KONSEP RU'YAH ALLĀH DALAM ALQURAN (Studi Komparatif Tafsir Karya al-Zamakhsharī dan al-Saʻdī)

Authors

  • Nisrina Nisrina Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Solahudin Solahudin Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ibrahim Bafadhol Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Ruʻyah Allāh, al-Zamakhsharī dan al-Saʻdī

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ruÊ»yah AllÄh (melihat AllÄh) dalam pandangan para cendekia Muslim, mengetahui biografi al-ZamakhsharÄ« dan al-SaÊ»dÄ« serta menelusuri pandangan ru'yah AllÄh menurut al-ZamakhsharÄ« dan al-Sa’dÄ«. Metodologi tafsir yang digunakan adalah  mauá¸u’i dan muqaran. Metode tafsir mauá¸u’i digunakan untuk mengumpulkan ayat-ayat yang berkaitan dengan ru'yah AllÄh. Sedangkan metode muqaran digunakan untuk membandingkan penafsiran ayat-ayat ru'yah AllÄh antara al-ZamakhsharÄ« dan al-Sa’dÄ«. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah tafsir al-KashshÄf karya al-ZamakhsharÄ« dan tafsir al-Sa’dÄ« karya al-SaÊ»dÄ«. Kemudian sumber data sekunder berupa buku-buku atau artikel. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa al-ZamakhsharÄ« dan al-Sa’dÄ« menafsirkan sama bahwa AllÄh tidak dapat dilihat di dunia. Kemudian al-ZamakhsharÄ« dan al-Sa’dÄ« menafsirkan berbeda ketika melihat AllÄh di akhirat. Al-ZamakhsharÄ« berpendapat bahwa AllÄh tidak dapat dilihat di akhirat. Sedangkan al-Sa’dÄ« berpendapat bahwa orang-orang Mukmin akan melihat AllÄh di akhirat dan orang-orang Kafir terhalang dari melihat AllÄh. Sebab perbedaan pendapat tersebut cenderung dipengaruhi oleh mazhab yang dianut mufassir.

References

Sumber dari Jurnal atau Penelitian

Husnul, Achmad. (2012). Penafsiran Ayat-Ayat Tentang Penciptaan dan Kemampuan Jin (Studi Komparatif Tafsir Karya al-ZamakhsharÄ« dan al-RÄzi). Semarang: IAIN Walisongo.

Mahyuddin. (2015). Tesis: TaisÄ«r al-KarÄ«m al-Raḥīm fÄ« TafsÄ«r KalÄm al-MannÄn Karya Al-SaÊ»dÄ«. Makassar: UIN Alauddin.

Sumber dari Buku

Al-AtharÄ«, Ê»Abd AllÄh Ê»Abd al-ḤamÄ«d. (2016). Al-WajÄ«z fÄ« ‘Aqidah al-Salaf al-á¹¢ÄlÄ«h (Intisari Aqidah Ahlus Sunnah wal JamaÊ»ah). Terj. Farid bin Muhammad Bathathy. Jakarta: Pustaka Imam SyafiÊ»i.

Al-DhahabÄ«, Shams al-DÄ«n AbÅ« ‘Abd AllÄh Muḥammad bin Aḥmad bin ‘UthmÄn. (1427). SÄ«ar A’lÄmin al-NubalÄ'. Kairo: DÄr al-ḤadÄ«th.

Al-HanafÄ«, ImÄm Ibn Abil Izz. (2015). Al-Minḥah al-IlÄhiyah fÄ« Tahẓīb Sharh Al-ṬaḥÄwiyah (Tahdzib Syarah Aqidah Thahawiyah). Terj. Izzudin Karimi,Lc. Jakarta: Darul Haq.

Al-IfriqÄ«, Ibn Manẓūr Al-Aná¹£arÄ« Al-Ruwaifiʻī. (1414). LisÄn al-Ê»arab. Bairut: DÄr á¹¢Ädar.

Al-JazÄirÄ«, AbÅ« Bakr JÄbir. (2017). MinhÄj al-MuslÄ«m (Minhajul Muslim). Ter. Musthofa Ê»Aini, Lc dkk. Jakarta: Darul Haq.

Al-Khumayyis, Muḥammad bin ‘Abd al-RaḥmÄn. (1412). I’tiqÄd al-Aimmah al-Arba’ah. Saudi Arabia: Mamlakah al-‘Arabiyyah al-Su’ūdiyyah.

Al-LÄlikÄÄ«, AbÅ« al-QÄsim Hibah AllÄh bin al-Ḥasan. (1423). Sharh UsÅ«l I’tiqÄd Ahl al-Sunnah wa al-JamÄ’ah. Saudi Arabia: DÄr Ṭayyibah.

Al-MagrÄwÄ«, AbÅ« Sahal Muḥammad bin Ê»Abd Al-RaḥmÄn. MausÅ«Ê»ah MawÄfiq al-Salaf fÄ« al-Ê»AqÄ«dah wa al-Manhaj al-Tarbiyyah. Kairo: al-Maktabah al-IslÄmiyyah Lilnashr wa al-TauzÄ«Ê».

Al-Muá¹£lih, Khalid bin Ê»Abd AllÄh bin Muḥammad. (1421). Sharh al-Ê»AqÄ«dah al-WÄsiá¹­iyah min kalÄm Shaikh al-IslÄm Ibn Taymiyah. DamÄm: Dar Ibn al-JauzÄ«.

Al-NaisÄbÅ«rÄ«, MuslÄ«m bin ḤajjÄj Abu al-HasÄn Al-QushairÄ«. Al-Musnad al-á¹¢ahÄ«h al-Mukhtasar binaql al-Ê»Adl Ê»an al-Ê»Adl ilÄ RasÅ«lillahi á¹£allallÄhu Ê»alaihi wasallam (á¹¢ahÄ«h al-MuslÄ«m). BairÅ«t: DÄr al-IḥyÄ' al-TurÄth.

Al-Qaá¹­á¹­Än, MannaÊ». (2016). MabÄhits fÄ« Ê»UlÅ«m Alquran (Dasar-Dasar Ilmu Alquran). Terj Umar Mujtahid, Lc. Jakarta: Ummul Qura.

Al-SaÊ»dÄ«, Ê»Abd Rahman Ibn NÄá¹£ir. (2015). TaisÄ«r al-KarÄ«m al-RaḥmÄn fÄ« TafsÄ«r al-KalÄm al-MannÄn. Terj. Muhammad Iqbal, Lc dkk. Jakarta: Darul Haq.

Al-SaÊ»dÄ«, Ê»Abd al-RaḥmÄn Ibn NÄá¹£ir. (1407). TaysÄ«r KarÄ«m al-RaḥmÄn fÄ« TafsÄ«r KalÄm al-MannÄn. Unaizah: al-Mamlakah al-Ê»Arabiyah al-Suʻūdiyah.

Al-UthaimÄ«n, Muḥammad Ibn á¹¢Äliḥ. (2019). TaqrÄ«b al-Tadmuriyyah (Jalan Selamat Dalam Memahami Sifat-Sifat AllÄḥ, SyariÊ»at dan Takdir). Terj. Izzudin Karimi, Lc. Jakarta: Darul Haq.

Al-ZamakhsharÄ«, AbÅ« al-QÄsim JÄr AllÄh Muḥammad bin ‘Umar bin Muḥammad. (1407). Al-KashshÄf ‘an HaqÄiq gawÄmiḠal-TanzÄ«l wa ‘UyÅ«n al-AqÄwÄ«l fÄ« WujÅ«h al-Ta`wÄ«l. BairÅ«t: DÄr al-KitÄb al-‘ArabÄ«).

Al-ZamakhsharÄ«, AbÅ« al-QÄsim JÄr AllÄh Muḥammad bin ‘Umar bin Muḥammad. (1430). Al-KashshÄf ‘an HaqÄiq gawÄmiḠal-TanzÄ«l wa ‘UyÅ«n al-AqÄwÄ«l fÄ« WujÅ«h al-Ta`wÄ«l. BairÅ«t: DÄr al-Marifah).

Ḥanbal, AbÅ« ‘Abd AllÄh Aḥmad bin Muḥammad. (1411). Uṣūl al-Sunnah. Saudi Arabia: DÄr al-ManÄr.

Machasin. (2002). Al-QÄá¸Ä« ‘Abd al-JabbÄr: Mutasyabih Alquran Dalih Rasionalitas Alquran. Yogyakarta: LKIS.

MÄhan, AbÄ« ḤanÄ«fah al-Nu’mÄn bin ThÄbit bin ZÅ«ta. (1419). Al-Fiqh al-Akbar. Emirat Arab: Maktabah al-FurqÄn.

Rusli, Risʻan. (2019). Theologi Islam (Telaah Sejarah dan Pemikiran Tokoh-Tokohnya), Jakarta: Kencana.

Sharif, M.M. (2017). Aliran-Aliran Filsafat Islam. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Umar, Husein. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Skripsi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2020-09-20

How to Cite

Nisrina, N., Solahudin, S., & Bafadhol, I. (2020). KONSEP RU’YAH ALLÄ€H DALAM ALQURAN (Studi Komparatif Tafsir Karya al-ZamakhsharÄ« dan al-SaÊ»dÄ«). ProsA IAT: Prosiding Al Hidayah Ilmu Al-Quran Dan Tafsir, 1(1), 20–31. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/piat/article/view/1009

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.