CHALLENGES OF SCIENTIFIC PUBLICATION FOR THEOLOGICAL ACADEMICS IN INDONESIA

Wahyudin Darmalaksana, Busro Busro

Abstract


Penelitian ini berangkat dari suatu kegelisahan akademik mengapa publikasi ilmiah bidang teologi Islam mengalami ketertinggalan yang sangat jauh dari bidang sains dan teknologi yang akseleratif. Sehingga melalui penelitian kualitatif berusaha ditelusuri sebab-sebabnya untuk ditemukan solusinya melalu pelaksanaan focus group discussion. Hasil pembahasan menunjukan bahwa teologi Islam berbasis pada materi dasar Islam, sedangkan sains dan teknologi mengembangkan materi terapan yang menjadi arah kebijakan dunia internasional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belum ada titik temu secara signifikan antara teologi Islam dan sains. Karenanya dikekomendasikan perlu adanya teori yang terhubung dengan realitas dalam konstruksi teori abstrak teologis Islam, teori pertengahan hasil formulasi pemikiran, dan teori aplikatif yang bersifat terapan, sedangkan pengembangan konstruksi ini dimungkinkan melalui kolaborasi antara akademisi teologi Islam dan akademisi sains. Direkomendasikan pula agar pengampu kebijakan memberikan perhatian bagi pengembangan teologi Islam muti-disipliner dan trans-disipliner. Berdasarkan hal ini diprediksi teologi Islam dan sains menjadi seiring dan sejalan dalam akselerasi publikasi di jurnal ilmiah.


Keywords


publikasi ilmiah; Sains dan teknologi; Teologi Islam

References


Adnan, Z. (2005). Merebut Hati Audiens Internasional: Strategi Ampuh Meraih Publikasi di Jurnal Ilmiah. Gramedia Pustaka Utama.

Afwadzi, B. (2016). Memahami Eksistensi Pendekatan Ilmu-ilmu Alam dan Pemahaman Hadis Nabi.

Afwadzi, B. (2017). Integrasi Ilmu-Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial Dengan Pemahaman Hadis Nabi: Telaah atas konsepsi, aplikasi, dan implikasi. Theologia, 28(2), 351–390.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Asmiati, A. (2020). Strategi Publikasi Jurnal Adabiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Aziz, A. (2013). Paradigma Integrasi Sains Dan Agama Upaya Transformasi Iain Lampung Kearah UIN. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 8(2), 67–90.

Badarussyamsi, B. (2015). Spiritualitas Sains Dalam Islam: Mengungkap Teologi Saintifik Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 39(2).

Bahri, S. (2012). Perubahan Paradigma Keilmuan IAIN Menuju UIN Ar-Raniry. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(2), 38–52.

Basri, H. (2019). Teologi Sains: Mengatasi Dikotomi Sains-Agama Perspekif Islam. Jurnal Pemikiran Islam, 5(2).

Darda, A. (2016). Integrasi ilmu dan agama: Perkembangan konseptual di Indonesia. At-Ta’dib, 10(1).

Darmalaksana, W. (2017a). Analisis Kultur Penelitian dan Publikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2017b). Membudayakan group penulisan artikel untuk percepatan publikasi ilmiah.

Darmalaksana, W. (2018). Organisasi Penanggungjawab Publikasi Hasil Penelitian.

Darmalaksana, W. (2019a). Analisis Peningkatan Publikasi Ilmiah Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia. Pusat Studi Data Ushuluddin UIN Bandung.

Darmalaksana, W. (2019b). Strategi Penganggaran Penelitian dan Publikasi Ilmiah.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W., Aziz, W. D. I., Rahmatullah, S., Irwansyah, F. S., Sugilar, H., Maylawati, D. S., & Suhendi, H. Y. (2018). Analisis Ranking Produktivitas Publikasi Ilmiah Berbasis h-Index Google Scholar.

Fadhilaturrahmi, F., Erlinawati, E., & Ananda, R. (2020). Workshop Sinta 2 dan Google Schoolar di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Abdidas, 1(4), 203–209.

Falah, S. (2019). Pelatihan Mendeley dan Anti-Plagiat untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. THE COMMUNITY ENGAGEMENT JOURNAL, 2(2), 1–5.

Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120.

Firmansyah, A., Qadri, R. A., & Arham, A. (2020). Pelatihan melalui Web Seminar terkait Publikasi Artikel untuk Menembus Jurnal Sinta 2 dan Scopus. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2), 131–138.

Gray, R., & Hoyt, J. (2020). Changing Attitudes: Impact of Mandatory Tutoring in Writing Centers. Curiosity: Interdisciplinary Journal of Research and Innovation, 1(1), 12711.

Hadorn, G. H., Hoffmann-Riem, H., Biber-Klemm, S., Grossenbacher-Mansuy, W., Joye, D., Pohl, C., Wiesmann, U., & Zemp, E. (2008). Handbook of transdisciplinary research (Vol. 10). Springer.

Halim, A. (2001). Teologi Islam rasional: Apresiasi terhadap wacana dan praksis Harun Nasution. Ciputat Press.

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan fenomenologi: Pengantar praktik penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180.

Ina, A. A., & Yulianti, N. R. (2020). Pelatihan Implementasi Science and Technology Index (SINTA). Jurnal Berdaya Mandiri, 2(1), 285–294.

Istikomah, I. (2019). Integrasi Sains dan Agama Di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Mengikis Dikotomi Ilmu. Tadrisuna: Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman, 2(1), 66–78.

Jannah, M. (2018). Strategi Peningkatan Publikasi Ilmiah di Universitas Gadjah Mada. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 3(2), 238–248.

Johnson, R. B., Onwuegbuzie, A. J., & Turner, L. A. (2007). Toward a definition of mixed methods research. Journal of Mixed Methods Research, 1(2), 112–133.

Junipriansa, D. (2020). Manajemen Pengetahuan, Manajemen Bakat, dan Dukungan Organisasi Pengaruhnya terhadap Kinerja Dosen dalam Publikasi Ilmiah dengan Keterlibatan Dosen sebagai Variabel Moderasi pada Dosen Fakultas Ekonom.

Kartimi, K., & Mulyani, A. (2016). Analisis Kesiapan Sumber Daya IAIN terhadap Perubahan Status Menjadi UIN Syekh Nurjati Cirebon. Holistik, 1(1).

Kurniasih, N., Hasyim, C., Wulandari, A., Setiawan, M. I., & Ahmar, A. S. (2018). Comparative case studies on Indonesian higher education rankings. Journal of Physics: Conference Series, 954(1), 12021.

Lobner, J., & As, C. O. (n.d.). COVID 19 & Its Implications For The Writing Center.

López-Pellisa, T., Rotger, N., & Rodríguez-Gallego, F. (2020). Collaborative writing at work: Peer feedback in a blended learning environment. Education and Information Technologies, 1–18.

Lubis, M. R. (2015). Pendekatan Ilmu-Ilmu Sosial Dalam Studi Perbandingan Agama. Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 1(1), 19–39.

Lukman, F. (2017). Integrasi-Interkoneksi dalam Studi Hadis Disertasi Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. RELIGIA, 1–11.

Mahmud, M., & Arafah, R. N. (2020). Air Zam-zam dalam Perspektif Hadis dan Sains (Upaya Mendamaikan Agama dan Sains). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 219–223.

Mahyudi, D. (2016). Pendekatan Antropologi Dan Sosiologi Dalam Studi Islam. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 2(2).

Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi Dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa StyleMenggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3), 137–143.

Maryono, M., & Surajiman, S. (2017). Kolaborasi Internal, Domestik dan Internasional Serta Korelasinya dengan Sitasi yang Diperoleh: Analisis Publikasi UGM di Scopus. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(2), 166–177.

McMillan, L., Johnson, T., Parker, F. M., Hunt, C. W., & Boyd, D. E. (2020). Improving Student Learning Outcomes through a Collaborative Higher Education Partnership. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 32(1), 117–124.

Menčik, D. (2020). Perspectivism of Renaisance Thought. Doi: Http://Dx. Doi. Org/10.12681/Eml, 22101.

Misbah, J. (2019). Transformasi Stain Ke UIN Dilema dan Prospektif. Foramadiahi, 10(2), 121–138.

Muhajir, M. (2018). Pendekatan Teologis Normatif. Jurnal An-Nawa, 15(2).

Mujahidah, M., & Wekke, I. S. (2019). Transformasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia.

Mujiburrahman, M. (2017). Dari IAIN ke UIN Pangeran Antasari: Tantangan dan Peluang di Tengah Arus Perubahan Sosial dan Budaya. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 12(1).

Muksin, M. (2019). Perubahan Status Kelembagaan Perguruan Tinggi Agama Islam: Studi Perubahan Iain menjadi UIN dan STAIN menjadi IAIN. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 2(2), 70–84.

Murtadlo, M. (2020). Penguatan Publikasi Internasional Kajian Keagamaan Melalui Call for Paper.

Muttaqin, I. (2020). Supervision Planning at Islamic Education Institutions: Google Scholar Library Studies and Mendeley’s Reference Manager. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 222–238.

Natsir, N F. (2013). Paradigma Wahyu Memandu Ilmu dalam Pembidangan Ilmu-Ilmu Keislaman. Tersedia Online: Http://Www. Uinsgd. Ac. Id/Front/Detail/Mengenal_tokoh/Nanat-Fatah-Natsir.

Natsir, Nanat Fatah. (2006). Pandangan Keilmuan UIN, Wahyu Memandu Ilmu. Bandung: Gunung Djati Press.

Nugraha, M. T. (2020). Integrasi Ilmu dan Agama: Praktik Islamisasi Ilmu Pengetahuan Umum di Perguruan Tinggi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 29–37.

Nurgiyantoro, B., & Gunawan, M. (2004). Statistik terapan untuk penelitian ilmu-ilmu sosial. Cetakan Ketiga (Revisi), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Nurhayati, N. (2018). Kontekstualisasi Teologi Islam sebagai Basis Regulasi Ekologi Transendensi.

Org, A. (2019). The process of essay writing in a literature course: the student’s views and the tutor’s feedback. Estonian Journal of Education/Eesti Haridusteaduste Ajakiri, 7(2).

Penyusun. (2020). Surat Keputusan Dekan Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Nomor: B-875/Un.05/III.1/PP.00.9/05/2020 tentang Penetapan Pedoman Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/31086/

Penyusun, T. (2019). Rencana Strategis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Periode 2019 – 2023. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Perdana, F. J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–93.

Petrykowski, A. (2020). Unexplored Conceptions: What Writing Center Tutors Think about Writing.

Putra, Y. Y., & Saputra, A. (2019). Workshop Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal Nasional Guru SMP Pangkalpinang. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 207–215.

Rahmawati, L. E., & Thalia, N. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS dengan Metode Kolaborasi Pada Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(2), 178–189.

Rakhman, A. B. (2013). Teologi Sosial; Keniscayaan Keberagamaan yang Islami Berbasis Kemanusiaan. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 14(2), 161–182.

Raya, M. K. F. (2017). Model Pengembangan Keilmuan UIN Malang dan UIN Yogyakarta. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 65–82.

Rohmatika, R. V. (2019). Pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner Dalam Studi Islam. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 14(1), 115–132.

Rosa, S. A. S., Irawati, I., Saefullah, D., & Myrna, R. (2020). Partnership Dalam Produktivitas Publikasi Hasil Penelitian di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 11(1).

Saifudin, S. (2020). Integrasi Ilmu Agama Dan Sains: Studi Penulisan Skripsi Di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 78–90.

Schell-Barber, L. A. (2020). Writing Centers between Past and Future: Outstanding Scholarship Award Texts and Student Success. Kent State University.

Shodiq, M. (2018). Pendekatan Tafsir Modern Interpretasi Teologis, Kultural, dan Logis. Al-Burhan| Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 18(2).

Siemann, C. (2020). Writing Center Continuity Plan.

Situmorang, M., & Sihombing, K. (2018). Strategi Mempersiapkan Manuscript Artikel yang Baik untuk Publikasi pada Jurnal Ilmiah Bereputasi. GENERASI KAMPUS, 10(2).

Small, M. L. (2011). How to conduct a mixed methods study: Recent trends in a rapidly growing literature. Annual Review of Sociology, 37.

Subekti, N. B. (2018). Rangking Publikasi Ilmiah Internasional Indonesia.

Sudikan, S. Y. (2015). Pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner dalam studi sastra. Paramasastra, 2(1).

Sugilar, H., Priatna, T., & Darmalaksana, W. (2019). Strategi Perguruan Tinggi dalam meningkatkan Publikasi Hasil Penelitian. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 45–50.

Suharto, T. (2018). Pemetaan Ayat-Ayat al-Qur’an tentang Rumpun Ilmu Agama dalam Perspektif Paradigma Integrasi-Interkoneksi. Intizar, 24(1), 83–102.

Suratman, S., & Eriyanti, E. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Suryadilaga, M. A. (2007). Implementasi Pendekatan Integrasi-Interkoneksi dalam Kajian Living Hadis. Islamic Studies dalam Paradigma Integrasi-Interkoneksi: Sebuah Antologi

Syukur, M. A. (2003). Teologi Islam terapan: upaya antisipatif terhadap hedonisme kehidupan modern. Tiga Serangkai.

Tim Penyusun. (2018). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6994 Tahun 2018 tentang Agenda Riset Keagamaan Nasional (Arkan) 2018–2028.

Tim Penyusun. (2019). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2498 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Integrasi Ilmu di PTKI.

Triyanto, T., Yana, R. H., & Nurkhalis, N. (2020). Sosialisasi Mendeley Pada Mahasiswa Universitas Teuku Umar. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 7–21.

Viale Pereira, G., Cunha, M. A., Lampoltshammer, T. J., Parycek, P., & Testa, M. G. (2017). Increasing collaboration and participation in smart city governance: a cross-case analysis of smart city initiatives. Information Technology for Development, 23(3), 526–553.

Wekke, I. S. (2019). Menulis Artikel untuk Publikasi di Jurnal Bereputasi.

Yamin, M. (2018). Kebijakan Literasi Untuk Meningkatkan Produktivitas Publikasi di Perguruan Tinggi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 2(1), 19–26.

Zainiyati, H. S. (2015). Landasan Fondasional Integrasi Keilmuan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Ampel Surabaya. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 10(01), 248–276.

Zaluchu, S. E. (2018). Mengkritisi Teologi Sekularisasi. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 4(1), 26–38.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v10i01.1228 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Wahyudin Darmalaksana, Busro Busro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.