IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DENGAN SISTEM PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEKOLAH ALAM BOGOR TAHUN AJARAN 2019-2020

Authors

  • Neneng Ita Juwitasari STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.931

Keywords:

implementasi, PAI, Budi, Pekerti, sistem, pendidikan, inklusi, ABK

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti mempunyai peran penting salah satunya yaitu mengurangi pengaruh negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi baik untuk anak reguler ataupun Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Sehingga penting bagi ABK untuk mendapatkan PAI dan Budi Pekerti dalam sistem pendidikan inklusi SMP Sekolah Alam Bogor secara lebih mendalam. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif interpretatif. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui tahap  perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan sistem pendidikan inklusi bagi ABK di SMP Sekolah Alam Bogor, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat, serta solusi yang harus dilakukan. Peneliti berharap, setelah penelitian ini selesai, sistem pendidikan inklusi dapat lebih dalam lagi memberikan pengetahuan PAI dan budi pekerti kepada ABK. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam sistem pendidikan inklusi bagi ABK di SMP Sekolah Alam Bogor sudah baik dalam hal implementasinya, dan ditemukan juga faktor-faktor penghambat implementasi PAI dan Budi Pekerti dalam sistem pendidikan inklusi di SMP Sekolah Alam Bogor

References

Hidayat, N. (2015). Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Global. Yogyakarta: Jurnal El-Tarbawi.

Kurniawan. (2014). Implementasi kebijakan Sekolah Dasar Inklusi. V. 3. Bogor: Jurnal STAI Al Hidayah.

Kurniawan, I. (2015). Implementasi Pendidikan bagi Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar Inklusi. V. 4. Bogor: Jurnal STAI Al Hidayah.

Maya, R. (2014). Analisa Kebijakan Publik Konversi IAIN menjadi UIN. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(05).

Maya, R. (2016). Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam: Upaya Menjawab Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 05(09).

Maya, R. (2017) Karakter (Adab)Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’I Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Priyatna, M (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Muhtadi, A. (2010). Strategi untuk mengimplementasikan Pendidikan Budi Pekerti secara efektif di sekolah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. 08(01).

Sadiah, Maya, R., dan Wahidin, U, (2018) Implementasi Model Pembelajaran dalam Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an di Majelis Taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Prosa PAI, 1 (01)

Sholichah, A.S. (2018). Teori-teori Pendidikan dalam Al-Quran. V. 7. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan islam.

Supriyanto, dkk. (2019). Implementasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana Muslim di Pesantren Al-Hidayah Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A. Bogor: Prosa Al-Hidayah.

Referensi dari Buku:

Safar, M. (2019). Special Needs Green Therapy. Margomulyo: Sekolah Alam Baturraden.

Referensi dari Internet:

Aljauhari, B.R. (2017). 10 Dampak Globalisasi di Bidang Pendidikan beserta Contohnya, dalam: https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/dampak-globalisasi-di-bidang-pendidikan.

Ghoni, A. (2019). Islam Sangat Menjunjung Tinggi Perbedaan, dalam: https://m.inilah.com/news/detail/2556403/islam-sangat-menjunjung-tinggi-perbedaan.

KBBI. (2016). Kemdikbud: https://kbbi.kemdikbud.go.id.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Juwitasari, N. I., Maya, R., & Priyatna, M. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DENGAN SISTEM PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEKOLAH ALAM BOGOR TAHUN AJARAN 2019-2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01), 1–14. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.931

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>