KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING LITERASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8607Keywords:
Visionary leadership, Principal, Digital era education, Student literacyAbstract
Kepemimpinan visioner kepala sekolah menjadi kunci dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital, khususnya untuk meningkatkan daya saing literasi siswa. Kepala sekolah visioner berperan dalam merancang strategi inovatif, seperti pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran, penguatan kompetensi guru melalui pelatihan literasi digital.tujuannya penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran dan bentuk kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam mengintegrasikan literasi digital ke dalam lingkungan pembelajaran, serta menganalisis dampaknya terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitiatif.ada 3 partisipan yang dipilih dan bersedia menjadi partisipan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah,guru,dan siswa.proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara rekaman audio yang dilakukan secara lisan dan tatap muka oleh peneliti dan partisipan yang bertujuan agar mendapat informasi lebih dalam.hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah melakukan penyedian infrastruktur teknologi,pelatihan guru serta memotivasi siswa serta menciptakan budaya literasi yang berorientasi pada masa depan.temuan ini menekankan dan menyimpulkan bahwa kepemimpinan visioner kepala sekolah merupakan faktor strategis dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Melalui visi yang jelas dan implementasi kebijakan yang progresif, kepala sekolah mampu meningkatkan daya saing literasi siswa, sekaligus menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan abad ke-21.
References
Agar,M.H.(2019).Ethnography: An Introduction to Theory and Method (2nd ed.). Sage Publications
Bush,T.Bell,L.& Middlewood, D. (Eds.). (2019). Prinsip-prinsip kepemimpinan visioner pendidikan & manajemen.CA : SAGE Publications ltd.
Chen, J. K.& Chen, I. S. (2020). Don’t worry, i’m with you: Can visionary leadership release neurotic employees for more perceived innovative interactions? Innovation: Management,PolicyandPractice,15(2),215–223. https://doi.org/10.5172/impp.2013.15.2.215.
Choi, K., Lee, H., Shin, N., Kim, S., & Krajcik, J. (2020). Rekonseptualisasi literasi sains di Korea Selatan pada abad ke-21. Jurnal Penelitian Pengajaran Sains. 48(6), 670–697.
Dedi Prestiadi, Wildan Zulkarnain, dan Raden Bambang Sumarsono, “Visionary Leadership in Total Quality Management: Efforts to Improve the Quality of Education in the IndustrialRevolution4.0381,no.CoEMA(2020):202–6, https://doi.org/10.2991/coema19.2019.40.
Elvi Rahmi, Moh. Muslim, & Yusnia Binti Kholifah. (2023). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Di Era Digital. El-Rusyd : Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Ahlussunnah Bukittinggi, 7(2), 41–48. https://doi.org/10.58485/elrusyd.v7i2.134
Erkkilä, T., & Piironen, O. (2020). Trapped in university rankings: bridging global competitiveness and local innovation. International Studies in Sociology of Education, 29(1–2), 38–60. https://doi.org/10.1080/09620214.2019.1634483.
Ginting. R. A. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Darul Qur’an .Kec. Percut Sei Tuan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Hasan, H. (2022). Pelaksanaan Manajemen Supervisi Pendidikan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Promis,3(September),1–48. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/548
Kastaji, K., Mutohar, P. M. & (2024). Kepemimpinan Visioner Dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan Islam Tranformatif. Jurnal Studi Islam 4(2), 1461–1475. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikraj/article/view/5279.
Kearney, E. Shemla, M.van Knippenberg, D. & Scholz, F. A. (2021). A paradox perspective on the interactive effects of visionary and empowering leadership. Organizational BehaviorandHuman.Decision.Processes,155(December2018),20–30.
Lestari, S., Mulyanto, A. Gustami, B. A., & (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Innovative: Journal Of 3, 199–205. http://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/view/2152%0Ahttp://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/download/2152/157.
Mahmud, M. Y., & Jannah, W. (2023). Kepemimpinan Visioner dalam Transformasi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Madinatul Iman.
Mustiningsih, Maisyaroh, & Ulfatin, N. (2020). Peran kepemimpinan visioner kepala sekolah hubungannya dengan kesiapan guru menyongsong revolusi industri 4.0. 4, 101–112.
Narulita Debora, V., Wahyudi, & Syukri, M. (2023). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Organisasi Di Sma Negeri 3 Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(2), 596–605. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i2.62928
Paramansyah, A. (2020). Manajemen Pendidikan dalam Menghadapi Era Digital. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi.
T.Janah, R. R., & Prihatin, E. (2024). Kepemimpinan Visioner dalam Menghadapi Pendidikan Era Digital untuk Meningkatkan Daya Saing Madrasah Aliyah (MA) ( Studi Kasus Di MAS Alif Al-Ittifaq ). 7, 359–369.
Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1024–1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053.
Romandoni, Ilham Yahya, And Nur Efendi. "Transformasi Kepemimpinan Pendidikan Islam: Tantangan Dan Peluang Di Era Digital." Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 12.2(2024): 194-209. Suparyo, S., Hanif, M., & Suratno, S. (2024).
Wibawani, D. T. Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2019). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181–187. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p181
Yasmansyah, & Zakir, S. (2022). Arah Baru Pendidikan Agama Islam di Era Digitalisasi. JKIP :JurnalKajianIlmuPendidikan,3(1),http://journal.almatani.com/index.php/jkip/index.
Yoon,B.Yol,Ö.Haag, C., & Simpson, A. (2021). Literasi global yang kritis: Kerangka pengajaran baru di era global. Jurnal Literasi Remaja & Dewasa, 62(2), 205–214. doi:10.1002/jaal.763
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 idatul Fauziah, Inom Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




