Pembinaan Guru Profesional Berbasis Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1404Keywords:
development, teacher, professional, the Qur'anAbstract
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembinaan guru profesional berbasis Al-Qur’an mengusung paradigma konstruktivisme humanisme teosentris. Hal ini berdasarkan deskripsi tentang pembinaan profesionalisme guru dalam orientasi spiritual, kepribadian, skill, kualitas, dan kompetensi guru yang diperkuat dengan percontohan Rasulullah sebagai guru dengan term qudwah (QS. Al Ahzab 33:21) dan uswah hasanah (QS. Ali ‘Imran 3:31) dalam Al-Qur’an. Disertasi ini juga menemukan beberapa hal terkait: 1) Etika kepribadian guru yang meliputi pribadi guru yang diantaranya, rabbani, ikhlas, sabar, tenang, tawadhu, zuhud, benar, tegas, adil, menyenangkan, efektif, efisien, dan penuh syukur; 2) Skill guru yang meliputi, hard skills, soft skills, dan life skills; 3) Kualitas guru yang meliputi rasa misi (sense of mission), empatik, dan kepemimpinan; 4) Kompetensi guru yang meliputi, pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, kreatif, kolaboratif, komunikatif, berpikir kritis, dan belas kasih (compassion). Namun, pembinaan guru profesional perlu memperhatikan terlebih dahulu proses seleksi SDM guru. Metode penelitian yang dilakukan adalah pendekatan campuran antara desain metode penelitian pengembangan RnD. Dikombinasikan dengan data kualitatif dari sumber penelitian literatur. Sedangkan yang berkenaan dengan kajian Al-Qur’an digunakan metode tematik tafsir al-Maudhu'i. Metode ini dapat mengkaji dengan lebih komprehensif mengenai pembinaan guru profesional dalam prinsip-pinsip Al-Qur’an
References
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru: Pedoman Dan Acuan Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Siswa. Jakarta: Penerbit Bestari Buana Murni.
Alim, Akhmad. 2014. Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP Press.
Aliyyah, Rusi Rusmiati et al. 2020. “Outstanding Teacher Model Assistance: Effective Steps to Be Competitive Human Resources.†International Journal of Advanced Science and Technology 29(7):3255–62.
Aziz, Hamka Abdul. 2012. Karakter Guru Profesional: Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan. Jakarta: Al Mawardi Prima.
Blanton, Linda P., Vivian Correa, and Paul T. Sinder. 2006. “Models and Measures of Beginning Teacher Quality.†The Journal of Special Education 40.
Daulay, Haidar Putra. 2004. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Jefferson, Anne L. 2018. “Teacher Training: What’s Needed.†Journal of Further and Higher Education 33(3):281–88.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung : remaja Rosdakarya.
Musfah, Jejen. 2015. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan & Sumber Belajar, Teori Dan Pratik. Jakarta: Prenadamedia.
Nasional, Departemen Pendidikan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Priatna, Tedi. 2012. Etika Pendidikan : Panduan Bagi Guru Profesional. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Safarudiin, Candra Wijaya, and Rahmadi Ali. 2020. “EVALUASI PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MEDAN.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9(2).
Sarnoto, Ahmad Zain. 2011. “Aktualisasi Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih Dalam Pendidikan.†Jurnal Statement 1(1):72–82.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2012a. “Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an.†Profesi 1(2):1–7.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2012b. “URGENSI SUPERVISI PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU.†Statement 2(2):55–66.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2013. “Implikasi Teologis Profesi Guru Dalam Pendidikan.†Madani Institute 2(2):1–7.
Sarnoto, Ahmad Zain, and Andri. 2019. “Pengaruh Profesionalisme Dan Kinerja Tenaga Pendidik Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Di MTs Negeri 1 Subang.†Statement 9(2):49–56.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Suhadi, Edi, Endin Mujahidin, Ending Bahruddin, and Ahmad Tafsir. 2014. “Pengembangan Motivasi Dan Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Madrasah.†Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 3(1):42. doi: 10.32832/tadibuna.v3i1.570.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.
Yusuf, Kadar M. 2013. Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Al-Qur’an Tentang Pendidikan. Jakarta: Amzah.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).