PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA WHATSAPP PENGARUHNYA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor)

Edi Suryadi, Muhammad Hidayat Ginanjar, Muhamad Priyatna

Sari


Abstrak

 

Penelitian ini membahas tentang penggunaan sosial media Whatsapp pengaruhnya terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan di SMK Analis Kimia YKPI Bogor. Peneliti mengidentifikasi masalah penelitian terkait penggunaan sosial media watshapp pengaruhya terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kajian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang mempunyai sosial media whatsapp yang terinstal dalam smartphone dan selalu membawanya kemanapun mereka pergi termasuk di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan sosial media whatsapp terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan survey, teknik pengumpulan data menggunakan angket dari jumlah populasi 320 peserta didik. Sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 57 orang dengan teknik random sampling menggunakan rumus Slovin. Unit analisis adalah peserta didik Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial. Dari hasil penelitian teridentifikasi bahwa penggunaan sosial media whatsapp berpengaruh positif terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y bertanda positif dengan memperhatikan besarnya rXY yang diperoleh yaitu sebesar 0,921. Kemudian pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai rtabel sebesar 0,266 dan pada taraf signifikan 1% diperoleh nilai sebesar 0,345 ternyata rxy yang besarnya 0,921 adalah jauh lebih tinggi daripada rtabel yang besarnya 0,266 dan 0,345. Nilai R Square (R2) sebesar 0,848 menunjukkan peningkatan disiplin belajar dapat dipengaruhi oleh penggunaan sosial media whatsapp sebesar 84,8% dan sisanya dipengaruhi oleh hal-hal lain diluar persamaan ini. Nilai t hitung sebesar 17,53 jika dikonsultasikan dengan ttabel α (0,05) dan α (0,01) dengan n = 57 mendekati nilai puluhan 60 diperoleh ttabel sebesar 1,671 dan 2,000. Diketahui thitung  > ttabel yaitu: 17,53 > 1,671 dan 2,000 maka H0 ditolak. Ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan temuan penelitian ini, penulis merekomendasikan kepada pihak pengelola sekolah beserta dewan guru untuk berupaya meminimalisir penyalah gunaan sosial media whatsapp di kalangan peserta didik khususnya di lingkungan sekolah dan selalu berupaya menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif sehingga penyelenggaraan program pendidikan di sekolah terwujudkan secara efektif sesuai visi dan misinya. Kepada para orang tua juga disarankan untuk membatasi sekaligus mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan media sosial agar dapat meminimalisir penyalah-gunaannya.

 

Keywords: Sosial Media Wathshapp, Disiplin Belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Darwansyah, dkk. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: GP Press.

Hartanto, Aat. (2010). Panduan Aplikasi Smartphone, .Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nasrullah, Rulli Nasrullah. (2015). Media Sosial. Bandung: Sembiosa Rekatama Media.

Rosenberg, Marc. J. (2001). E-Learning : Strategies For Delivering Knowledge InThe Digital Age. USA : Mc Graw-Hill Company.

Tambak, Syahrini. (2013). Pendidikan Komunikasi Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sabri, Alisuf. (2006). Psikologi Pendidikan. Cetakan Kedua. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Belajar. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

http://www.whatsapp.com(diakses tanggal 20 April 2017 pukul 22.15.




DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.211

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats