PELATIHAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN FLASHCARD PADA ANAK-ANAK PANTI ASUHAN AL-HIDAYAH KOTA PALU
DOI:
https://doi.org/10.30868/khidmatul.v3i01.2501Keywords:
pembelajaran, bahasa inggris, flashcard.Abstract
Bahasa Inggris pada tingkat dasar bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan kompetensi berkomunikasi sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global. Kemampuan bahasa Inggris dapat dilihat dari kekayaan kosakata yang dimiliki. Mengingat pentingnya peranan kosakata dalam berbahasa maka pembelajaran kosakata menjadi perhatian penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Mempelajari kosakata Bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah karena seringkali peserta didik mengalami kesulitan dalam perolehan kosakata baru itu. Salah satu upaya kreatif dalam pembelajaran agar menarik yaitu menggunakan media flashcard dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan menambah kosakata peserta didik. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan tahap-tahap sebagai berikut: persiapan, pelaksanaan, evaluasi.
References
Eka Fitriyani dan Putri Zulmi Nulanda. 2017. Efektivitas Media Flashcards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), Pp. 167–182. Doi: 10.15575/Psy.V4i2.1744.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta.
Dwi Nurhayati Adhani, Nurul Khofifah, dan Dewi Yuanita. 2016. Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flashcard pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : 3(2), 109 – 117. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3494.
Febriyanti Utami, Rukiyah, dan Widi Dwi Andika. 2021. Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933.
Wining Sekarini. 2018. Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
NA Putra, IN Jampel, dan IGW Sudatha. 2018. Pengembangan Multimedia Flashcard Untuk Pembina Singaraja Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 6(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20260
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Terms that must be met by the Author as follows:- The author saves the copyright and grants the journal the first right of publishing the manuscript simultaneously under license under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of job authorship and early publication in this journal.
- The author may incorporate into additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich-issue journals (eg posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their original publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful cites from published works.