UPAYA GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ALQUR’AN PESERTA DIDIK (Studi Kelas VIII Takhassus di SMP IT Baitul Ilmi Cianjur Tahun Ajaran 2019/2020)

Authors

  • Jamjami Jamjami STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Wahidin STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.932

Keywords:

guru, hafalan Al-Qur’an, peserta didik

Abstract

Berdasarkan hafalan Al-Qur’an peserta didik, peneliti melakukan penelitian kualitatif untuk mendapatkan informasi secara mendalam, mencatat, menggambarkan, menganalisis, dan menginterpretasikan objek yang diteliti, hal demikian dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Kelas VIII Takhassus SMP IT Baitul Ilmi Cianjur pada tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukan upaya guru tahfiz antara lain: 1) Memberikan motivasi, membuatkan target hafalan, menyetorkan hafalannya, dan memberikan ijazah. 2) Faktor pendukung: lingkungan yang nyaman, kemampuan menghafal yang cepat, sarana prasarana yang mendukung, dan kuatnya keyakinan. 3) Faktor penghambat: kurangnya pengawasan, sibuk dengan perkara lain, kurangnya muraja’ah, dan manajemen waktu kurang baik. 4) Solusi dari faktor penghambat: meningkatkan pengawasan, mengarahkan agar fokus hanya kepada Al-Qur’an, menjadwalkan muraja’ah rutin, dan mengatur waktu dengan sebaik-baiknya.

References

Hidayat Ginanjar, M. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Pengaruh terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(1).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).

Purnama, R. (2018). â€Strategi Mudir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor). Skripsi. Bogor: STAI Al-Hidayah.

Wahidin, A. (2017). Filosofi Manusia Sebagai Pendidik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07).

Wahidin, A. (2018). Dialektika Rasulullah terhadap Al-Qur’an . Al Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 03(02).

Sumber dari Buku

Departemen Agama. (2011). Al-Qur’an dan terjemahnya. Bekasi: Cipta Bagus Segara.

Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, T. (2016). Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Semarang.

Nusa, P dan Lisnawati, S. 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung. PT Remaja Rosdakarya..

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sarbini, M. (2014). Pendidikan Rabbani di Masa Rasulullah ‘Shalallohu ‘Alaihi Wa Sallam. Bogor: Marwah Indo Media.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Jamjami, J., Maya, R., & Wahidin, A. (2020). UPAYA GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ALQUR’AN PESERTA DIDIK (Studi Kelas VIII Takhassus di SMP IT Baitul Ilmi Cianjur Tahun Ajaran 2019/2020). Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01), 15–23. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.932

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>