MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 46 KOTA DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8755Keywords:
Manajemen, Perencanaan Pendidikan Islam, pendidik, SD Al Azha, sumber daya manusiaAbstract
Mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia, khususnya pendidik. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya pendidik yang efektif melalui manajemen yang baik menjadi sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen sumber daya pendidik di SD Islam Al Azhar 46 Kota Depok. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, di mana peneliti berupaya menggali pemahaman mendalam mengenai pengalaman serta praktik pengelolaan sumber daya pendidik dalam konteks lembaga pendidikan yang diteliti.. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilaksanakan secara langsung di tempat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sumber daya pendidik di SD Islam Al Azhar 46 Kota Depok telah berjalan dengan baik. Keberhasilan tersebut tercermin dari pelaksanaan berbagai fungsi manajemen sumber daya pendidik, seperti analisis kebutuhan tenaga pengajar, pelaksanaan rekrutmen secara selektif, serta pelatihan dan pengembangan profesional secara berkelanjutan, penempatan pendidik yang sesuai kompetensi, monitoring kinerja pendidik secara berkala, evaluasi kerja pendidik, penerapan sistem reward dan punishment yang mendukung motivasi. Manajemen sumber daya pendidik yang efektif ini berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Islam Al Azhar 46 Kota Depok.
References
“Https://Lpisambaspurbalingga.Com/,” n.d.
“Https://Www.Paudistiqomahsambas.Sch.Id/,” n.d.
“Jadwal Pembekalan Guru Baru Lembaga Istiqomah Sambas,” n.d.
“Observasi Pertemuan Rutin PTK TK Istiqomah Sambas, Tanggal 12 April 2023,” n.d.
“Observasi Seleksi Calon Pegawai LPIS Tanggal 22 Mei 2023.,” n.d.
“Observasi Seleksi Calon Pegawai LPIS Tanggal 24-26 Mei 2023.,” n.d.
“Pengumuman Nomor: 001/PENG/LPIS/V/2023,” n.d.
“Pengumuman Nomor: 002/PENG/LPIS/V/2023,” n.d.
“Peraturan Kepegawaian Yayasan Istiqomah Sambas Purbalingga,” n.d.
“Prosedur Mutu ‘Kompentensi Guru Dan Karyawan’ Yayasan Istiqomah Sambas Purbalingga Halaman 213-217,” n.d.
“Prosedur Mutu ‘Pembinaan Guru Dan Karyawan Baru’ Yayasan Istiqomah Sambas Halaman 225-230,” n.d.
“Prosedur Mutu ‘Pengajuan Kebutuhan Pegawai’ Yayasan Istiqomah Sambas Halaman 67-69,” n.d.
“Wawancara Dengan Kepala TK Istiqomah Sambas Pada 7 Februari 2023,” n.d.
“Wawancara Dengan Manajer Sumber Daya Manusia LPIS Pada Tanggal 17 Juni 2023,” n.d.
“Wawancara Dengan Pendidik TK Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga,” n.d.
“Wawancara Kepala TK Istiqomah Sambas Kabupten Purbalinggal Tanggal 26 Mei 2023,” n.d.
Adamy, M. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Praktik Dan Penelitian. Vol. 106. Aceh, 2016.
Amstrong, Michael. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Elexmedia Komputindo, 2005.
Andriyani, and Margono Mitrohardjono. “Pemberdayaan Sumbar Daya Manusia (Sdm) Sekolah Dasar Di Sd Lab
School Fip Umj.” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (2020): 118–28.
https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.117-128.
Badrianto, Yuan, and Dkk. Kinerja Dan Produktivitas Dalam Organisasi. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia, 2022.
Cholid, Nur. Menjadi Guru Profesional. Semarang: CV. Presisi Cipta Media, 2015.
Chotimah, Chusnul, and Muhammad Fathurrohman. Komplemen Manajemen Pendidikan Islam Konsep Integratif
Pelengkap Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Teras, 2014.
Creswell, John W. Research Design, Terjemahan Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran, 2018.
Dian Rizke. “Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689–99.
Fikriah, Asfa. “Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Untuk Mewujudkan Sekolah Islam Unggul,” 2016.
Hamali, Arif Yusuf. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Mengelola Karyawan. Jakarta: PT Buku Seru, 2018.
Hartatik, Indah Puji. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Yugyakarta: Laksana, 2014.
Hidayat, Rahmat. Ilmu Pendidikan Islam Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI). Medan, 2016. Islam, Manajemen Pendidikan. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, n.d.
Lexy, Moleong J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya, 2018.
Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Modul Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan. UPI, 2016.
Marnis & Priyono. Manajemen Sumber Daya Manusia. Manajemen Sumber Daya Manusia, 2008. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Masram, and Mu’ah. Manajemen Sumber Daya Manusia, n.d. Mukminin, Amirul, Akhmad Habibi, Lantip Diat Prasojo, and L I A Yuliana. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan, n.d.
Mujahidin, Sadiah and H E. “Perencanaan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di STP Khoiru Ummah Bogor.” Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 13, no. 2 (2023): 183–90.
Munib, Siti Farida, and Afifatun Nisa. “Manajemen Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik Sekolah Paud Tahfidz.” Iqtisodina 3, no. 1 (2020): 101–20.
Nafi, Muhammad. Pendidik Dalam Konsepsi Imam Al Ghazali. Sleman: Deepublish, 2017.
Nurani, Penulis Yuliani, M Pd, and Penyunting Tim Penerbit. “ Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini , Edisi Revisi. Jakarta: CV. Campustaka, 2019.
Priyono. Manajemen Sumber Daya Manusia. Zifatama, 2010. Purba, Sukarman, and Dkk. Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep Dan Teori. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi, 2023.
Rahmatullah, and Wahyu Hidayat. “Peran Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah DI SMP N 2 Parepare.” Al Ishlah 19 (2021).
Rohiat. Manajemen Sekolah Teori Dasar Dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama, 2008.
Saleh, Sirajuddin, S Pd, M Pd, Dkk Helaluddin, سروكوك .دور ،انيتسيرك, Jozef Raco, Salim & Syahrum, Hardani dkk Ahyar, and Dkk Helaluddin. “Metodologi Penelitian Kualitatif.Pdf,” 2019.
Samsirin. “Konsep Manajemen Pengawasan Dalam Pendidikan Islam.” At Ta’dib 10 (2015).
Selvia, Ema. “Manajemen Sumber Daya Manusia Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ummi Kota Bengkulu,” 2021.
Sugiono. Metode Penelitian Dan Pengembangan, Research and Development. 2015th ed. Bandung: Alfabeta, n.d. Wibowo, S.E, and S.K Sumadi. “Manajemen Sumber Daya Pendidik Di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Latih Karya Bandar Lampung.” Jurnal Pendidikan 2, no. 3 (2018): 203.
Widiansyah, Apriyanti. “Peranan Sumber Daya Pendidikan Sebagai Faktor Penentu Dalam Manajemen Sistem Pendidikan” 18, no. 2 (2018): 229–34.
Yudha, Erwan Cakra. “Implementasi Manajemen SUmber Daya Manusia Dalam Mencapai Visi Lembaga DI Muhammadiyah Boarding School Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021,” 2021.
Yunus, Dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Majalengka: Unit Penerbitan Universitas Majalengka, 2015.
Yusuf, Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan, n.d.
Zulfa, Umi. AN INTRODUCTION MANAGEMENT : Cilacap: Ihya Media, n.d.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Solehudin, Endin Mujahidin, Nesia Andriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




