WEALTH MANAGEMENT AS A STRATEGY THE MANAGEMENT OF AN ASSET LIKE A PLOT IN THE ISLAMIC EDUCATION INSTITUTIONS AND HAS BEEN ADDRESSED WEALTH MANAGEMENT SEBAGAI STRATEGI PENGELOLAAN ASET LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Via Olva Novita Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v3i2.873

Abstract

Pada umumnya, aset dan kekayaan lembaga sangat penting dan diperlukan untuk memelihara dan mengembangkan kemampuan pendanaan lembaga pendidikan. Uang adalah salah satu dari sumber daya pendidikan yang dianggap sangat penting. Uang diibaratkan seperti darah dalam tubuh manusia. Dan uang adalah termasuk sumber daya yang langka dan terbatas. Oleh karena itu uang perlu dikelola dengan efektif dan efisien agar membantu tercapainya tujuan pendidikan. Pendidikan sebagai investasi yang akan menghasilkan manusia-manusia yang memiliki pengetahuan, sikap, dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam pembangunan suatu bangsa. Kecemasan dalam lembaga pendidikan Islam adalah persoalan mengelola aset. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan perlu adanya pengelolaan keuangan secara profesional terhadap sumber daya yang ada dan salah satunya yang perlu dikelola dengan baik adalah aset. Konsep wealth management adalah ilmu untuk mengelola aset, dan investasi sebagai jantungnya. Pengelolaan aset kekayaan pada lembaga pendidikan itu sangat dibutuhkan karena setiap lembaga pasti mempunyai kekayaan dan juga menginginkan pemeliharaan, penjagaan, kemajuan dan juga pengembangan nilai kekayaannya untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan demikian, semua individu, dan semua jenis organisasi-termasuk organisasi/lembaga pendidikan Islam (sekolah/madrasah) memerlukan pengelolaan aset dan kekayaan lembaga.

References

Ainur Rofiq. (2012). Wealth Management Strategi Asset: Transparansi, Akuntabilitas, Efektifitas, Efisiensi. Al-Tanzim, 66 (2012): 37–39.

Anam, Khoirul. (2013). Strategi Pemasaran dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). doi:10.21274/taalum.2013.1.2.159-170.

Aryani Soemitro, Ria Asih, and Hitapriya Suprayitno. (2018). Pemikiran Awal Tentang Konsep Dasar Manajemen Aset Fasilitas. Jurnal Manejemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 2(0). 1–14. doi:10.12962/j26151847.v2i0.4225.

Asiyah, Binti Nur. (2018). Dampak dan Strategi Kebijakan Pengembangan Pembiayaan dan Inklusifitas Keuangan dalam Peningkatan Pembiayaan Bank Syariah di Indonesia. BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 5(1). 133. doi:10.21043/bisnis.v5i1.2950.

Asrita, Asrita, and Nurhilza Nurhilza. (2018). Students’ Critical Thinking Skills in Group Discussion: The Case Study of Fifth Grade Students in Sukma Bangsa Bireuen Elementary School. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(1). 67–92. doi:10.32533/02103.2018.

Atabik, Ahmad. (2014). Strategi Pendayagunaan dan Pengelolaan Wakaf Tunai di Indonesia. Jurnal Zakat dan Wakaf , 1(2). 315–35.

Azizah, Siti. (2016). Manajemen Unit Usaha Pesantren Berbasis Ekoproteksi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumuddin Kesugihan Cilacap).†Al-Tijary - Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1). 77–96. doi:10.21093/at.v2i1.611.

Budiman, Achmad Arief. (2011). Akuntabilitas Lembaga Pengelola Wakaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1). 75. doi:10.21580/ws.2011.19.1.213.

Chotimah, Chusnul. (2014). Strategi Public Relations Pesantren Sidogiri dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan Islam. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 7(1). 186. doi:10.15642/islamica.2012.7.1.186-210.

Dimyati, A Hamdan. (2016). Manajemen Keuangan Pendidikan dalam Pandangan Islam. 03(06). 132–46.

Fauzi, Ahmad. (2017). Manajemen Dana dan Sumber Dana Pondok Pesantren. 24(no). 59–75.

Gustina. (2013). MANAJEMEN ASSET WAQF PADA PERGURUAN TINGGI: STUDY PADA UNISSULA.†Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9). 1689–99. doi:10.1017/CBO9781107415324.004.

Hadi, Abdul. (2018). DALAM PENDIDIKAN†5, no. September 2018 (n.d.): 134–44.

Hamid, Imam Machali dan Noor. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan.

Hari Darifah, Udung. (2015). KONSEP TOTAL QUALITY MANAGEMENT EDWARD SALLIS DALAM PERSEPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Online Thesis, 10(1). 151–206.

Hidayat, Imam Machali dan Ara. (2018). Hand Book of Eduacation Management. Jakarta: Prenadamedia Group.

Husain, Saddan. (2015). Metafora Amanah Pengelolaan Dana Pihak Ketiga (Dpk) Sebagai Penopang Asset Perbankan Syariah Ditinjau dari Aspek Trilogi Akuntabilitas (Studi Kasus Pada Pt. Bank Bni Syariah Cabang Makassar). 1 (2015): 40–64.

Jabani, Muzayyanah dan Tadjuddin. (29018). IMPLIKASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS NILAI NILAI ISLAMI. 3(1). 13–30.

Kurniawan, Asep, and Sumadi. (2016). Manajemen Strategik dengan Pendekatan Balanced Scorecard di IAIN Syekh Nurjati dalam Upaya Transformasi Menjadi UIN. 1(1). 49–69.

Mu’allim, Amir. (2018). Ijtihad Ekonomi dalam Pengelolaan Aset Wakaf.†Al-’Adalah, 14(2). 291. doi:10.24042/adalah.v14i2.2212.

Muslem. (2015). Strategi Pengelolaan Aset Lembaga Pendidikan Islam dengan Wealth Management.†Itqan, VI(2). 91–107.

Mutmainah. (2016). Wakaf dan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. 1(no). June.

Nasukah, Binti. (2018). Urgensi dan Prinsip Penerapan Pendekatan Institusi Pendidikan. 3 51–81.

Nuryana, Zalik. (2017). Knowledge Management Sebagai Upaya Pengembangan Learning Organization di Lembaga Pendidikan Islam.†LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1). 11. doi:10.21927/literasi.2017.8(1).11-19.

Pristiyanto dan Hasyim Bintoro, Mochamad dan Tjokro Soekarto, Soewarno. (2013). Strategi Pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Dalam Pembiayaan Usaha Mikro Di Kecamatan Tanjungsari , Sumedang, 8(1). 27–35.

Puslitbang, Peneliti, and Kehidupan Keagamaan. (2013). Peranan Yayasan Pendidikan Darul Hikam ( YPDH ) Cirebon falam Pengelolaan Dana dan Asset Sosial Keagamaan Bagi Peberdayaan Umat Islam. 161–74.

Rhofita, Erry Ika. (2019). Comprehension and Expectations Analysis of UIN Sunan Ampel’s Member to Environmentally Sustainable Concept by Asset Based Community Development.†Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 9(1). 1–8. doi:10.29244/jpsl.9.1.1-8.

Saifuddin, Ahmad. (1996). MENGHADAPI PERUBAHAN†1.

Satori, Fetty Ernawati dan Djam’an. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Program Studi Langka Peminat Di Ptain.†Jurnal Administrasi Pendidikan Vol. XV No.1 XV(1). 12–26.

Sukino, Arief. (2016). Kepemimpinan Transformatif dalam Pengembangan Manajemen Madrasah Berorientasi Mutu.†An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 3(1). 81–100. doi:10.33507/an-nidzam.v3i1.10.

Syafi’I, Imam dan Wisri. (2017). Manajemen Pengembangan Usaha Ekonomi Pesantren (Study Kasus Di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo), 11(2). 331–60.

Thaib, Baun. (2013). NEOLIBERALISASI PENDIDIKAN ISLAMI DI ACEH : Analisis Kritis Terhadap Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2008, XIV(1). 1–23.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Novita, V. O. (2020). WEALTH MANAGEMENT AS A STRATEGY THE MANAGEMENT OF AN ASSET LIKE A PLOT IN THE ISLAMIC EDUCATION INSTITUTIONS AND HAS BEEN ADDRESSED WEALTH MANAGEMENT SEBAGAI STRATEGI PENGELOLAAN ASET LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 166–180. https://doi.org/10.30868/im.v3i2.873

Citation Check