Penguatan Peran Serta Keluarga Dan Masyarakat Tentang Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Keluarga di Desa Cinangneng Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Bara
DOI:
https://doi.org/10.30868/khidmatul.v4i02.5945Keywords:
Keluarga, Masyarakat, Penguatan, Peran, Pendidikan IslamAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat peran serta keluarga dan masyarakat dalam memberikan pendidikan Islam dalam keluarga di Desa Cinangneng, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan partisipatif dan kolaboratif dengan masyarakat setempat. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga dan masyarakat membutuhkan dukungan dan penguatan dalam memberikan pendidikan Islam kepada anak-anak. Penguatan peran serta keluarga dan masyarakat dapat dilakukan melalui penyuluhan, pelatihan, dan pemberian bimbingan dalam pelaksanaan pendidikan Islam di keluarga. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di keluarga sehingga dapat menciptakan generasi muda yang berakhlakul karimah dan dapat membangun masyarakat yang lebih baik.
References
Abdul Hamid. (2013). Pendidikan keluarga dalam Islam: Konsep dan implementasinya. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-14.
Abdullah, A. (2015). Konsep Pendidikan dalam Islam. Jakarta: Kencana.
Djalaluddin, H. (2010). Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Effendy, B. (2016). Metodologi Penelitian Sosial dan Kualitatif. Bandung: Refika Aditama.
Huda, N. (2012). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Ibrahim, M. H. (2018). Pendidikan keluarga dalam Islam: Konsep dan nilai. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 1-14.
Muhammad, A., & Sani, A. (2017). Peran pendidikan keluarga dalam membentuk karakter anak pada masyarakat Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 164-180.
Nasution, S. (2017). Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Saifuddin, A. (2018). Pendidikan Islam dalam Bingkai Teologi. Jakarta: Kencana.
Yusuf, I. (2019). Pendidikan keluarga dalam Islam: Konsep dan praktik. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1-14.
Yusuf, M. (2015). Pendidikan Islam: Teori, Konsep, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Terms that must be met by the Author as follows:- The author saves the copyright and grants the journal the first right of publishing the manuscript simultaneously under license under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of job authorship and early publication in this journal.
- The author may incorporate into additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich-issue journals (eg posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their original publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful cites from published works.