PEMBERDAYAAN IBU-IBU RUMAH TANGGA MELALUI PEMBUATAN PRODUK ES KRIM DAN MENJUALNYA SECARA E-COMMERCE

Authors

  • Tiurniari Purba Universitas Putera Batam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/khidmatul.v1i02.1167

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh ibu rumah tangga yang tidak bekerja atau tidak memiliki pekerjaan sampingan yang bisa mendapatkan uang sendiri di Perumahan Citra Laguna, Batam. Metode pelaksanaan layanan ini adalah dengan membentuk perkuliahan dan pelatihan dengan praktik langsung. Perkuliahan tentang bisnis yang dapat dijalankan sesuai dengan kemampuan ibu rumah tangga, berjualan di mana saja dan kapan saja yang disebut e-commerce, dan mempraktikkan cara membuat es krim. Sebagai hasil dari dedikasi ini, 10 trainer menguasai cara membuat es krim dengan tiga rasa. Semua peserta tahu cara berjualan melalui e-commerce.

References

Achjari, D. (2000). Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 15(3), pp. 388–395. Available at: http://www.amazon.com.

Duan, J. et.al. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif’. Chemosphere, 180(1), pp. 24–32. doi: 10.1016/j.chemosphere.2017.04.013.

Hartatie, E. S. (2011). Kajian Formulasi (Bahan Baku, Bahan Pemantap) dan Metode Pembuatan Terhadap Kualitas Es Krim. Jurnal Gamma, 7(1), pp. 20–26.

Hasanuddin, Harlina, K. and Insi, F. (2011). Pengaruh Proses Pembuatan Es Krim Terhadap Mutu Es Krim Berbahan Baku Pisang, 11(2). pp. 10–14. doi: 10.16194/j.cnki.31-1059/g4.2011.07.016.

Istiqomah, K., Windrati, W. S. and Praptiningsih, Y. (2017). Karakterisasi Es Krim Edamame dengan Variasi Jenis. Jurnal Agroteknologi, 11(02). pp. 139–147.

Jariyah, Nurismanto, R. and Pratiwi, Nur Fitri Dian. (2019). Pengaruh penambahan CMC terhadap karakteristik es krim jus buah pedada dan kelapa muda. Jurnal Teknologi dan Industri Hasil Pertanian, 24(1), pp. 51–58.

Kasmi, K. and Candra, A. N. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal AKTUAL, 15(2), p. 109. doi: 10.47232/aktual.v15i2.27.

Mumtahana, Hani Atun, Nita, S. and Tito, A. W. (2017). Khazanah Informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran, 3(1), pp. 6–15. Available at: http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3309/2784.

Susandi, D. and Sukisno, S. (2017). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 4, pp. 5–8. doi: 10.30656/jsii.v4i0.368.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Purba, T. (2020). PEMBERDAYAAN IBU-IBU RUMAH TANGGA MELALUI PEMBUATAN PRODUK ES KRIM DAN MENJUALNYA SECARA E-COMMERCE. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 222–230. https://doi.org/10.30868/khidmatul.v1i02.1167

Citation Check