PERAN TPA RUMAH QURAN DARUL ATFAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN

Authors

  • M Yasyakur STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor , Indonesia
  • Herman Herman STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/khidmatul.v6i01.8796

Abstract

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) merupakan salah satu dari tempat mengembangka dan meningkatkan pendidikan anak pada usia dini sebagai salah satu sarana mengenalkan anak membaca dan menulis Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) Rumah Quran Darul Atfal dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran di kalangan santri. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam dengan pengelola, pengajar, dan orang tua santri, serta observasi langsung di lingkungan TPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPA Rumah Quran Darul Atfal menerapkan berbagai metode pengajaran yang inovatif, termasuk teknik penghafalan yang terstruktur dan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Selain itu, dukungan motivasi dari pengajar dan orang tua berperan penting dalam mendorong santri untuk aktif menghafal Al-Quran. Dampak positif dari penghafalan Al-Quran terlihat dalam perkembangan spiritual dan moral anak-anak, yang tercermin dalam peningkatan karakter dan disiplin. Meskipun terdapat tantangan dalam proses pengajaran, seperti tingkat konsentrasi santri yang bervariasi, TPA berhasil mengimplementasikan solusi yang efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai kontribusi TPA dalam pendidikan Al-Quran dan pengembangan karakter generasi muda

References

Via Nur Aulia. (2023). Metode Iqro’ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. Al Jayyid: Jurnal Pendidikan IslamAnak Usia Dini. 2(1). https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/60/18.

Yopi Putri Ramadani, Ade Yulia Asdiana, dkk. (2022). Peningkatan Kemampuan MembacaDan MenghafalAl-qur’an Anak TPADi Desa Donohudan, Ngemplak, Boyolali. SIDOLUHUR : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 02, No. 02, Desember2022. https://journal.uniba.ac.id/index.php/jpm/article/view/504/309.

Achmad Abdul Hawabi, Khosiah, Raden Sudarwo, Irma Setiawan, Miftahul Jannah, Samsinari, Nurmawarti, Puput Bestar, Debi Yatri, Herlina Eva Cahya Trisnawati Dewi. (2024). Peningkatan kemampuan membaca Al-Quran pada anak melalui bimbingan mengaji di taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Darul Mubtadi’ Desa Masbagik Utara. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Volume 8, Nomor 4, https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/27238/10966.

Putri Dwi Rahmawati, Siti Khodijah, Abdul Ghofur, Rizky Ashil Pratama, Fathia Latifatunnisa, dan Muhammad Dzikri Alfarras. (2024). Menggali Nilai-Nilai Karakter Melalui Pendidikan Al-Quran: Studi Kasus di TPA-TPA Terpilih. Menggali Nilai-Nilai Karakter Melalui Pendidikan...307Journal of Qur’an and Hadith Studies, Volume 13, No. 2. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/journal-of-quran-and-hadith/article/view/40409/pdf.

Rizky Pratama Putra, Muhamad Amrulloh, Akhmadiyah Saputra. (2024). Peran Rumah Tahfizh Jaringan Rumah Qur’an Haramain Karangpandan dalam Penyelenggaran Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Riset Multidisiplin dan Inovasi Teknologi, Volume 2 Issue 01. https://doi.org/10.59653/jimat.v2i01.373.

Wawancara Degnan Guru Pembimbing Hrs.

Wawancara Dengan Guru Pembimbing Ustadz Hsn.

Wawancara dengan Pihak Manajemen Kang YungliFz.

Wawancara dengan pendiri TPA RQDA 13 Mei 2025 H. Nzr.

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Yasyakur, M., Sarifudin, A., & Herman, H. (2025). PERAN TPA RUMAH QURAN DARUL ATFAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(01), 55–62. https://doi.org/10.30868/khidmatul.v6i01.8796

Citation Check