URGENSI ANALISIS KEBUTUHAN DIKLAT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI DAN BUDI PEKERTI
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v3i2.871Abstract
References
Ekawati, Fitriyah. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT Imam Bukhari, Sumedang Jawa Barat. Jurnal ISEMA: Islamic Educational Management, 3(02).
Heriyansyah. (2020). Urgensi Kepemimpinan Guru yang Kompeten di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03(01).
Murfi, Ali dkk. (2020). Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di Indonesia. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 05(01).
Muslim. (2020). Kepemimpinan Menurut Perspektif Islam dalam Membentuk Budaya Organisasi dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03(01).
Nasukah, Binti dkk. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Profetik di Lembaga Pendidikan Islam. DirÄsÄt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 6(01).
Nurhadi, Ali. (2020). Implementasi Manajemen Strategi Berbasis Pembiasaan dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa. Jurnal Al Afkar, 3 (01).
Suyitno, Teguh. (2019). “Upaya Peningkatan Mutu Diklat Melalui Kegiatan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD)â€. (https://bkpsdm.bulelengkab.go.id/artikel/upaya-peningkatan-mutu-diklat-melalui-kegiatan-analisis-kebutuhan-diklat-akd-21, diakses 9 Maret 2020).
Wulandari, Retno. (2005). Penilaian Kebutuhan Pelatihan: Tantangan dan Solusi. Jurnal Siasat Bisnis. (https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/970/879, diakses 9 Maret 2020).
Sumber dari Buku
A’la, Ach. Syaiful. (2013). Pendidik dalam Perspektif Islam. Dalam Mohammad Muchlis Solichin (Ed.), Memotret Guru Ideal-Profesional: Harapan, Peluang, dan Tantangan di Tengah Arus Perubahan Sosial (17-34). Surabaya: Pena Salsabila.
A.Fauzi, Ikka Kartika. (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung: Alfabeta.
Buna’i. (2013). Prospek Guru Agama Pasca Pemberlakuan Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14/2005. Dalam Mohammad Muchlis Solichin (Ed.), Memotret Guru Ideal-Profesional: Harapan, Peluang, dan Tantangan di Tengah Arus Perubahan Sosial (71-85). Surabaya: Pena Salsabila.
Direktorat Pendidikan Agama Islam. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Peningkatan Kompetensi Guru PAI SMP. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Kamil, Mustofa. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Kosim, Mohammad. (2013). Pengantar Ilmu Pendidikan Surabaya: Pena Salsabila.
Mudlofir, Ali. (2013). Pendidik Profesional Konsep, Strategi, dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mudlofir, Ali. (2013). Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Sertifikasi Guru/ Pengawas dalam Jabatan Kuota Tahun 2013. Surabaya: LPTK IAIN Sunan Ampel.
Mujib, Abdul dan Mudzakkir, Jusuf. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mujiman, Haris. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Naim, Ngainun. (2013). Menjadi Guru Inspiratif: Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Roqib, Moh. (2009). Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.
Silberman, Mel. (2010). 101 Cara Pelatihan dan Pembelajaran Aktif Edisi Kedua. Jakarta: Indeks.
Siswanto. (2013). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Pena Salsabila.
Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).