EKSPLORASI IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8703Keywords:
Keterampilan berpikir kritis; Pendidikan Agama Islam; Penelitian Tindakan Kelas; Problem-Based Learning; SMAN 5 Sukabumi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 5 Sukabumi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan siswa kelas X, dan menggabungkan analisis kualitatif (observasi, wawancara, dokumentasi) serta kuantitatif (tes keterampilan berpikir kritis). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan berpikir kritis siswa, dengan gain score sebesar 0,63 (kategori sedang). Pada siklus I, kemampuan klarifikasi dasar meningkat dari 35% menjadi 68%, dan pada siklus II, 89% siswa mencapai tingkat mahir dalam menyusun analogi hukum. Faktor pendukung utama meliputi kontekstualisasi materi keagamaan dan kolaborasi lintas disiplin, sementara kendala utamanya adalah keterbatasan waktu pembelajaran dan variasi kemampuan metakognitif siswa. Kesimpulan penelitian mengonfirmasi efektivitas PBL dalam mentransformasi pembelajaran PAI dari pendekatan doktrinal menjadi eksplorasi nilai keislaman berbasis masalah autentik, sekaligus merekomendasikan pengembangan modul PBL terintegrasi isu sosio-religius dan pelatihan guru dalam merancang scaffolding metakognitif. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan teori pembelajaran agama berbasis kompetensi abad 21.
References
Aidoo, B. (2023). Teacher Educators Experience Adopting Problem-Based Learning in Science Education. Education Sciences, 13(11), 1113. https://doi.org/10.3390/educsci13111113
D., C. P., Vygotsky, L. S., Cole, M., John-Steiner, V., Scribner, S., Souberman, E., & Wertsch, J. V. (1979). L. S. Vygotsky: Mind in Society. The Development of Higher Psychological Processes. The American Journal of Psychology, 92(1), 166. https://doi.org/10.2307/1421493
Deswita, D. (2025). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IV SDN 07 Silang IV Silalang. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(4), 33–39. https://journal.makwafoundation.org/index.php/eduspirit/article/view/720
Dzaky, A. F., & Lubis, S. (2025). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PENGEMBANGAN ADDIE PADA MATERI HADITS DI MAN 2 MODEL MEDAN: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning Dengan Model Pengembangan ADDIE Pada Materi Hadis di MAN 2 Model Medan. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 189–201. https://doi.org/10.32478/m8cgvy07
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability. Informal Logic, 18(2). https://doi.org/10.22329/il.v18i2.2378
Erwina, M., Remiswal, R., & Khadijah, K. (2025). Evaluasi Model PBL dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran PAI SDN 04 Batu Putih. YASIN, 5, 3171–3183. https://doi.org/10.58578/yasin.v5i4.5952
Fazrin, I. S., Azizah, R. A., Aliyyah, J., Aini, N. I., Suherman, U., & Fazrin, S. I. (2025). Problem-Based Learning sebagai Strategi Problem-Based Learning sebagai Strategi Penguatan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. In Jurnal Ilmu Pendidikan Islam (Vol. 7, Issue 1).
Fitrisia, R., & Nurmadiah, N. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN 10 Batanghari. ISLAMIKA, 6(4), 1946–1958. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i4.5404
Ganda, T. K., & Naimi, N. (2024). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP YAYASAN PESANTREN MODERN ADNAN MEDAN SUNGGAL. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(4), 4784–4791. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1389
Giamellaro, M. (2017). Dewey’s Yardstick. Sage Open, 7(1). https://doi.org/10.1177/2158244017700463
Halimatussa’diyah, E., Hartono, A., Luftiah Tantri, A., & Linawati, L. (2023). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Pesantren Darul Qur’an. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 27–32. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v12i1.26642
Hashim, I., & Samsudin, S. (2020). Practices of problem-based learning (PBL) in teaching islamic studies in malaysian public universities. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(10).
Hayati, N., & Nuriyah, T. S. (2023). PENGEMBANGAN LKPD MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Binomial, 6(2), 172–184. https://doi.org/10.46918/bn.v6i2.1901
Hidayati, I. N., Berliana, C. I., & Zaman, B. (2024). Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran PAI. Journal of Instructional and Development Researches, 4(6), 540–550. https://doi.org/10.53621/jider.v4i6.418
Ibrohim, M. M. M., Supriadi, U., & Fakhruddin, A. (2025). Meaningful Learning Practices in Islamic Education: A Qualitative Exploration of Planning, Implementation, and Evaluation. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2 Mei), 2949–2960. https://doi.org/10.58230/27454312.2469
Khairunnisa, N. A., & Dartim, D. (2024). The Role of digital Based Learning (PBL) Technology in Islamic Learning in the Kurikulum Merdeka. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 8(1), 100–110. https://doi.org/10.23917/iseedu.v8i1.8853
Laila, N. F., & Fitria, L. N. (2024). Harmonizing Tradition and Modernity: Teaching Critical Thinking in Islamic Religious Education. International Journal of Arts and Social Science, 7, 12. www.ijassjournal.com
Misidawati, D. N., & Sundari, P. (2021). Penerapan Model PBL dalam Matakuliah Teori Pengambilan Keputusan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 922–928. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1290
Muzammil, M. D. D. N. D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Basicedu, 7(1), 575–584.
Nasution, E. (2024). KENDALA YANG DIHADAPI GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 130001 TANJUNGBALAI . Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(3), 348–352. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jkp/article/view/1035
Nurdiana, Handayani, H., & Harahap, N. (2023). Implementation of PBL Model in Improving Students’ Learning Ability in Islamic Education Learning at SD Negeri 01 Rasau. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.22373/jppg.v1i2.6695
Prakoso, S. C. P., Firdaus, E., & Anwar, S. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Problematikanya di Sekolah Umum dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 13(2). https://doi.org/10.19109/intelektualita.v13i2.24757
Putri, N. K. R., & Setiawan, C. (2022). What Islamic Education Teachers Need To Know and Be Able To Do To Teach Students Higher-Order Thinking Skills? Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 18(2). https://doi.org/10.18196/afkaruna.v18i2.9462
Rahmawati, I. (2022). Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan. Journal of Education Research, 3(2). https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.77
Ramadhan, H., Deriwanto, D., & Harmi, H. (2023). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Journal TA’LIMUNA, 12(2). https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i2.1764
Rivas, S. F., Saiz, C., & Ossa, C. (2022). Metacognitive Strategies and Development of Critical Thinking in Higher Education. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.913219
Rizky, D., Karnati, N., & Supadi, S. (2022). Management of Educational Facilities and Infrastructure in Islamic Junior High School. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 26–35. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.37070
Salsabila, Y., & Muqowim, M. (2024). Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813–827. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3185
Strobel, J., & van Barneveld, A. (2009). When is PBL More Effective? A Meta-synthesis of Meta-analyses Comparing PBL to Conventional Classrooms. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 3(1). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1046
Susanto, E. (2014). Spiritualisasi Pendidikan Agama Islam: Menuju Keberagamaan Inklusif Pluralistik. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1).
Syafrizal, S., & Wirdati, W. (2024). Implementasi Model PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PAI. ALSYS, 4(5), 535–546. https://doi.org/10.58578/alsys.v4i5.3602
Umami, R. N., Kambali, & Arifuddin, A. (2025). TRENDS IN LEARNING INNOVATION IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 15(1).
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Wang, C. Y., Gao, B. L., & Chen, S. J. (2024). The effects of metacognitive scaffolding of project-based learning environments on students’ metacognitive ability and computational thinking. Education and Information Technologies, 29(5). https://doi.org/10.1007/s10639-023-12022-x
Widyasari, M., Hadiyanti, A. H. D., & Kriswanto, Y. B. (2023). Implementasi PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving, Kemandirian, dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 509–516. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.574
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Andri Kusnandar, Iskandar Mirza; Abdul Azpar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




