PELATIHAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN FLASHCARD PADA ANAK-ANAK PANTI ASUHAN AL-HIDAYAH KOTA PALU

Authors

  • Yusniarti Runggo Politeknik Palu, Indonesia
  • Hendriyani Hendriyani Politeknik Palu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/khidmatul.v3i01.2501

Keywords:

pembelajaran, bahasa inggris, flashcard.

Abstract

Bahasa Inggris pada tingkat dasar bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan kompetensi berkomunikasi sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global. Kemampuan bahasa Inggris dapat dilihat dari kekayaan kosakata yang dimiliki. Mengingat pentingnya peranan kosakata dalam berbahasa maka pembelajaran kosakata menjadi perhatian penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Mempelajari kosakata Bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah karena seringkali peserta didik mengalami kesulitan dalam perolehan kosakata baru itu. Salah satu upaya kreatif dalam pembelajaran agar menarik yaitu menggunakan media flashcard dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan menambah kosakata peserta didik. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan tahap-tahap sebagai berikut: persiapan, pelaksanaan, evaluasi.

References

Eka Fitriyani dan Putri Zulmi Nulanda. 2017. Efektivitas Media Flashcards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), Pp. 167–182. Doi: 10.15575/Psy.V4i2.1744.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta.

Dwi Nurhayati Adhani, Nurul Khofifah, dan Dewi Yuanita. 2016. Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flashcard pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : 3(2), 109 – 117. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3494.

Febriyanti Utami, Rukiyah, dan Widi Dwi Andika. 2021. Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933.

Wining Sekarini. 2018. Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

NA Putra, IN Jampel, dan IGW Sudatha. 2018. Pengembangan Multimedia Flashcard Untuk Pembina Singaraja Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 6(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20260

Downloads

Published

2022-07-17

How to Cite

Runggo, Y., & Hendriyani, H. (2022). PELATIHAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN FLASHCARD PADA ANAK-ANAK PANTI ASUHAN AL-HIDAYAH KOTA PALU. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 109–116. https://doi.org/10.30868/khidmatul.v3i01.2501

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.