STUDI DESKRIPTIF MANAJEMEN LAYANAN KONSELING TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8702Keywords:
kedisiplinan siswa; konseling teman sebaya; layanan bimbingan dan konseling; manajemen.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen layanan konseling teman sebaya dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di lingkungan SMAN 18 Bandung dan SMAN 6 Bandung. Layanan konseling teman sebaya merupakan pendekatan partisipatif di mana siswa dilatih untuk menjadi konselor sebaya dan membantu teman-temannya dalam menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan perilaku disiplin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri atas guru bimbingan dan konseling, siswa sebagai konselor sebaya, dan siswa yang menerima layanan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen layanan konseling teman sebaya yang dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan evaluasi yang sistematis mampu meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab siswa terhadap aturan sekolah. Layanan ini juga menciptakan lingkungan sosial yang lebih suportif dan komunikatif antar siswa. Dengan demikian, manajemen konseling teman sebaya terbukti efektif dalam mendukung pembentukan kedisiplinan siswa secara berkelanjutan.
References
Creswell, J. W. (2013). Educational research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research / John W. Creswell. — 4th ed. Dalam University of Nebraska–Lincoln.
Daempal, Y. S. (2021). MANAJEMEN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA BUNDA HATI KUDUS JAKARTA. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.796
Darman, D., Alwi, A., & Halimah, A. (2024). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Self- Discipline Siswa Man Sidrap. Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(2), 88–102. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i3.392
Defanti, R., & Nurwianti, F. (2024). Pelatihan Pelatih (Training of Trainers) Konselor Sebaya Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi dan Self-Efficacy Training of Trainers for Peer Counselors to Improve Emotion Regulation and Self-Efficacy. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 5(3), 1116–1123. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i3.599
Elmansyah, T., Sutoyo, A., & Suwarjo. (2015). Model Konseling Teman Sebaya Berbasis Humanistik Untuk Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2).
Erhamwilda. (2015). Konseling Sebaya; Alternatif Kreatif Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah (1 ed.). media akademi.
Fayol, H. (2010). Manajemen Public Relations (1 ed.). PT. Elex Media.
Febrianti, T., & Mulawarman, M. (2019). Peningkatan Perilaku Prososial Siswa melalui Konseling Teman Sebaya Berbasis Kecakapan Hidup. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 293–300. https://doi.org/10.30653/001.201933.113
Husna, N., Ruaidah, R., & Zulhendri, Z. (2023). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Psikososial Remaja. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(2), 146–152. https://jpion.org./indek.php/jpi
Ibandiyah, I. Z., & Hasanah, M. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Sebaya (Peer Counseling) Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri. CONSEILS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 89–100. https://doi.org/10.55352/bki.v1i2.343
Istiqomah, R. L., Hasanah, M., & Syah, A. M. (2023). Efektivitas Layanan Konseling Sebaya (Peer Counseling) Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan. Conseils : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.55352/bki.v3i1.176
Miles, M.B & Huberman, A. M. (1994). An expanded sourcebook: Qualitative data analysis (2nd Edition). Dalam Sage Publications (Nomor 2nd Edition).
Mz, I., & Marhani, I. (2020). DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA. Psycho Idea, 18(2), 197. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.7103
Nurfaizi, R., & Haryanto, S. (2024). Peran Bimbingan dan Konseling Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Wonosobo. Moral : Jurnal kajian Pendidikan Islam, 1(4), 01–10. https://doi.org/10.61132/moral.v1i4.202
Pangesti, S. A., & Kholis, M. M. N. (2024). Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri I Gondang. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 10(2), 178–192. https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i2.4918
Pranoto, S. (2024). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 133–137. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i2.711
Ridha, A. A. (2019). Penerapan Konselor Sebaya dalam Mengoptimalkan Fungsi Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Psikologi, 15(1), 25. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6549
Sari, M. R., & Hartini, N. (2022). Implementasi Pelatihan Konseling Sebaya dalam Meningkatkan Empati Remaja Calon Konselor Panti Asuhan Aisyiyah. Desember, 11(4).
Suryani. (2023). Peningkatan Kedisiplinan Siswa dengan Metode Layanan Bimbingan dan Konseling Individu pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 88–101. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.125
Suryawati, N. M. R. (2016). KONSELING TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 202–211. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4247
Syah, M. E., Pradana, W. D., Pertiwi, D. S., & Hidayah, N. (2024). Pelatihan Konselor Sebaya Pada Guru Sekolah Inklusi. Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 3(2), 65–70. https://doi.org/10.51849/jp3km.v3i2.46
Zulfikar, F. (2025). Efektivitas Konseling dan Dukungan Teman Sebaya dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib di Sekolah. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 4(4), 114–119. https://doi.org/10.31960/konseling.v4i4.2822
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Henhen Suhaenih, Hanafiah Hanafiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




