PENDIDIKAN KONSERVASI LINGKUNGAN: PARADIGMA INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DI PESANTREN AL FATAH WONOGIRI
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8742Keywords:
Education, Conservation, Integration, Islamic Boarding SchoolAbstract
Artikel ini mengangkat bagaimana pendidikan konservasi lingkungan dilakukan oleh pesantren Al Fatah yang notabene terkenal hanya mendalami ilmu-ilmu agama saja. Pendidikan konservasi ini sangat dibutuhkan oleh para santri dalam membekali dirinya menjadi khalifatullah di muka bumi. Maka kurikulum yang harus dicanangkan oleh pesantren Al Fatah adalah kurikulum yang sifatnya integrasi sesuai dengan kebutuhan para santri yakni integrasi antara ilmu-ilmu agama Islam dengan ilmu saintifik yang mereka tidak mengetahui tentang keilmuan tersebut. Dengan menggunakan metode library research dengan cara menganalisis sumber-sumber yang ada baik dari buku, jurnal, media dan lain sebagainya, penelitian ini melihat pola kurikulum yang dikembangkan oleh Pondok Al Fatah. Kita melihat bahwa dengan kerangka pendidikan semacam demikian ditambah bekerjasama dengan pihak ketiga pesantren Al Fatah berhasil melakukan pendidikan konservasi lingkungan dengan pola-pola integrasi. Pendidikan ini diberikan kepada santrinya untuk melihat bagaimana fenomena zaman ini harus dihadapi dengan penuh keyakinan supaya mereka dengan stigma santrinya tidak ketinggalan dibandingkan dengan lembaga pendidikan yang lainnya. Hal ini berhasil dilakukan oleh pesantren Al Fattah dengan melihat kasus yang ada program saintifik dilakukan.
References
Abudin Nata. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.
Achmad Sudaryo. “Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia.” INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research 1, no. 1 (2023): 1–9. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.1.
Aguk Irawan M.N. Akar Sejarah Etika Pesantren Di Nusantara. Tangerang Selatan: Pustaka IMaN, 2018.
Arif, Mohammad. “Perkembangan Pesantren Di Era Teknologi.” Jurnal Pendidikan Islam 28, no. 2 (2016): 307. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i2.550.
Arifah, Umi, Ahmad Fauzan Hidayatullah, and Anif Rizqianti Hariz. “Program Eco-Pesantren Dalam Pelestarian Lingkungan.” JURNAL KESEHATAN LINGKUNGAN: Jurnal Dan Aplikasi Teknik Kesehatan Lingkungan 19, no. 1 (2022): 105–14. https://doi.org/10.31964/jkl.v19i1.462.
Astuti, Sukataman. “Dasar-Dasar Manajemen Pesantren.” Cakrawala: Jurnal Kajian Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial 7, no. 1 (2023): 23–32.
Budiman, Sri, and Suparjo Suparjo. “Manajemen Strategik Pendidikan Islam.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 5, no. 3 (2021): 515–23. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2197.
Cecep Alba. Tasawuf Dan Tarekat: Dimensi Esoteris Ajaran Islam. 2nd ed. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya, 2014.
Dkk, Munawir Sazali. “PESANTREN DAN KONSERVASI LINGKUNGAN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUMUHYIDDIN NW DEBOK LOMBOK TIMUR).” PALAPA Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 11, no. 1 (2023): 568–91.
Ekosusilo. Ekolah Unggul Berbasis Nilai; Studi Multi Kasus Di SMA Negeri,SMA Regina Pacis Dan SMA Al-Islam I Surakarta. Surakarta: Bantara Press, 2003.
Fuad, Khaerul, and Soedarto. “Paradigma Teologi Lingkungan Dalam Islam Dan Eco-Pesantren.” Sosiologika 1, no. 1 (2018): 1–10.
Ghofur, Abd. “Tela’ah Kritis Masuk Dan Berkembangnya Islam Di Nusantara.” Jurnal Ushuluddin Vol. 17, no. 2 (2011): 159–69.
Harja Efendi, M, Mimien Henie Irawati, Fatchur Rohman, and Abdul Gofur. “Model Pendidikan Konservasi Lingkungan Hidup Dengan Penerapan Nilai-Nilai Islam Di Pondok Pesantren Nurul Haramain Nw Narmada Lombok Barat-Indonesia.” Kajian Biologi Dan Pembelajarannya 6, no. 1x (2019): 2613–9936.
Hasanah, Fauziyah, Syartinilia Syartinilia, and Akhmad Arif Amin. “Hubungan Pengetahuan Lingkungan Dan Sikap Konservasi Terhadap Perilaku Lingkungan Santri Di Pondok Pesantren Darut Tafsir.” Jurnal Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan (Journal of Environmental Sustainability Management) 6, no. 3 (2022): 194–204. https://doi.org/10.36813/jplb.6.3.194-204.
Hidayat, Muhtar Sofwan, and Fasichul Lisan. “SANTRI DAN KONSERVASI LINGKUNGAN (Studi Pandangan Hidup Santri Di Kawasan Pegunungan Dieng).” Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 18, no. 2 (2018): 181–98. https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.947.
Jumarddin La Fua. “ECO-PESANTREN; MODEL PENDIDIKAN BERBASIS PELESTARIAN LINGKUNGAN.” Jurnal Al-Ta’dib 6, no. 1 (2013).
Mangunjaya, Fachruddin, Hadi Alikodra, Akhmad Arif Amin, and Ahmad Sudirman Abbas. “Kesadaran Lingkungan Di Kalangan Santri Terhadap Pembangunan Berkelanjutan (The Status of Environmental Awareness in Islamic Boarding School Students to the Concept of Sustainable Development).” Media Konservasi 18, no. 3 (2013): 127–34. http://www.drfachruddin.com/wp-content/uploads/12836-37495-1-PB.pdf.
Nabila. “TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 5 (2021): 6.
Nailur Ridha, Abdul Wahid. “EKOPESANTREN PONDOK PESANTREN ANNUQAYAH ( Strategi Konservasi Lingkungan Dan Penguatan Agraria Pada Masyarakat Pedesaan Kabupaten Sumenep ).” JSP: Jurnal Studi Pesantren Vol. 1 No. (2022): 92–116.
Rachmat Subagya. Agama Asli Indonesia. Jakarta: Djaya Pirusa, 1981.
Riskal Fitri, Syarifuddin Ondeng. “Pesantren Di Indonesia : Lembaga Pembentukan Karakter.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 42–54.
Shofa, Sirojul Arifin. “Pemuda Dan Alam: Integrasi Edukasi Konservasi Lingkungan Hidup Dan Warisan Budaya Berbasis Pesantren.” The International Journal of Pegon : Islam Nusantara Civilization 4, no. 02 (2020): 79–98. https://doi.org/10.51925/inc.v4i02.31.
Siswanto, Siswanto. “Perspektif Amin Abdullah Tentang Integrasi-Interkoneksi Dalam Kajian Islam.” Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam 3, no. 2 (2013): 376–409. https://doi.org/10.15642/teosofi.2013.3.2.376-409.
Suryanto, Bradhiansyah Tri. “Eko-Pesantren: Mewujudkan Pesantren Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Berbasis Kemandirian.” Jurnal ISLAM NUSANTARA 03, no. 01 (2019): 263–86. https://jurnalnu.com/index.php/as/article/view/111.
Wicaksono, Dimas Setiyo, Kasmantoni, and Ahmad Walid. “Peranan Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Tematik 2, no. 2 (2021): 181–89.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Mursidi Mursidi, Mudofir Mudofir, Muhammad Latif Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




