INOVASI SEFL-SERVICE TECHNOLOGY DALAM PELAYANAN UMRAH PASCA PANDEMI COVID-19 (Study Pada PT. PATUNA Mekar Jaya Kantor Cabang Bengkulu)

Authors

  • Ahmad Nabila Karim UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU, Indonesia
  • Asnaini Asnaini UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU, Indonesia
  • Evan Setiawan UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v6i02.2400

Abstract

Perkembangan teknologi yang kian pesat di era ini dan adanya bencana berupa virus corona yang menyerang hampir di seluruh penjuru dunia. Secara tidak langsung memaksa kita untuk mengurangi interaksi dan juga memaksa untuk beralih era yang serba digital. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan dan perkembangan self-service technology dalam hal inovasi pelayanan umrah pasca pendemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa wawancara terhadap PT. PATUNA Mekar Jaya yang ada di Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan self-service technology dalam pelayanan umrah yang telah diterapkan oleh PT. PATUNA Mekar Jaya berupa website yang lebih dioptimakan semenjak adanya pandemi, di dalam wesite tersebut para jamaah dapat memperoleh informansi terkait haji dan umrah, juga dapat melakukan transaksi peket umrah yang ditawarkan di dalam website tersebut. Media sosial platform seperti instagram sebagai media untuk melakukan promosi dalam hal paket-paket serta pengalaman dari berbagai jamaah melakukan perjalanan umrah mengunakan jasa PT. PATUNA Mekar Jaya. Perkembangan self-service technology dalam pelayanan umrah di PT. PATUNA Mekar Jaya berupa teknologi berbasis aplikasi. Gohalalgo menyediakan berbagai fitur untuk kebutuhan umat seperti aplikasi ibadah, marketplace umroh haji, wisata halal.

References

Aan Komariah dan Djam’an Satori. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Adrian Payne. (2000). Pemasaran Jasa (The Essence of Service Marketing). Andi Offset: Yogyakarta.

A.S Moenir. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Curran, J. and Meuter, M. (2005) Self-Service Technology Adoption: Comparing Three Technologies, Journal of Services Marketing, 19(2), pp.103-13.

Harahap, R. A. (2019). Perencanaan Peningkatan Pelayanan Jamaah Haji dan Umrah Pada Travel An Cipta Wisata Cabang Riau Pekanbaru. Skripsi. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim.

Husein, Umar. (2003). Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kasmir. (2005). Pemasaran Jasa. Jakarta: Graya Grafindo Persada.

Kifli, dzul. (2010). Manajemen Pelayanan Jamaah Haji dan Umrah PT. PATUNA Tour and Travel. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Kontributor, “Digitalisasi Haji dan Umrah dan Ibadah Bi Salamin Amininâ€, (https://kemenag.go.id/read/digitalisasi-haji-dan-umrah-di-saudi-dan-ibadah-bi-salamin-aminin-18nzd, diakses pada 12 Januari 2022, 09.43 WIB).

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran: Marketing 9e Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, Jilid 1, Jakarta: PT. Prenhallindo.

Mahrun, R. S. (2020). Pengaruh Self-Service Technology dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Meuter, M.L., Ostrom, A.L., Rounders, R.I., and Bitner, M.J. (2000). Self-service technologies: understanding customer satisfaction with technology-based service encounters. Journal of Marketing, Vol. 64: 50-64.

Noor, M. (2018). Haji dan Umrah. Jurnal Humaniora Teknologi, 4(1), 38-42.

Rosyidah, N., Lestari, A. A. (2021). Pengaruh Self-Service Technology Quality Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel (Studi Pada Pelanggan Mc Donald’s di Surabaya). Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 14-27.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Wijaya, A. (2020). Implementasi Konsep Self Service Technology (SST) Pada Model Bisnis Restoran. Jurnal Inovasi Bisnis, 3(2), 63-66.

Wicaksono, B. S., Kumadji, S., Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Self-Service Technology Terhadap Kepercayaan, Kepuasan Nasabah, dan Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Malang Kawi Kanwil Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(2), 1-10.

Published

2022-09-30

How to Cite

Karim, A. N., Asnaini, A., & Setiawan, E. (2022). INOVASI SEFL-SERVICE TECHNOLOGY DALAM PELAYANAN UMRAH PASCA PANDEMI COVID-19 (Study Pada PT. PATUNA Mekar Jaya Kantor Cabang Bengkulu). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(02), 251–266. https://doi.org/10.30868/ad.v6i02.2400

Citation Check