STRATEGI MUDARRIS TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRIWATI

Authors

  • Abdul Sahib IAIN Curup

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2898

Keywords:

strategi, mudarris, hafalan, Al-Qur’an, santriwati.

Abstract

Perhatian terhadap tahfiz Al-Qur’an dewasa ini semakin meningkat dengan banyaknya lembaga-lembaga yang mendekatkan umat dengan Al-Qur’an, khususnya dalam mengahafal Al-Qur’an. Rumah Tahfiz Al-Amin adalah sebuah lembaga yang mendekatkan umat dengan Al-Qur’an yang mayoritas santriwatinya siswi di sekolah umum. Hasil penelitian antara lain: a. Kondisi hafalan Al-Qur’an santriwati Rumah Tahfiz Al-Amin ialah: santriwati saat ini yang paling banyak hafalannya adalah 16 juz berjumlah dua orang dalam waktu menghafal satu tahun setengah. Dan 15 juz berjumlah satu orang serta yang lainnya berjumlah tujuh orang sekitar di bawah 5 juz. b. Strategi yang dilakukan: bangun malam untuk shalat tahajud kemudian mulai menghafal Al-Qur’an, membaca minimal 10 atau 15 kali dengan melihat kemudian menghafal, disiplin waktu dalam menghafal dan muraja’ah, motivasi, dan nasihat. c. Faktor pendukung antara lain: disiplin waktu dalam menghafal dan muraja’ah, tempat atau kondisi linkungan yang mendukung dan nyaman, kemampuan menghafal yang cukup cepat, istikomah dalam menghafal Al-Qur’an. d. Faktor penghambat antara lain: malas dalam menghafal dan muraja’ah, tidak disiplin dalam menghafal dan muraja’ah, dan halangan atau santriwati haid. d. Solusi dari faktor-faktor penghambat antara lain: memberikan motivasi dan nasihat, memberikan hukuman atau ta’dib, membaca atau mushaf namun tidak menyentuh secara langsung, dan membaca atau muraja’ah Al-Qur’an Terjemahan.

References

Ginanjar, M. Hidayat. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Haekal, M., Priyatna, M., dan Syarifudin, A. (2018). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Agama Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Siswa di SMP IT Al-Hidayah Kelas VIII Tahun Ajaran 2017-2018. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an Tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(01).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).

Mela, N., Priyatna, M., dan Sarifudin, A. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Individual Terhadap Capaian Target Hafalan Al-Qur’an (Studi Kasus di Kelas VIII A SMP Tahfiz Ar-Rasyid Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor). Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1B).

Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Solat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09).

Skripsi/Tesis/Disertasi

Iman, K. (2016). Strategi Menghafal Al-Qur’an bagi Siswa (Studi Kasus di Rumah Tahfidz Daarul Quran Putra Kepanjen Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik. Malang.

Muhaimin, S. (2018). Strategi Mudarris Tahfiz dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Muara Istiqomah Pasir Jaya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah. STAI Al Hidayah Bogor.

Buku

Al-Kahil, A. Daim. (2017). Hafal Qur’an Tanpa Nyantri. Sukoharjo: Pustaka Arafah.

Arifin. (2009). Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dar Ar-Rasa’il. (2018). Yakinlah! Menghafal Al-Qur’an itu Mudah!. Digital Publishing.

Asy-Syalhub, F. bin Abdul Aziz. (2014). Begini Seharusnya Menjadi Guru: Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Rosulullah saw. Jakarta: Darul Haq.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kementrian Agama RI. (2017). Al-Hamid Terjemah Perkata Tranliterasi Latin. Bandung: PT Dinamika Cahaya Pustaka.

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: PT Indragiri Dot Com.

Nizar, S., dan Efendi, E. Hasibuan. (2018). Pendidikan Ideal Bangunan Character Building. Depok: Prenadamedia Group.

Suyanto., dan Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Esensi.

Munawwir, A. Warson. (1997). Almunawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Gp Press Group.

Yusuf, K. M. (2014). Studi Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Wawancara

Hasil wawancara dengan Ustadz Faqih Al-Hafiz pada hari Minggu tanggal 21 Juni 2020 pukul 17:00 WIB

Hasil wawancara dengan Ustadz Faqih Al-Hafiz pada hari Rabu tanggal 12 februari 2020 pukul 20:30 WIB.

Hasil wawancara dengan Ustaz Faqih Al-Hafiz pada hari selasa dan Rabu tanggal 11 dan 12 februari 2020 pukul 20:30 WIB.

Internet

Kementrian Pendidikan dan Budaya. (2019).Kamus Besar Bahasa Indonesia.(https://kbbi.web.id/santriwati). Diakses pada hari Minggu jam 08:38, pada tanggal 16 Februari 2020.

Purnama, Yulian. (2014). Mengapa Perlu Menghafal Al-Qur’an. ?(https://muslim.or.id). Diakses pada hari senin jam 14:12 Pada tanggal 26 Agustus 2019.

Purnama, Yulian. (2014). Mengapa Perlu Menghafal Al-Qur’an. ?(https://muslim.or.id). Diakses pada hari senin jam 14:36. Pada tanggal 26 Agustus 2019.

Wikipedia. (2019). Santri. (https://id.wikipedia.org/wiki/Santri). Diakses pada hari jum’at jam 10:10, tanggal 30 Agustus 2019.

Published

25-02-2022