Efektivitas Penggunaan “Tablet” Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas XII SMA Ar-Rahman Qur’anic Learning Islamic School Purwakarta

Authors

  • Sunarya Pasady Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia
  • Haris Renaldi Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Ar-Rahman, Indonesia
  • Hidayati Hidayati Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Ar-Rahman, Indonesia
  • Fajar Syarif Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia
  • Pahrurraji Pahrurraji Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4835

Keywords:

Tablet, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, AQL Islamic School

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan Tablet terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa Kelas XII SMA AQL Islamic School Purwakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif melalui model etnografi untuk mendeskripsikan penggunaan tablet dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Adapun sumber penelitian ini berupa sumber data primer yang didapatkan melalui observasi secara langsung di SMA AQL Islamic School Purwakarta, mendokumentasikan aktivitas yang terjadi di sekolah serta melakukan wawancara kepada sebagian siswa kelas XII, guru PAI dan Budi Pekerti, guru kesiswaan, wali kelas dan kepala sekolah. Sementara data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, tesis, data dan artikel yang diperoleh dari internet. Penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi Penggunaan Tablet di SMA AQL Islamic School Purwakarta kepada siswa kelas XII efektif dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kedua: Penggunaan Tablet dalam pembelajaran siswa kelas XII SMA AQL Islamic School  Purwakarta berpengaruh kepada peningkatan motivasi belajar siswa, ditandai sebagai berikut: a) penggunaan media Tablet efisien dan efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti,  b) media Tablet dapat meningkatkan kecerdasan siswa, c) penggunaan media Tablet meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

References

Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 2, No. 1, 121.

Abiyu, M. S. (2021, Desember 09). (S. Oasady, Interviewer)

Al-Bukhori, A. A. (1994). Shahih BukhÄrî. Beirut: Dar Al-Fikr.

Aldrian, A. I. (2020). Mengenal Cita-cita dan Lingkungan Sejak Dini. Pengabdian Nusantara, Vol. 3, No. 2, 3.

Arif, Y. (2021, Desember 6). Siswa Kelas XII SMA AQL Islamic School Purwakarta. (S. Pasady, Interviewer)

Aulia, L. (2021). Motivasi Belajar Mahasiswa Rekam Medias dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi Edu Cendikia. Jurnal ILmiah Kependidikan Vol 1 no 3, 96.

Auliarrahmah, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran Melalui Program Kantin Kejujuran Di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3, No 6 , 356.

Azhari, M. S. (2021, Desember 09). Siswa Kelas XII SMA AQL Islamic School Purwakarta. (S. Pasady, Interviewer)

Departemen Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: CV Darussunnaah.

Dwiastuti, D. A. (2020). Hubungan antara Sikap Kompetitif Berlebihan dan Perilaku Kerja Inovatif. Diversita, Vol. 6, No. 1, 30.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida, Vol 5, No. 2,, 175.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. Pendididkan Guru Ibtidaiyah Vol. 1, No. 2 , 179-180.

Farisi, S. A. (2021, Desember 09). Siswa kelas XII SMA AQL Islamic School Purwakarta. (S. Pasady, Interviewer)

Hanurawan, F. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Harahap, A. L. (2022, Januari 13). Kepala Sekolah SMA AQL Islamic School Purwakarta. (S. Pasady, Interviewer)

Inten, D. N. (2017). Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Berkeluarga. Familyedu, Vol III, No.1 , 36.

Laka, B. M. (2020). Role Off Parents In Improving Geoghraphy Learning Motivation In Immanuel Agung Samofa High School . Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 2, 71.

Messi. (2017). Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran di dalam Kegiatan Madrasah Berasrama (Boarding School). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol 1, No 1 , 280.

Muharromah, R. (2019). Hubungan Antara Harapan (Hope) dengan Resiliensi Terhadap Istri yang Mengalami Involuntary Childless. Psikologi Dan Kesehatan Mental, Vo. 4, No.1, 22.

Mursyidah. (2021, Februari 6). Wawancara dengan Manajemen AQLIS. (S. Pasady, Interviewer)

Nurdiansyah, F. M. (2022, Januari 9). Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan AQL Islamic School Purwakarta. (S. Pasady, Interviewer)

Nuris, M. (2018). Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pare-Pare: Pascasarjana STAIN .

Nurwahid, A. (2020, Desember 31). Wawancara dengan Manajemen AQLIS. (S. Pasady, Interviewer)

Oktasari, Z. (2019). Menghindari Sikap Apatis Anatar Individu Melalui Komunikasi Untuk Meningkatkan Hubungan Yang Baik Antar Individu. Psikologi Manajemen.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Dinamika Sosial, Vol:1, No:1, 211.

Priambodo, A. B. (2021, Desember 9). Siswa Kelas XII SMA AQL Islamic School Purwakarta. (S. Pasady, Interviewer)

Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas XI SMPN 11 Kota Sungai Penuh . Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1 No 11 April 2021, 2486.

Riyadhi, B. (2020). Internalisasi Nilai Kejujuran Melalui Kantin Kejujuran. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, Vol.1, No. 2, 140.

Sa'ud, U. S. (2013). Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Alvabeta.

Subakti, A. (2022, Januari 17). Wali Kelas XII SMA AQL Islamic School Purwakarta. (S. Pasady, Interviewer)

Sutopo, H. (1998). Pengantar Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar Teori Praktis. Surakarta: UNS Press.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol.2 No.2, 103.

Tukiman. (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Jenderal Sudirman. Jurnal Mengembangkan Tanggung Jawab Pada Anak, 2.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2008). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Vhalery, R. (n.d.). Pengaruh Komitmen Belajar dan Lingkungan Kampus Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi. Lembaran Ilmu Kependidikan, Vol. 48, No. 48, 19.

Published

22-08-2023

Citation Check