IMPLEMENTASI SADD DAN FATH AL-DZARI’AH DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK BORDIR DI SENTRA INDUSTRI BORDIR KOTA TASIKMALAYA

Yusep Rafiqi, Heni Sukmawati, Agus Ahmad Nasrulloh

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tentang strategi pemasaran berbasis syariah yang menggabungkan antara analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunity, Treatment) dan analisis sadd dan fath al-dzari’ah dalam ranah penalaran hukum Islam. Disadari bahwa strategi pemasaran merupakan sistem logika pemasaran yang berhubungan dengan segmentasi pasar, menetapkan target pasar yang diinginkan dan yang ingin dimasuki, melakukan diferensiasi pasar, serta memposisikan produk pada pasar yang unggul. Analisis SWOT adalah instrumen yang masih dipandang ampuh dalam melakukan analisis stratejik. Sementara analisis dengan penalaran sadd dan fath al-dzari’ah merupakan sistem logika penalaran hukum yang sering digunakan dalam ranah sosio-ekonomi (muamalah iqtishadiyah). Analisis strategi dengan menggunakan analisis SWOT hanya menyarankan apa yang harus dilakukan bukan bagaimana melakukannya. Dengan analisis sadd dan fath al-dzari’ah, pada akhirnya strategi pemasaran bisa sampai pada bagaimana yang seharusnya dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif normatif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah pengusaha bordir di sentra industri bordir  Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket/kuesioner, dan analisis data menggunakan teknik analisa SWOT pendekatan IFAS dan EFAS. Berdasarkan tabel Internal Factors Analysis Summary (IFAS) Pemasaran usaha bordir di Sentra Industri Bordir Kota Tasikmalaya diperoleh skor 2,94 dan dari tabel External Factors Analysis Summasry (EFAS) diperoleh skor 2,95 yang berarti Sentra Industri Bordir Kota Tasikmalaya masih mempunyai daya saing yang tinggi. Dengan menutup sarana (sadd al-dzariah) terjadinya penetapan harga yang tidak terukur (ghabn fahisy/excessive) dan saling klaim atas disain industri, serta membuka (fath) kesadaran penuh akan produk yang dipatenkan, maka strategi pemasaran produk pada sentra industri bordir Kota Tasikmalaya akan mencapai hasil yang maksimal.

References


Kamilah, S. dan Fadilah, N. (2018). Marketing Syariah: Studi Analisis Produk Kenzie di Gudo Jombang. Jurnal Al-Nisbah, 04(02).

Mauli, C. dan Nisa, K. (2019). Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual. Jurnal Al-Nisbah, 05(02).

Rafiqi, Y. (2016). Al-Dhawābith Al-Fiqhiyyah yang Berkaitan dengan Jual Beli (Tinjauan Ringkas dalam Himpunan Undang-Undang Hukum Perdata Daulah Utsmaniyah: Majallah Al-Ahkâm Al-‘Adliyyah). Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Islam, 4(7).

Sumber dari Buku

Abdillah Al-Syaukani, M.A.M. (1999). Irsyad Al-Fuhul fi Tahqiq Al-Haqq min ‘Ilm Al-Ushul. Beirut: Dar Al-Kitab Al-Arabi, Juz II.

Ahmad bin Idris bin Abd Rahman Al-Qarafi Al-Maliki, A.M.A. (2003). Syarh Tanqih Al-Fushul. Beirut: Dar Al-Fikr.

Al-Gharnathi Al-Syathibi Al-Maliki. (1997). Al-Muwafaqat fi Ushul Al-Fiqh. Beirut: Dar Ibn Affan, Juz II.

Al-Lajnah Al-Daimah li Al-Buhuts Al-Ilmiyyah wa Al-Ifta’. (t.t.). Fatawa Al-Lajnah Al-Daimah. Riyadh: Riasah Idarah Al-Buhuts Ilmiyyah wa Al-Ifta’, Juz XIII.

Auda, J. (2008). Maqasid Al-Shariah: an Introductory Guide. Herndon: International Institute of Islamic Thought, (IIIT).

Bahadir Al-Zarkasyiy, M.A. (1414 H/1994 M). Al-Bahr Al-Muhith fi Ushul Al-Fiqh. Kairo: Dar Al-Kutub, Juz VIII.

Hisyam Al-Burhani, M. (1985). Sadd Al-Dzara’i fi Al-Syariah Al-Islamiyyah. Damaskus: Dar Al-Fikr.

Kamali, M.H. (2013). Membumikan Syariah. Bandung: Mizan.

Manzhur Al-Afriqi Al-Mishri, M.M. (1414 H.). Lisan Al-‘Arab. Beirut: Dar Al-Shadir, Juz 3.

Zahrah, M.A. (t.t.). Ushul Al-Fiqh. Kairo: Dar Al-Fikr Al-Arabi.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/am.v7i02.591 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yusep Rafiqi, Heni Sukmawati, Agus Ahmad Nasrulloh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

OUR VISITOR