Pembinaan Guru Profesional Berbasis Al-Qur’an

Authors

  • Ahmad Zain Sarnoto Institut PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Dien Nurmarina Malik Fadjar Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1404

Keywords:

development, teacher, professional, the Qur'an

Abstract

Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembinaan guru profesional berbasis Al-Qur’an mengusung paradigma konstruktivisme humanisme teosentris. Hal ini berdasarkan deskripsi tentang pembinaan profesionalisme guru dalam orientasi spiritual, kepribadian, skill, kualitas, dan kompetensi guru yang  diperkuat dengan percontohan Rasulullah sebagai guru dengan term qudwah (QS. Al Ahzab 33:21) dan uswah hasanah (QS. Ali ‘Imran 3:31) dalam Al-Qur’an. Disertasi ini juga menemukan beberapa hal terkait: 1) Etika kepribadian guru yang meliputi pribadi guru yang diantaranya, rabbani, ikhlas, sabar, tenang, tawadhu, zuhud, benar, tegas, adil,  menyenangkan, efektif, efisien, dan penuh syukur; 2) Skill guru yang meliputi, hard skills, soft skills, dan life skills; 3) Kualitas guru yang meliputi rasa misi (sense of mission), empatik, dan kepemimpinan; 4) Kompetensi guru yang meliputi, pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, kreatif, kolaboratif, komunikatif, berpikir kritis, dan belas kasih (compassion). Namun, pembinaan guru profesional perlu memperhatikan terlebih dahulu proses seleksi SDM guru. Metode penelitian yang dilakukan adalah pendekatan campuran antara desain metode penelitian pengembangan RnD. Dikombinasikan dengan data kualitatif dari sumber penelitian literatur. Sedangkan yang berkenaan dengan kajian Al-Qur’an digunakan metode tematik tafsir al-Maudhu'i. Metode ini dapat mengkaji dengan lebih komprehensif mengenai pembinaan guru profesional dalam prinsip-pinsip Al-Qur’an

References

Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru: Pedoman Dan Acuan Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Siswa. Jakarta: Penerbit Bestari Buana Murni.

Alim, Akhmad. 2014. Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP Press.

Aliyyah, Rusi Rusmiati et al. 2020. “Outstanding Teacher Model Assistance: Effective Steps to Be Competitive Human Resources.†International Journal of Advanced Science and Technology 29(7):3255–62.

Aziz, Hamka Abdul. 2012. Karakter Guru Profesional: Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan. Jakarta: Al Mawardi Prima.

Blanton, Linda P., Vivian Correa, and Paul T. Sinder. 2006. “Models and Measures of Beginning Teacher Quality.†The Journal of Special Education 40.

Daulay, Haidar Putra. 2004. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.

Jefferson, Anne L. 2018. “Teacher Training: What’s Needed.†Journal of Further and Higher Education 33(3):281–88.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung : remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. 2015. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan & Sumber Belajar, Teori Dan Pratik. Jakarta: Prenadamedia.

Nasional, Departemen Pendidikan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Priatna, Tedi. 2012. Etika Pendidikan : Panduan Bagi Guru Profesional. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Safarudiin, Candra Wijaya, and Rahmadi Ali. 2020. “EVALUASI PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MEDAN.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9(2).

Sarnoto, Ahmad Zain. 2011. “Aktualisasi Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih Dalam Pendidikan.†Jurnal Statement 1(1):72–82.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012a. “Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an.†Profesi 1(2):1–7.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012b. “URGENSI SUPERVISI PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU.†Statement 2(2):55–66.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2013. “Implikasi Teologis Profesi Guru Dalam Pendidikan.†Madani Institute 2(2):1–7.

Sarnoto, Ahmad Zain, and Andri. 2019. “Pengaruh Profesionalisme Dan Kinerja Tenaga Pendidik Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Di MTs Negeri 1 Subang.†Statement 9(2):49–56.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhadi, Edi, Endin Mujahidin, Ending Bahruddin, and Ahmad Tafsir. 2014. “Pengembangan Motivasi Dan Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Madrasah.†Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 3(1):42. doi: 10.32832/tadibuna.v3i1.570.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.

Yusuf, Kadar M. 2013. Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Al-Qur’an Tentang Pendidikan. Jakarta: Amzah.

Published

25-02-2022

Citation Check