STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8803Keywords:
Audio Visual, Strategi Pembejaran, Akidah AkhlakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitiannya menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai strategi dalam memperahankan minat belajar siswa, memperejelas materi, serta menumbuhkan nilai-nilai akhlak yang dapat di implementasikan pada kehidupan sehari-hari. Guru memanfaatkan strategi media audio visual pada modul ajar, memaparkan konten visual islami, serta evaluasi diskusi. Pemanfaatan media audio visual sangatlah penting yang berguna untuk membantu proses penyampaian ilmu pengetahuan atau materi pelajaran. Meningkatkan hasil belajar peserta didik bisa didapatkan jika menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran. Media pembelajaran audio visual ini merupakan media yang cukup efektif untuk meningkatkan minat belajar. Salah satu unggulan media audio visual dari media pembelajaran yang efektif untuk digunakan pada pembelajaran akidah akhlak, media ini dapat menyajikan materi pelajaran yang menarik serta interaktif, sehingga peserta didik akan lebih mudah dalm memahami materi. Kendala yang dialami dalam pemanfaatan media audio adalah pada keterbatasan perangkat dan kebutuhan kompetensi seorang guru. Maka dari itu, pengembangan media dan kepelatihan berkelanjutan sangat dianjurkan.
References
Afnita, Nora, Dian Puspita Sari, Arif Arafat, Febri Wandha Putra, and Joni Indra Wandi. 2023. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual.” Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik) 7 (2): 126–30. https://doi.org/10.26740/jp.v7n2.p126-130.
Agus Dwi Santosa, and Nuril Laila Alhidayah. 2022. “Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MA Ma’arif Udanu Blitar.” Jurnal Pendidikan Islam 1 (1): 138–57.
Baihaqi, Achmad, Amaliya Mufarroha, and A. Ilham Tsabit Imani. 2020. “Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Di SMK Nurul Yaqin Sampang.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 07 (01): 74–88. http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana.
Darmayanti, Hani. 2019. “Jurnal Edukatif.” Jurnal Edukatif V (1): 58–65.
Dewi, Dian Utami, Muhamad Ali, and Sutarmanto. 2013. “Penggunaan Media Audio Visual.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Vol 2, No. (2): 1–19. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2237.
Diajukan, Tesis, Memenuhi Salah, Satu Syarat, Memperoleh Gelar, Magister Pendidikan, Agama Islam, Pada Pascasarjana, Iain Parepare, and Tesis Oleh. 2024. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN AUDIO VISUAL PADA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) PAREPARE.”
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21 (1): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Hamim, Ahmad Husni, Muhidin Muhidin, and Uus Ruswandi. 2022. “Pengertian, Landasan, Tujuan Dan Kedudukan PAI Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Jurnal Dirosah Islamiyah 4 (2): 220–31. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.899.
Komunikasi, Jurnal, and Mauizatul Hasanah. 2025. “PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII MTSS YASTI PIMPINAN TAHUN PELAJARAN 2023-2024” 3 (1): 10–17.
Maryono, Maryono, Happy Susanto, and Aldo Redho Syam. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Proyektor Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Di Sekolah.” Journal of Islamic Education and Innovation 3 (2): 106–15. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i2.6720.
Meila Noor Syafria, I. A., Pratiwi, Ika Ari, and M Syafruddin Kuryanto. 2020. “Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5 (5): 3(2), 524–32. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.
Miftah, Alvi, Umi Febriana, Edi Ansyah, and Muhammad Taufiqurrahman. 2021. “Penggunaan Media Poster Dan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak : Sebuah Pengaruh.” GHAITSA : Islamic Education Journal 2 (3): 144–52. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/359.
Muhibbin, Ahmad, Ginda Tia Monica, Patmisari Patmisari, and Achmad Muthali’in. 2021. “Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Menggunakan Strategi Point Counterpoint.” ASANKA: Journal of Social Science And Education 2 (2): 233–52. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3181.
Nurul, Izni, Ambami Zahire, and Erna Munjidatul Anggraini. 2024. “PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN TINJAUAN” 2:87–98.
Rahmadani, S. 2024. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Tinjauan Literatur Kualitatif.” Jurnal Media Akademik (JMA) 2 (6): 1–16. https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/515%0Ahttps://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/download/515/488.
Rizki, Auliana, Usmaidar Usmaidar, and Endah Retno Suci. 2022. “Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Yaspen Muslim Pematang Tengah.” Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat 2 (1): 24–35. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/13839.
Saidaturrohmah, Umi. 2017. “Implementasi Media Audio Visual” 2 (1): 567–77.
Salsabilla, Maghfira, and Izzati. 2022. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Oleh.” Vol. 20.
Suryana, S. 2020. “Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan.” Edukasi 14 (1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971.
Tamangkeng, S.L.Y., and J.B. Maramis. 2022. “Kajian Pendekatan Fenomenologi: Literature Review.” Jurnal Pembanguan Ekonomi Dan Keuangan Daerah 23 (1): 14–32. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jpekd/article/view/41379.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Aldi Cahyo Priharseno, Istanto Istanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




