STUDI DESKRIPTIF MANAJEMEN LAYANAN KONSELING TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA

Authors

  • Henhen Suhaenih Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Hanafiah Hanafiah Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8702

Keywords:

kedisiplinan siswa; konseling teman sebaya; layanan bimbingan dan konseling; manajemen.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen layanan konseling teman sebaya dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di lingkungan SMAN 18 Bandung dan SMAN 6 Bandung. Layanan konseling teman sebaya merupakan pendekatan partisipatif di mana siswa dilatih untuk menjadi konselor sebaya dan membantu teman-temannya dalam menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan perilaku disiplin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri atas guru bimbingan dan konseling, siswa sebagai konselor sebaya, dan siswa yang menerima layanan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen layanan konseling teman sebaya yang dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan evaluasi yang sistematis mampu meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab siswa terhadap aturan sekolah. Layanan ini juga menciptakan lingkungan sosial yang lebih suportif dan komunikatif antar siswa. Dengan demikian, manajemen konseling teman sebaya terbukti efektif dalam mendukung pembentukan kedisiplinan siswa secara berkelanjutan.

References

Creswell, J. W. (2013). Educational research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research / John W. Creswell. — 4th ed. Dalam University of Nebraska–Lincoln.

Daempal, Y. S. (2021). MANAJEMEN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA BUNDA HATI KUDUS JAKARTA. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.796

Darman, D., Alwi, A., & Halimah, A. (2024). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Self- Discipline Siswa Man Sidrap. Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(2), 88–102. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i3.392

Defanti, R., & Nurwianti, F. (2024). Pelatihan Pelatih (Training of Trainers) Konselor Sebaya Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi dan Self-Efficacy Training of Trainers for Peer Counselors to Improve Emotion Regulation and Self-Efficacy. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 5(3), 1116–1123. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i3.599

Elmansyah, T., Sutoyo, A., & Suwarjo. (2015). Model Konseling Teman Sebaya Berbasis Humanistik Untuk Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2).

Erhamwilda. (2015). Konseling Sebaya; Alternatif Kreatif Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah (1 ed.). media akademi.

Fayol, H. (2010). Manajemen Public Relations (1 ed.). PT. Elex Media.

Febrianti, T., & Mulawarman, M. (2019). Peningkatan Perilaku Prososial Siswa melalui Konseling Teman Sebaya Berbasis Kecakapan Hidup. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 293–300. https://doi.org/10.30653/001.201933.113

Husna, N., Ruaidah, R., & Zulhendri, Z. (2023). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Psikososial Remaja. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(2), 146–152. https://jpion.org./indek.php/jpi

Ibandiyah, I. Z., & Hasanah, M. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Sebaya (Peer Counseling) Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri. CONSEILS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 89–100. https://doi.org/10.55352/bki.v1i2.343

Istiqomah, R. L., Hasanah, M., & Syah, A. M. (2023). Efektivitas Layanan Konseling Sebaya (Peer Counseling) Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan. Conseils : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.55352/bki.v3i1.176

Miles, M.B & Huberman, A. M. (1994). An expanded sourcebook: Qualitative data analysis (2nd Edition). Dalam Sage Publications (Nomor 2nd Edition).

Mz, I., & Marhani, I. (2020). DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA. Psycho Idea, 18(2), 197. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.7103

Nurfaizi, R., & Haryanto, S. (2024). Peran Bimbingan dan Konseling Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Wonosobo. Moral : Jurnal kajian Pendidikan Islam, 1(4), 01–10. https://doi.org/10.61132/moral.v1i4.202

Pangesti, S. A., & Kholis, M. M. N. (2024). Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri I Gondang. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 10(2), 178–192. https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i2.4918

Pranoto, S. (2024). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 133–137. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i2.711

Ridha, A. A. (2019). Penerapan Konselor Sebaya dalam Mengoptimalkan Fungsi Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Psikologi, 15(1), 25. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6549

Sari, M. R., & Hartini, N. (2022). Implementasi Pelatihan Konseling Sebaya dalam Meningkatkan Empati Remaja Calon Konselor Panti Asuhan Aisyiyah. Desember, 11(4).

Suryani. (2023). Peningkatan Kedisiplinan Siswa dengan Metode Layanan Bimbingan dan Konseling Individu pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 88–101. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.125

Suryawati, N. M. R. (2016). KONSELING TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 202–211. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4247

Syah, M. E., Pradana, W. D., Pertiwi, D. S., & Hidayah, N. (2024). Pelatihan Konselor Sebaya Pada Guru Sekolah Inklusi. Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 3(2), 65–70. https://doi.org/10.51849/jp3km.v3i2.46

Zulfikar, F. (2025). Efektivitas Konseling dan Dukungan Teman Sebaya dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib di Sekolah. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 4(4), 114–119. https://doi.org/10.31960/konseling.v4i4.2822

Downloads

Published

2025-08-11

How to Cite

Suhaenih, H., & Hanafiah, H. (2025). STUDI DESKRIPTIF MANAJEMEN LAYANAN KONSELING TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(02). https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8702

Citation Check