IMPLEMENTASI METODE PROFETIK PADA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SDIT SEKOLAH UNGGULAN ISLAMI (SUIS)

Authors

  • Muhammad Nasir Universitas Ibn Khaladu Bogor, Indonesia
  • Abdul Hayyi Al-Kattani Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Anung Al-Hamat Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v4i01.925

Abstract

Kesadaran guru pendidikan bidang studi umum yang mengajarkan pelajaran umum “tematik†hanya sekedar transfer ilmu pengetahuan saja, tampa memikirkan bagaimana cara meningkatkan keimanan dan juga menjaga fitrah peserta didik dari materi ajar yang dapat merusak fitrah peserta didik. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode profetik pada SDTI Sekolah Unggulan Islami (SUIS), metode penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumnetasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang telah dikumpulkan untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya. Dalam melakukan wawancara peneliti menentukan subjek penelitian antara lain kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru pengampuh pelajaran tematik dalam hal ini wali kelas II.

            Hasil penelitian ini adalah implementasi motede profetik di SDIT Sekolah Unggulan Islami secara pelaksananaa telah diterapkan oleh guru. guru telah menggunakan metode profetik sebagai metode dalam menyampaikan pelajaran dengan menyesuiakan keadaan dilapangan. Adapun kesimpulan menggunakan metode profetik dengan menyesuikan tema pelajaran, dapat menjadi solusi, agar peserta didik terhindar dari pemahaman yang rusak, semua itu dapat dengan mudah dilakukan ketika guru memiliki ilmu agama yang kuat dan Islamic World Veiw yang benar.

Author Biography

Muhammad Nasir, Universitas Ibn Khaladu Bogor

Prodi Magister Pendidikan Islam (MPAI)

References

Agama RI, Depertemen. 2018. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Depok: Penerbit Cahaya Qur’an Tajwid.

Sani, Ridwan, et al. 2016. Pendidikan Karakter, Mebangun Karater yang Islami, Jakarta: Bumi aksara.

Daradjat, Zakiah. 2008. Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Jabaran UUD 1945 tentang pendidikan dituangkan dalam Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3

Makmun. 2003. Model pembelajaran menciptakan proses Belajar mengajar Yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Rienika Cipta.

Syarif, Zainuddin. 2014. “Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Bangsa Religiusâ€, Jurnal, Tadris, Vol. 9 (No. 1), Pemekasan, STAIMUP.

Hasbullah. 1999. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suwanto, wiji. 2008. Dasar dasar ilmu pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.

https://inpasonline.com/kurikulum-2013-antara-idealisme-dan-problem-sekularisme/, diakses pada jam 17:28, tanggal 02/03/2020

Danim, Sudarwan. 2006. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda Karya.

dan Nur Uhbiyati dan Abu Ahmadi. 2001. Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Hassan Shadily dan John M. Echols. 2006. Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT. Gramdia Pustaka Utama.

Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Kalam Mulia.

Al-Hamat, Anung. 2016. Tabiyah Jihadiyah Imam Bukhari; Studi Anlisis Hadits-Hadits Kitab Jihad wa Siyar Shahih Bukhari, Jakarta Timur: Ummul Qura.

Ali Abu Arrad, Sholih. 2015. Muqoddimah Fi al-Tarbiyah al-Islamiyah, Bogor: PT. Marwah Indo Media

Nata, Abuddin. 2016. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Kencana.

Samsi Nelwati dan Ratna Kasni Yuniendel. 2019. “Meneladani Rasulullah ` Sebagai Pendidik yang Memudahkanâ€. Jurnal Murobby. Vol. 2 (No 1), Padang: UIN Imam Bonjol Padang.

Anwar, Qomari. 2003. Pendidikan Sebagai Krakter Bangsa, Jakarta: Uhamka Pres.

Tafsir, Ahmad. 2002. Pendidikan Agama Dalam Keluarga, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kamisa. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia; Edisi Terbaru, Surabaya: PT. Cahaya Agency.

Widyaningrum, Retno. 2012. “Model Pembelajaran Tematik di MI/SDâ€. Jurnal Cendekia, Vol. 10 (No. 1), Ponorogo: STAIN.

Athiyah al-Abrasyi, Muḥammad. 1969. al-Tarbiyyah al-Islᾱmiyah wa Falᾱsifatuhᾱ Kairo: Isᾱ al-Bᾱbī al-Halabī.

Hartono, Budi. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid, Jogjakarta: PT. Diva Press.

Abu Ghuddah, Abdul Fattah. 2018. Muhammad Sang Rasul; Menyibak Rahasia Cara Mengajar Rasulullah, Jakarta: Penerbit Akses.

Published

2021-01-28

How to Cite

Nasir, M., Al-Kattani, A. H., & Al-Hamat, A. (2021). IMPLEMENTASI METODE PROFETIK PADA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SDIT SEKOLAH UNGGULAN ISLAMI (SUIS). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 15–29. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.925

Citation Check