Pendidikan Multikultural Wujud Toleransi di SMP Fidelis Payakumbuh

Authors

  • Hasnida Hasnida Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Insida Jakarta, Indonesia
  • Muh Misbah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Ritman Hendra IAIN Batusangkar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2405

Keywords:

Pendidikan, multikultural, multi religion, Toleransi

Abstract

Kajian ini membahas tentang pendidikan Multikultural di SMP Fidelis Payakumbuh, Sekolah Katolik dengan peserta didik yang multi relegion dengan mayoritas beragama Islam. Pendidikan multikultural dilaksanakan untuk mengembangkan semua potensi peserta didik tanpa membedakan agama yang dianutnya. Pendidikan multikultural menekankan pada filosofi pluralism budaya dalam sistem pendidikan, berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menghormati, penerimaan, pemahaman dan komitmen moral untuk keadilan sosial. Melalui pendidikan multikultural ini diharapkan mampu memberikan makna mendalam kepada peserta didik mengenai sikap toleransi antar umat beragama. Peserta didik akan belajar makna  indahnya hidup berdampingan dengan pemeluk agama lain dengan sikap saling menghormati dan menghargai. Dengan demikian perbedaan agama, ras, suku, budaya dan lain-lain tidak akan lagi menjadi pemicu konflik di tengah-tengah masyarakat.

References

Abd. Kadim Masaong dan Arfan A. Tilome, Kepemimpinan Berbasis Multiple Intellegence (Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang, (Bandung : Alfabeta, 2011).

Ainna Amalia dan Ricardo Freedom Nanuru, Toleransi Beragama Masyarakat Bali, Papua, Maluku, Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, Vol. X No. 1, (Tobelo: Universitas Halmahera, 2018).

Bikhu Parekh,. Rethiniking Multiculturalism.(Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2010).

Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta, Amzah: 2011).

Choirul Mahfud, Pendidikan Multikultural, (Yogyakarta, Pustaka Pelajar: 2008).

Delfiyan Widiyanto, Pembelajaran Toleransi dan Keragaman dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar, Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, Vol. I No. I, (Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, 2017).

Eko Setyawan, Strategi Muhadhoroh Sebagai Metode Pelatihan Dakwah bagi Kader Da’i di Pesantren Darul Fikri Malang, Jurnal FENOMENA, Vol. 14 No. 2 (Oktober 2015).

Farid Wadji, Tahfiz al-Qur’an dalam Kajian Ulum Al-Qur’an, (Studi atas Berbagai Metode Tahfiz)â€, Tesis, UIN Syarif Hidayatullah, (Jakarta : Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, 2010).

H. A. R. Tilaar, Pendidikan dan Kekuasaan, (Jakarta, Rineka Cipta: 2009).

Hadi Rumpoko, Panduan Pidato Luar Biasa, (Yogyakarta: Megabooks, 2012).

Henry Thomas Simarmata, dkk, Indonesia Zamrud Toleransi, (Jakarta Selatan: PSIK-Indonesia, 2017).

Ibrahim Anis, dkk., Al-Mu’jam Al-Wasit, (Mesir : Dar al-Ma’arif, 1392 H.).

James A. Banks, Teaching Strategies for Ethnic Studies, (USA: Allyn and Bacon, Inc., 1987).

Khotimah, Toleransi Beragama, Jurnal Ushuluddin, Vol. XX No. 2, (Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2013).

M. Ainul Yaqin, Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, (Yogyakarta: Pilar Media, 2005).

M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Sejarah dan Pengantar ‘Ulum al-Qur’an/Tafsir,(Jakarta :Bulan Bintang, 1992), cet. ke-XIV, hal. 1.

M. Sukaardjo dan Ukim Komarudin, Landasan Pendidikan; Konsep dan Aplikasinya, (Jakarta: Rajawali Pers, 2009).

Maslikhah, Quo Vadis Pendidikan Multikultural: Reconstruksi Sistem Pendidikan berbasis Kebangsaan, (Surabaya: JP Books,. 2007).

Shofiah Fitriani, Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama , Jurnal Studi Keislaman Volume 20, No. 2, Tahun 2020.

Shofiah Fitriani, Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama, Jurnal Studi Keislaman Volume 20, No. 2, Tahun 2020.

Suniti, Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural, Jurnal Edueksos, Vol III No. 2, Juli-Desember 2104, h. 27, https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/354

Surya A. Jamrah, Toleransi Antar Umat Beragama: Perspektif Islam, Jurnal Ushuluddin, Vol. 23 No. 2, (Riau: UIN Suska, 2015).

Yaya Suryana dan Rusdiana, Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Pengetahuan Jati Diri Bangsa Konsep-Prinsip-Implementasi,(Bandung: Pustaka Setia, 2015).

Sukarma, I.W, Multikulturalisme dan Kesatuan Indonesia, Dharmasmrti, Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan Hindu, Vol.5-10-2011, Pascasarjana, UNHI Denpasar,2010.

Bikhu Parekh,. Rethiniking Multiculturalism.Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2010.

Maslikhah, Quo Vadis Pendidikan Multikultural: Reconstruksi Sistem Pendidikan berbasis Kebangsaan (Surabaya: JP Books,. 2007).

M. Ainul Yaqin, Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, (Yogyakarta: Pilar Media, 2005).

James A. Banks, Teaching Strategies for Ethnic Studies, (USA: Allyn and Bacon, Inc., 1987).

Ngainun Naim, Budaya Damai di Pesantren: Studi terhadap Al-Islam Gumuk, (Harmoni; Jurnal Mulikulural dan Multireligius, 2013).

Published

25-02-2022

Citation Check