PERSONAL ETHICS AND TIME MANAGEMENT ON STUDENTS' LEARNING HABITS IAIN LANGSA

Authors

  • Lathifah Hanum Institut Agama Islam Negeri Langsa, Indonesia
  • Hasan Asari State Islamic University of North Sumatra Medan, Indonesia
  • Syafaruddin Syafaruddin State Islamic University of North Sumatra Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1503

Keywords:

Personal Ethics, Study Habits, Time Management.

Abstract

This paper aims to analyze personal ethics and time management on the study habits of students of the Islamic Religious Education Study Program (PAI), the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training (FTIK) of the Langsa State Islamic Institute (IAIN). This study uses a qualitative approach with phenomenological methods. The data collection was done by using interviews, observation, and documentation studies. Furthermore, the data were analyzed using data reduction techniques, narrative data presentation, conclusion drawing and data verification. The results of this study indicate that (1) students understand and practice learning ethics well in accordance with the ethical guidelines of students at IAIN Langsa, (2) students' time management in learning is divided into two, namely students who actively make daily activity schedule, plans and targets they want to achieve. achieved, while there are students who are in the inactive category in managing study time, and (3) the study habits of PAI FTIK IAIN Langsa students are classified into 2, namely 73% are active and enjoy learning alone and 27% are active and enjoy participating in group learning.

References

Alwi, Hasan. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.

Aradea, Riswan & Edi Harapan. (2019). “Pengaruh Penerapan Teori Belajar Humanistik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kewirausahaan†Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 4(1). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/2479.

Asari, Hasan. (2008). Etika Akademis dalam Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Meneliti dan Membenahi Pendidikan dari Kelas). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Az-Zarnuji. (2019). Ta’limul Muta’allim; Pentingnya Adab Sebelum Ilmu, cet.4, terj. Abdurrahman Azzam. Solo: Aqwam.

Dimyati & Mujiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Elihami. (2019). “Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Higher of Think Mahasiswa Berbasis Kampus Merdeka†EduPsyCouns, 1(1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/324.

Febrianto, F.C, et.al. (2020). “Analisis Kebiasaan Belajar Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi Maupun Bekerja dengan IPK Cumlaude di Perguruan Tinggi Jakarta dan Depok†Jurnal Kependidikan, 6(3).

Febriyanto, Fery Citra & Nisak Ruwah Ibnatur Husnul. (2020). “Analisis Kebiasaan Belajar Mahasiswa yang Aktif Organisasi Maupun Bekerja dengan IPK Cumlaude di Perguruan Tinggi Jakarta dan Depok†Jurnal Kependidikan, 6(3). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2964.

Firdaus, Vera. (2017). “Pelatihan Manajemen Karir Serta Etika Bekerja untuk Mengembangkan Kepribadian dan Motivasi Mahasiswa STIKES Bhakti Al Qodiri Jember†Jurnal Terapan Abdimas, 2. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/978.

Gie, TL.(1995). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.

Harahap, Radinal Mukhtar. (2018). “Narasi Pendidikan dari Tanah Betawi: Pemikiran Sayyid Usman tentang Etika Akademik†JCIMS, 2(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/JCIMS/article/view/2919.

Hayyinah. (2004). “Religiusitas dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa†Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 9(17). https://journal.uii.ac.id/Psikologika/article/view/305.

Ihsan, Hisyam dan Ahmad Zaki. (2015). “Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa FMIPA UNM†Indonesian Journal of Fundamental Sciences, 1(1). http://103.76.50.195/pinisi/article/view/2116.

Jama’ah, Ibnu. (1986). Tazkirah al-Sami’ wal-Mutakallim fi Adab al-‘Alim wal-Muta’allim. diedit oleh ‘Abd- al-Amir Syams al-Din. Beirut: Dar Iqra.

Jazimah, Hanum. (2014). “Implementasi Manajemen Diri Mahasiswa dalam Pendidikan Islam†MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2). https://mudarrisa.iainsalatiga.ac.id/index.php/mudarrisa/article/view/765.

Mahdan, Lalu Furkhan. (2009). “Hubungan antara Motivasi Belajar, Sikap dan Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Mataram†Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/56081/.

Mujianto, Gigit, et.al. (2016). “Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sosiolinguistik dengan Pendekatan Saintifik†JINop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2).

Mutiara, Anna. (2016). “Pengaruh Etika Secara Individu dan Kelompok Terhadap Pembuatan Keputusan Etis untuk Mahasiswa Akuntansi†Skripsi. Semarang: FEB Universitas Katolik Soegijapranata.

Nahar, Novi Irwan. (2016). “Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran†Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1). http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94.

Nasution, Noehi, et.al. (1992). Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Nikmah, Dwi Nur. (2019). “Hubungan Sikap Ilmiah, Kebebasan Akademik, dan Etika Akademik dengan Budaya Akademik Mahasiswa†Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 4(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/10197.

Perni, Ni Nyoman. (2018). “Penerapan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran†Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/889.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, Sintya Ayu. (2018). “Hubungan Manajemen Waktu dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember†Skripsi. Jember: Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85702.

Putri, Elita Perwira. (2014). “Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua, Pelatih dan Teman dengan Motivasi Berprestasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Olahraga (Basket) pada Mahasiswa Atlet Basket Universitas Surabaya†Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1). https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1747.

Rasyidin, Al. (2012). Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Praktik Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Ratna & Dany. (2011). Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Reza, Muhamad. (2017). “Perilaku Altruisme Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Masa Studi (Studi Deskriptif Terhadap Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Jenjang S-1 di FIP UPI Bandung†Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/32099/.

Sagita, Dony Darma, et.al. (2017). “Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik Mahasiswa†Journal Bikotetik: Bimbingan Konseling: Teori dan Praktik, 1(2). http://dx.doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52.

Sahrandi, Akhmad. (2017). “Tradisi Akademis Mahasiswa (Implementasi Iklim Kultur Akademik Mahasiswa)†Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.38073/jpi.v7i2.46.

Sari, Annisa Ratna. (2013). “Strategi Blended Learning untuk Peningkatan Kemandirian Belajar dan kemampuan Critical Thinking Mahasiswa di Era Digital†Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/1689.

Sari, Merry Indah, et.al. (2017). “Manajemen Waktu pada Mahasiswa: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Lampung†Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1(3). http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/JK/article/view/1714.

Setiawan, Agus, et.al. (2018). “Kontribusi Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Matematika Jurusan Teknik Sipil FT UNP†Cived: Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/10393.

Suardana, I Kade. (2012). “Implementasi Model Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa†Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha, 45(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1785.

Suryadi, Dedi & Rosi Rosiah. (2018). “Motivasi Belajar Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta†Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 2(1). https://journal.umy.ac.id/index.php/jjlel/article/view/4229.

Susilo, Bambang Eko & Iqbal Khairisudin. (2010). “Improving the Autodidact Learning of Student on Kalkulus Through Cooperative Learning as Student Teams Achievement Division by Portofolio Programmed†Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/196.

Syah, Muhibbin. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Grasindo Persada.

Wood, Wendy, et.al. (2013). Habits in Dual Process Models. California: University of Southern California.

Yuswardi, et.al. (2016). “Manajemen Waktu Mahasiswa Kurikulum Berbasis Kompetensi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala†IDEA: Nursing Journal, 7(1). https://doi.org/10.52199/inj.v7i3.6448

Downloads

Published

21-08-2023

Citation Check