UPAYA GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ALQUR’AN PESERTA DIDIK (Studi Kelas VIII Takhassus di SMP IT Baitul Ilmi Cianjur Tahun Ajaran 2019/2020)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.932Keywords:
guru, hafalan Al-Qur’an, peserta didikAbstract
Berdasarkan hafalan Al-Qur’an peserta didik, peneliti melakukan penelitian kualitatif untuk mendapatkan informasi secara mendalam, mencatat, menggambarkan, menganalisis, dan menginterpretasikan objek yang diteliti, hal demikian dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Kelas VIII Takhassus SMP IT Baitul Ilmi Cianjur pada tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukan upaya guru tahfiz antara lain: 1) Memberikan motivasi, membuatkan target hafalan, menyetorkan hafalannya, dan memberikan ijazah. 2) Faktor pendukung: lingkungan yang nyaman, kemampuan menghafal yang cepat, sarana prasarana yang mendukung, dan kuatnya keyakinan. 3) Faktor penghambat: kurangnya pengawasan, sibuk dengan perkara lain, kurangnya muraja’ah, dan manajemen waktu kurang baik. 4) Solusi dari faktor penghambat: meningkatkan pengawasan, mengarahkan agar fokus hanya kepada Al-Qur’an, menjadwalkan muraja’ah rutin, dan mengatur waktu dengan sebaik-baiknya.References
Hidayat Ginanjar, M. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Pengaruh terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).
Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(1).
Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).
Purnama, R. (2018). â€Strategi Mudir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor). Skripsi. Bogor: STAI Al-Hidayah.
Wahidin, A. (2017). Filosofi Manusia Sebagai Pendidik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07).
Wahidin, A. (2018). Dialektika Rasulullah terhadap Al-Qur’an . Al Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 03(02).
Sumber dari Buku
Departemen Agama. (2011). Al-Qur’an dan terjemahnya. Bekasi: Cipta Bagus Segara.
Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, T. (2016). Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Semarang.
Nusa, P dan Lisnawati, S. 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung. PT Remaja Rosdakarya..
Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sarbini, M. (2014). Pendidikan Rabbani di Masa Rasulullah ‘Shalallohu ‘Alaihi Wa Sallam. Bogor: Marwah Indo Media.