Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an di Desa Bakalan Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.30868/khidmatul.v4i01.4813Keywords:
Al-Qur’an, Buta Huruf, Desa BakalanAbstract
Â
ABSTRAK
Al-Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup bagi umat Islam. Agar seseorang bisa meraih petunjuk Al-Qur’an, ia harus berinteraksi dengannya secara benar. Setelah mengimani Al-Qur’an, ia harus belajar membacanya. Menurut data tahun 2020, dari 229 juta jiwa jumlah penduduk Muslim di Indonesia, 65% atau 149 juta jiwa belum bisa membaca Al-Qur’an. Hal ini menjadi PR bersama umat Islam di negeri ini. Berangkat dari masalah ini, dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh team mahasiswa bersama dosen Institut Islam Mamba‘ul ‘Ulum (IIM) Surakarta di Desa Bakalan Kecataman Jumapolo Kabupaten Karanganyar, dirumuskanlah tema berupa pemberantasan buta huruf Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya pemberantasan buta huruf Al-Qur’an yang dilakukan di Desa Bakalan. Kegiatan PKM ini termasuk jenis penelitian lapangan yang dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi. Setelah dilakukan observasi, disusunlah program-program PKM yang menggunakan beberapa metode, seperti ceramah, praktik, permainan, dan tanya jawab. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pemberantasan buta huruf Al-Qur’an di Desa Bakalan diturunkan dalam tiga program utama, yaitu mengajar TPA, pelatihan manajemen TPA, dan wakaf Al-Qur’an. Ketiga program ini mendapat respons yang cukup baik dari warga masyarakat maupun pemerintah desa. Â
References
Ariza, Amin M. (2016). Jatuh Jinta pada Al-Qur’an. Jakarta: Quanta.
Alam, Aam Saepul (ed.). (2022). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Islam. Bandung: Media Sains Indonesia.
Hamedan, Hamdan. (2022). Malaikat pun Mengamini; Kumpulan Doa Penggapai Rida Ilahi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Hartini (ed.). (2022). Manajemen Operasional (Produksi dan Operasi). Bandung: Media Sains Indonesia.
Ilmi, Zainal. (2020). Berkah Pena Bertinta Emas. Tk: Guepedia.
Khoir, Mulyanto Abdullah dan Anwar Ihsanuddin. (2022). Panduan Pengelolaan, Kurikulum dan Materi Ajar TPQ/TPA. Sukoharjo: Rumah Qur’an Annisa.
Khoiriyah, Niswatin. (2021). Manajemen Kurikulum Pendidikan Adab. Indramayu: Penerbit Adab.
Mahmud, Hilal, Muhammad Ilham Hilal, dan Asmaul Khusna. (2021). Manajemen (Management Fundamentals). Gowa: Penerbit Aksara Timur.
Masadeh, Mousa. (2012). “Training, Education, Development and Learning: What is the Difference?†Europan Scientific Journal. Vo. 8. No.10.
Nur‘aini. (2020). Metode Pengajaran Al-Qur’an dan Seni Baca Al-Qur’an dengan Ilmu Tajwid. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Qalbina, Abu. (2020). Doa-Doa Mustajabah. Bandung: Oasis.
Riyanto, Slamet dan Andi Rahman Putera. (2022). Metode Riset Penelitian Kesehatan dan Sains. Yogyakarta: Deepublis.
Rosyadi, Ahmad. (2022). Pembelajaran Al-Qur’an Hadits; Peer Teaching Sebagai Alternatif Strategi Belajar Mengajar. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Sugiarto, Rachmat Morado. (2021). 63 Adab Sunah. Pati: Maghza Pustaka.
Sugono, Dendy (et.al.). (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Syafi’i, Muhammad. (2020). Arah Manajemen Wakaf: Tradisional-Modern. Jember: CV Pustaka Abadi.
Syarbini, Amirullah dan Sumantri Jamhari. (2012). Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an. Bandung: Penerbit Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka.
Wibowo, Adi Sulistyo (et.al.). (2023). Laporan Praktik Kerja Nyata (PKN) Kelompok 11A Desa Bakalan Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar. Surakarta: Institut Islam Mamba‘ul ‘Ulum.
Wibowo, Hamid Sakti. (2023). Al-Qur’an untuk Segala Usia; Belajar Kitab Suci Sesuai Tahapan Hidup Anda. Semarang: Tiram Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Terms that must be met by the Author as follows:- The author saves the copyright and grants the journal the first right of publishing the manuscript simultaneously under license under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of job authorship and early publication in this journal.
- The author may incorporate into additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich-issue journals (eg posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their original publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful cites from published works.