Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1169Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah tercapainya desain pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan, pembelajaran yang efektif dan efisien. Seiring berkembangnya teknologi informasi, diharapkan guru bisa memanfaatkan teknologi multimedia dalam proses pembelajaran. Selain itu melaui tulisan ini, diharapkan guru bisa mendesain pembelajaran dengan efektif dan efisien, melaui model pembelajaran Assure. Dalam penulisan artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mendeskripsikan desain model pembelajaran Assure berbasis multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Assure berbasis multimedia ini bisa menambah variasi pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan menagalisis karakteristik siswa, gaya belajar, pemilihan metode, media dan bahan ajar yang sesuai, serta melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
Â
Keyword: Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Model Assure, Multimedia
References
Arylien Ludji Bire, Uda Geradus, Josua Bire. “Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa.†Jurnal Pendidikan 44, no. 2 (2014).
Baharun, Hasan. “Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE†(n.d.).
Dali. “Rasional Ciri-Ciri Reka Bentuk Instruksional Model ASSURE Dalam Penggunan Courseware Pengajaran Dan Pembelajaran, Jurnal Penelitian Sultan Idris Education University†1, no. 2 (2011): 1–8.
Elya, Monica Hotma. “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengaruh Metode Bercerita Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Abstrak.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2020): 302–315.
Hacbarth, S. “The Educational Technology Handbook. New Jersey.†Educational Technology Publications Inc. (1996).
Ismail, Ali, and Surya Gumilar. “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa.†Jurnal PETIK 5, no. September (2019): 9–17.
Kartikasari, Galuh. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo.†Dinamika Penelitian 63 (2016).
Luk Luk Nur Mufidah. “Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak.†Martabat :Jurnal Perempuan dan Anak 1, no. 2 (2017): 246–259.
Moleong, L., J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Multimedia, Pengembangan, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar, Berbasis Budaya, and Lokal Masyarakat. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Flores.†Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 2, no. 3 (2017): 151–162.
Nawawi. “Mendesain Pembelajaran Efektif Berdasarkan Model ASSURE†1 (2018): 1302–1307.
Phillips, R. The Developer’s Handbook to Interactive Multimedia: A Practical Guide for Educational Applications. London: Kogan Page, 1997.
Pribadi. Model ASSURE Untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat, 2011.
Rasidi, Tessa Qoriah. “Implementasi Desain Pembelajaran ASSURE Model Pada Mata Pelajaran PAI.†Atthulab 1, no. 2 (2016): 32. https://dspace.ups.edu.ec/bitstream/123456789/5224/1/UPS-QT03885.pdf.
Syahril, S. “Pengembangan Desain Model ASSURE Pada Pembelajaran IPS SD/MI.†Tarbiyah al-Awlad (2018): 65–75. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/1592.
Taufik, Ahmad, Universitas Wahid, and Hasyim Semarang. “Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa.†Syamil 7, no. 2 (2019).
Technische Universtität München, Ludiwg-Maximilians-Universität München. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik.†e-conversion - Proposal for a Cluster of Excellence (2018).
Wahyudi, Nanang Gesang, Sri Anitah, and Muhammad Akhyar. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran PAI Kelas V Di SDIT Al-Hasna Klaten.†TEKNODIKA 16, no. 01 (2016): 10–21.
Widia Maya Sari, Endang Susiloningsih. “Penerapan Model ASSURE Dengan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis†9, no. 1 (2015): 1468–1477.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).