MODEL PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN BERBASIS TAZKIYAH AL NAFS
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v4i01.899Abstract
Kepemimpinan yang dilaksanakan oleh segelintir orang dalam menjalani kehidupan baik dalam suatu organisasi maupun dirinya sangat jauh dari nilai-nilai yang membawa kemaslahatan umat. Pemimpin yang lahir dari suatu golongan yang tidak berlandaskan atas kesucian jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu model yang digunakan oleh suatu lembaga pendidikan dalam rangka melahirkan pemimpin yang suci jiwanya yang dirumuskan dalam model pendidikan kepemimpinan berbasis tazkiyah al nafs yang diberikan pondok pesantren La Tansa, Parakansantri, Lebakgedong, Lebak Banten. Pokok bahasan dalam penelitian ini yaitu, model pendidikan kepemimpinan berbasis tazkiyah al nafs, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, hasil dan evaluasi pendidikan kepemimpinan berbasis tazkiyah al nafs di pondok pesantren La Tansa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah action research dengan analisis kualitatif dalam memberikan pendidikan percontohan mengenai penanaman nilai-nilai kepemimpinan yang diaplikasikan secara langsung melalui kegiatan-kegiatan, program, dan pelaksanaan baik ritual peribadatan, penanaman sifat-sifat terpuji dan menjauhi dari sifat-sifat tercela yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran atas dasar panca jiwa dan moto pondok.
References
A.F. Jaelani. (1997). Penyucian Jiwa dan Kesehatan Mental. Jakarta: Penerbit Amzah.
Achmad, M. (2008). Teknik Simulasi dan Permodelan. Yogjakarta: Universitas Gajah Mada.
Ahmad Tafsir. (1994). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (R. Karya, ed.). Bandung.
Akhmad Alim. (2018). Pendidikan Jiwa: Terapi Spritual Manusia Modern,. Jakarta: Al Mawardi Prima.
Ali Abdul Halim Mahmud. (2000). Pendidikan Ruhani. Jakarta: Gema Insani.
Alle, J. G. (1969). Webster’s New Satnar Dictionary. New York: Mc. Laughlin Brothers, Inc.
Anas Ahmad Karzon. (2016). Tazkiyatun Nafs. Jakarta: Akbarmedia.
Arifin, M. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Perkasa.
Baharuddin. (2007). Paradigma Psikologi Islam. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Basrowi, S. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Beekun, R. I., & Badawi, J. A. (1999). Leadership: an Islamic perspective. Amana Beltsville, MD.
Burhanuddin, Y. (2005). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dardaa Mohamad, A., Hanin Hamjah, S., & Irdha Mokhtar, A. (2017). Konsep Tazkiyah al-Nafs Menurut al-Harith bin Asad al-Muhasibi The Concept Of Tazkiyah al-Nafs According To al-Harith Bin Asad al-Muhasibi. Jurnal Sultan Alauddin Sulaiman Shah, 4(1), 115–125.
Dhia’uddin, M. (2002). Islam & Khilafah,. Jakarta: Lentera Basritama.
Drajat, Z. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadhlali, A. (2004). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Pustaka Arruss.
Falah, S. (2012). Rindu Pendidikan dan Kepemimpinan M. Nastir. Jakarta: Republika.
Ghofar M. Abdul et.al. (2010). Tafsir Ibnu Katsir (Terj.), jilid 1. Jakarta: Pustaka Imam As-Syafi’i.
Hamat, A. Al. (2015). Tarbiyah Jihadiyah Imam Bukhari. Jakarta: Ummul Quro.
Hamid Permadi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hasan Langgulung. (1992). Asas-Asas Pendidikan Islam,. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Hasan Langgulung. (2002). Peralihan Paradigma dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Hawa, S. (1998). Intisari Ihya Ullumuddin Tazkiyatun Nafs,. Jakarta: Robbani Pres.
Ibn Taimiyah. (1994). Tazkiyah An Nafs. Riyadh: Daar Al Muslim Maktabah Al Malik Fahd.
Imam Imamudiin Ibnu Katsir. (1420). Tafsir Al-Qur’an Al Adzim (Daar Thoyy).
Irham, F. (2013). Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Alfabeta, Bandung.
Jean McNiff and Jack Whitehed. (2006). Action Research. California Sage Publication, 3.
Kahyo, K. P. (2005). Dasar-Dasar kepemimpinan. Jakarta: Sinar Grafika.
Kartono, K. (2010). Pemimpin Dan kepemimpinan,. Jakarta: Raja Grafindo.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kemenag RI. (2010). Spritual dan Akhlak: Tafsir Al-Qur’an Tematik. Jakarta: Penerbit Aku Bisa.
Langgululung, H. (1995). Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al Ma’arif.
Langgulung, H. (2002). Peralihan paradigma dalam pendidikan Islam dan sains sosial. Gaya Media Pratama.
Lexy J. Moleong. (2011). Lexy J. Moleong,. Bandung: Rosda Karya.
Margono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan,. Bogor: Widya Sakti.
Mubarakfuri, S. S. Al. (2001). Ar Rohiiq Al Makhtum. Jakarta: Mulia Sarana Press.
Muhaimin. (2012). Manajemen Pendidikan Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada.
Muhammad, N. A. B. (2007). Ringkasan Shahih Bukhori Jilid ke 2. Jakarta: Pustaka Azzam.
Muhyani., Herawati. S., dan H. H. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepribadian Siswa Dan Penyalahgunaan Media Sosial Di Sman 2 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Islam, 08(1), 253–256.
Muslih Muhammad. (2002). Membangun Kesehatan Jiwa. Bandung: Pustaka Hidayah.
Pratt, H. (1960). Dictionary Of Sosiologi And Related Sciences. New Jersey: Littleifeld Adam & Co. Paterson.
Putra, N. P. (2013). PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. INDONESIA POWER SEMARANG. 0–1.
Rivai, V. (2009). Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta: Raja Press.
Robbins, S. P. (2002). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Selcta, R. (2008). 5 Pilar kepemimpinan. Jakarta: Nafiri Gabriel.
Shadily, J. M. E. dan H. (1989). Kamus Inggris Indonesia, An english – Indonesian Dictionary,. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Shoni R. A. (2012). The Power of Rasululloh Leadership, Menelusuri Prilaku Uswah Sifat Fundamental Kepemimpinan Rasululloh SAW, (Sabil). Yogjakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Taimiyyah, I. (1969). Al-Siyasah Al-Syar’iyyah fi Ishlah al-Ra’i wa al- Ra’iyyah. Mesir: Daar al Kitab al-’Arabi.
Thabari, I. I. J. A. (1420). Jami Al Bayan An Ta’wil Ayat Al-Qur’an. Muasassah Ar Risalah.
W.I., M. (2015). Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group.
Yunan M. Yusuf. (2010). Tafsir Juz Amma. Jakarta: Pustaka Prima.
Zarkasyi, S. A. (2011). Bekal Untuk Pemimpin. Ponorogo: Trimurti Press.
Zuhairi. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).