibn Ibrâhîm. (1439 H.). Al-Wasathiyyah wa Al-I’tidâl wa Atsaruhumâ ‘alâ Hayâh Al-Muslimîn. Riyadh: Wizârah Al-Syu’ûn Al-Islâmiyyah wa Al-Da’wah wa Al-Irsyâd.

Âlu Nashr, Muhammad ibn Mûsâ. (2005). Al-Wasathiyyah min Khashâ’ish Ummah Al-Islâm wa Ahl Al-Sunnah. Kairo: Dâr Al-Tauhîd wa Al-Sunnah.

Alwizar, et.al. (2021). Analisis Systematic Literature Review Tafsir Tarbawi: Implementasi Tafsir Tarbawi Pada Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 7(4), 729-737. http://dx.doi.org/10.29210/020212746.

Arif, Khairan M. (2020). Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah Serta Pandangan Para Ulama dan Fuqaha. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 11(1), 22-43. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v11i1.592.

Arif, Mahmud. (2015). Tafsir Pendidikan: Makna Edukasi Alquran dan Aktualisasi Pembelajarannya. Yogyakarta: Ombak.

Arif, Mahmud. (2020). Moderasi Islam dan Kebebasan Beragama: Perspektif Mohamed Yatim & Thaha Jabir Al-Alwani. Yogyakarta: Deepublish.

Ashoumi, Hilyah dan Nasrullah, Ahmad. (2022). Manajemen Pembelajaran Tafsir Tarbawi dalam Nuansa Islam Moderat di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 219-239. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i2.604.

Barni, Mahyuddin. (2011). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Prima.

Binti Abu Bakar, Syafiqah & Haqqi, Zyaul. (2022). Penulisan Kitab Tafsir di Indonesia Pada Abad Ke-21 M (2001-2015). QiST: Journal of Quran Tafseer Studies, 1(1), 1-10. doi: 10.23917/qist.v1i1.521.

Danial. (2019). Corak Penafsiran Al-Qur’an Periode Klasik Hingga Modern. Hikmah, XV(2), 250-282. http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v15i2.136.

Fathullah, Muhammad Amal & Bin Abdul Kadir, Muhd Najib. (2020). Corak Penulisan Tafsir di Indonesia Abad Ke-21 (2001-2019). Al-Turath: Journal of al-Quran and Al-Sunnah, 5(2), 11-22. http://spaj.ukm.my/jalturath/index.php/jalturath/issue/view/12.

Ghazali & Sabri, Muhammad. (2023). Pemikiran Ali Muhammad Ash-Shallabi Tentang Kedudukan dan Peran Perempuan di Ranah Publik. Ministrate: Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah, 5(1), 77-84. https://doi.org/10.15575/jbpd.v5i1.23510.

Harun, Salman. (2019). Tafsir Tarbawi: Nilai-nilai Pendidikan dalam Al-Quran. Tangerang Selatan: PT Lentera Hati.

Hidayat, Rofiq, Husnan, Riayatul, Syafi’i, Imam, Machfudz, and Akbar, Fikri Haikal. (2023). Principle-Based Leadership All’s Perspective Religious Moderation Muhammad As-Shalabi. D. Pristine Adi, et.al. (Eds.). Proceedings of the 1st Annual Conference of Islamic Education (ACIE), ASSEHR 714, 91-102. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-044-2_11.

https://alsallabi.com/salabiPersonalInfo/.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/moderasi.

Irama, Yoga dan Zamzami, Mukhammad. (2021). Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11(1), 65-89. https://doi.org/10.36781/kaca.v11i1.3244.

Jal’ûm, ‘Abd Allâh Ibrâhîm. (2015). Al-Mu’jam Al-Mufahras Al-Syâmil li Alfâzh Al-Qur’ân Al-Karîm bi Al-Rasm Al-‘Utsmânî. Riyadh: Markaz Tafsîr li Al-Dirâsât Al-Qur’âniyyah.

Kadri, Raja Muhammad. (2020). Tafsir Tarbawi Sebagai Salah Satu Corak Varian Tafsir. Syahadah: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Keislaman, VIII(1), 17-32. http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/syahadah/article/view/265.

Listiawati. (2017). Tafsir Ayat-ayat Pendidikan. Depok: Kencana Prenadamedia Group.

Lubis, M. Ridwan. (2020). Gerakan Moderasi Agama Menghadapi Gelombang Radikalisme. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Maimun dan Kosim, Mohammad. (2019). Moderasi Islam di Indonesia. Yogyakarta: LKiS.

Maimun and Kosim, Mohammad. (2022). The Urgency of Strengthening Islam Moderation in The State Islamic Universities. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 22(2), 343-362. http://dx.doi.org/10.21154/altahrir.v22i2.3843.

Masuroh, Imasa Siti. (2023). Pendidikan Ahlak yang Terkandung dalam “Biografi Umar Bin Khattab†Karya Ali Muhammad Ash-Shallabi (Kajian Pendidikan Islam). Integratif: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam, 2(1), 56-66. http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Integratif/article/view/183.

Maya, Rahendra. (2014). Perspektif Al-Qur‘an Tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1(01), 1-9. http://dx.doi.org/10.30868/at.v1i01.166.

Maya, Rahendra. (2018). Implikasi Relasi Eksploratif (’Alâqah Al-Taskhîr) dalam Pendidikan Islam: Telaah Filosofis Atas Pemikiran Mâjid ’Irsân Al-Kîlânî. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(02), 245-264. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i2.285.

Maya, Rahendra. (2022). Kontribusi Studi ‘Ulumul Qur’an Karya Ilmuwan Indonesia di Perguruan Tinggi dalam Rentang Tahun 2009-2020. Al Quds: Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 6(1), 83-104. http://dx.doi.org/10.29240/alquds.v6i1.3265.

Maya, Rahendra, Rokim, Syaeful, Bulloh, Muhammad Naji, dan Alfarisi, Muhammad Fadilah. (2023). Metodologi Tafsîr Maudhû’î Perspektif Al-Sa’dî dalam Taisîr Al-Lathîf Al-Mannân fî Khulâshah Tafsîr Al-Qur’ân (Karya Tafsir Kedua ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir Al-Sa’dî). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(1), 129-144. http://dx.doi.org/10.30868/at.v8i01.4658.

Monang, Sori, Saputra, Bambang, dan Harahap, Abdurrohim. (2022). Moderasi Beragama di Indonesia: Analisis Terhadap Akidah Ahlu Sunnah Wa Al-Jama’ah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 1019-1028. doi: 10.30868/ei.v11i01.2346 E-ISSN: 2614-8846 1019.

Mudlofir, Ali. (2011). Tafsir Tarbawi Sebagai Paradigma Qur’ani dalam Reformulasi Pendidikan Islam. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 11(2), 261-279. doi: 10.21154/al-tahrir.v11i2.35.

Muhammad, Hafid Nur. (2021). Urgensi Tafsir Al-Tarbawi dalam Pendidikan. Al-Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1(1), 1-14. https://doi.org/10.57163/almuhafidz.v1i1.3.

Munir. (2019). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Lugawi Tarbawi: Studi Analisis Integrasi Ilmu Bahasa Arab, Ilmu Tafsir, dan Ilmu Pendidikan. Palembang: Rafah Press dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Raden Fatah Palembang.

Nursyam, Fakhruddin. (2021). Tafsir Tarbawi: Tafsir Tematik Pendidikan Karakter. Jakarta Timur: Al-I’tishom Cahaya Umat.

Prastowo, Andi, Suyadi, & Sutrisno. (2021). Pendidikan Islam Unguul di Era Revolusi Industri dan Merdeka Belajar. Jakarta: Kencana.

Qasim, Muhammad. (2020). Membangun Mederasi Beragama Umat Melalui Integrasi Keilmuan. Gowa: Alauddin University Press.

Qomar, Mujamil. (2021). Moderasi Islam Indonesia: Wajah Keberagamaan Progresif, Inklusif, dan Pluralis. Yogyakarta: IRCiSoD.

Rohim, Baharuddin. (2022). Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Dalam Moderasi Beragama di Kauman Tahun 1912-1923 M. Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 11(1), 1-11. https://doi.org/10.36668/jal.v11i1.375.

Rosidin. (2015). Metodologi Tafsir Tarbawi. Jakarta: Amzah.

Rosidin. (2019). Ilmu Pendidikan Islam: Berbasis Maqashid Syariah dengan Pendekatan Tafsir Tarbawi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Rosidin and Andriani, Fenty. (2022). Literature Analysis of Tafsīr Tarbawiy (Qur’anic Educational Interpretation) From Paul Ricoeur’s Hermeneutic Perspective and Its Relevance as A Source of Islamic Education. Ṣuḥuf: Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya, 15(1), 175-196. doi: https//doi.org/10.22548/shf.v15i1.70.

Shihab, M. Quraish. (2020). Wasathiyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Tangerang Selatan: Lentera Hati.

Surahman, Cucu. (2019a). Tafsir Tarbawi di Indonesia: Hakikat, Validitas, dan Kontribusinya bagi Ilmu Pendidikan Islam. Pati: Maghza Pustaka.

Surahman, Cucu. (2019b). Tafsīr Tarbawī in Indonesia: Efforts to Formulate Qur’an Based Islamic Education Concept. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 211-226. https://doi.org/10.15575/jpi.v5i2.5915.

Sutrisno, Edy. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(1), 323-348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113.

Thaib, Zamakhsyari bin Hasballah. (2022). Pesan Pendidikan dalam Ayat-ayat Pilihan. Yogyakarta: Deepublish.

Tim Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Tim Penyusun Kementerian Agama RI. (2019a). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Tim Penyusun Kementerian Agama RI. (2019b). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Tim Penyusun DPP ADPISI. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Perkuliahan Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa.

‘Ulayyân, Syaukat Muhammad. (2012). Al-Wasathiyyah fî Al-Islâm: Tharîq li Amn Al-Mujtama’ât. Riyadh: Naif Arab University for Security Science.

Wahidi, Ridhoul. (2016). Tafsir Ayat-ayat Tarbawi: Tafsir dan Kontekstualisasi Ayat-ayat Pendidikan. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Yahya, M. Daud. (2015). Nilai-nilai Pendidikan dalam Al-Qur’an. Banjarmasin: Antasari Press dan Aswaja Pressindo Yogyakarta.

Yunus, Badruzzaman M. (2016). Tafsir Tarbawī. Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v1i1.1670.

Zulheldi. (2018). Namûdzaj Al-Bahts li Al-Tafsîr Al-Tarbawî. Al-Ta’lim Journal, 25(2), 171-181. https://doi.org/10.15548/jt.v25i2.478.

Published

23-08-2023

Citation Check