MANAJEMEN EDUWISATA PESANTREN SEBAGAI INSTRUMEN BRANDING DI ERA MODERN
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8586Keywords:
Edu-tourism Management, Islamic Boarding School Branding, Modern EraAbstract
Penelitian ini membahas manajemen eduwisata pesantren sebagai instrument branding di era modern pada Pondok pesantren Ma’hadul Muta’alimin. Pokok permasalah yang diangkat adalah sejauhmana eduwisata pesantren mampu merubah Persepsi Masyarakat terhadap Pesantren, Bagaimana strategi pesantren dalam menghadapi persaingan dengan sekolah modern dan apakah eduwisata dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi pesantren. Penelitian ini bertujuan menganalisis eduwisata sebagai instrumen branding untuk meningkatkan citra dan daya tarik pesantren di era modern. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eduwisata pesantren berkontribusi dalam membangun citra positif, menarik calon santri, serta memperkuat hubungan dengan masyarakat. Digitalisasi dan pemanfaatan media sosial memainkan peran penting dalam branding eduwisata. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengelola pesantren untuk mengoptimalkan eduwisata sebagai strategi branding yang efektif, sekaligus mengidentifikasi tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan literasi digital. Kesimpulannya, Manajemen eduwisata pesantren merupakan strategi branding yang efektif dalam meningkatkan citra pesantren di era modern. Dengan penerapan strategi yang tepat, pesantren dapat menarik lebih banyak pengunjung, meningkatkan ekonomi, serta memperkuat posisinya sebagai pusat pendidikan Islam yang inovatif. Kolaborasi dengan berbagai pihak dan pemanfaatan teknologi digital menjadi kunci utama dalam kesuksesan eduwisata pesantren
References
DAFTAR PUSTAKA
Abd. Mahfud, Benny Prasetiya, dan Subhan Adi Santoso,.(2022), “Peran Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Religius Anak Di Desa Mranggonlawang.” Jurnal Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo 8, no. 2.
Abidin, Zainal, Segaf Baharun, dan Achmad Fauzi Hamzah.(2024), “Strategi Branding Dan Promosi Pesantren Darul Lughah Wa Da’wah Melalui Tiktok.” JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah 2, no. 01 (19 September 2024): 1–17. https://doi.org/10.61444/jmpt.v2i01.37.
Agustiningsih, Ari Mufidah, Maisyaroh, dan Djum Djum Noor Benty.(2023) “Manajemen Pesantren Wisata di Pondok Pesantren An-Nur II Bululawang Kabupaten Malang.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan 3, no. 5 (2023): 402–411. https://doi.org/10.17977/um065v3i52023p402-411.
Buntoro, Fuad, dan Siti Maisaroh.(2023) “Konsep Wisata Halal di Pondok Pesantren.” Jurnal IJMA: International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues 3, no. 2 (2023).
Erawati, Sherly Hesti, Dika Resty, dan Putri Ayuningtyas.(2022), “Kiat Pesantren dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Santri Melalui Kegiatan Eduwisata.” Maniggio: Jurnal Madister Manajemen 5, no. 2.
Ghofur, Waryono Abdul.(2024) “Pesantren Tetap Jadi Pilihan Utama: Santri dan peminat Terus Bertambah.” Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), Kementerian Agama RI, https://pendis.kemenag.go.id/read/pesantren-tetap-jadi-pilihan-utama-santri-dan-peminat-terus-bertambah.
Hidayat, Mansur.(2017), “Model Komunikasi Kyai Dengan Santri Di Pesantren.” Jurnal ASPIKOM 2, no. 6: 385. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i6.89.
Halim, Abd., dan Soebadar.(2013) Kebijakan Pendidikan Islam dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Huda, Sabilul.(2024) “Pesantren Wisata: Solusi Edukasi Islami dan Rekreasi Berkualitas.” Pesantren Alam, https://pesantrenalam.org/pesantren-wisata-solusi-edukasi-islami-dan-rekreasi-berkualitas.
Jalaluddin. (2025), Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.
Juwari. (2024), “Ajmie Manajemen Pondok Pesantren di Era 5.0: Mengoptimalkan Pendidikan Berbasis Teknologi dan Inklusi.” Jurnal. https://doi.org/10.32478/90e3q542.
Kementerian Agama RI. SIMBA: Sistem Informasi Manajemen Bantuan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam RI Sebagai Upaya Pemerintah dalam Afirmasi Terhadap Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam (MDT-LPQ). https://simba.kemenag.go.id/.
Kunto, Suharsimi Ari. (2025), Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Kurniawan, Sigit Wahyu, Sultan Syahril, dan Dewi Yanti. (2023), “Manajemen Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Putra di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023.” UNISAN Jurnal: Jurnal Manajemen dan Pendidikan 2, no. 1.
Mahfud, Abd., Benny Prasetiya, dan Subhan Adi Santoso. (2022) “Peran Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Religius Anak Di Desa Mranggonlawang.” Jurnal Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo 8, no. 2
Manfaluti, Haris Ma’mun. (2025), Wawancara dengan Pengasuh Pondok Pesantren Ma’hadul Muta’alimin, 17 Mei 2025.
Moh Rizky, dan Ali Hisyam Muhammad, (2022). “Tatakelola Eduwisata Halal di Pesantren Menurut Fatwa MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pengelolaan Pariwisata Halal: Studi Pengembangan di Pondok Pesantren Al Kahfi Desa Gangseyan Kecamatan Sepuluh Kabupaten Bangkalan.” Jurnal Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. LP2M UST Jogja.
Muhanifah, dan Ahmad Fata. (2020) “Peran Pesantren dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Santri Melalui Kegiatan Eduwisata.” Jurnal QUALITY 8, no. 1
Najah, Faizun. (2021), “Persepsi Masyarakat Terhadap Pesantren: Studi Fenomenologi.” Jurnal Islam Nusantara 5, no. 1.
Ningsih, Masnia, et al.(2023) “Desa Wisata, Wisata Desa: Inovasi, Potensi, Dan Strategi.” Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Nurrahmah, Ica.( 2024) “Strategi Digital Branding Pesantren Dalam Meningkatkan Kuantitas Santri Di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo Tahun 2023.” Skripsi, UIN Khas Jember,
PPM School of Manajemen.( 2025) Inspiring Transformation: Management Skill – Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh di Dunia Kerja. Jakarta: PPM School of Manajemen,. https://ppmschool.ac.id/management-skill/.
Pratama, Farandika Nanda. (2025), “Strategi Manajemen Branding Sekolah Berbasis Pesantren: Pendekatan Inovatif Untuk Meningkatkan Daya Saing Pendidikan.” DIRASAH 8, no. 1. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah263.
Ramadan, Wildan Rizki, dan Anita Puji Astutik. (2025) “Technology Integration in Pesantren Management in the Era of Society 5.0.” Karya Tulis Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Rosyidi, Puguh,( 2025),. Wawancara dengan Ketua Yayasan Ma’hadul Muta’alimin, 2 Mei 2025.
Sestiawati, Rahayu Intan.( 2024), “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Santri di Pondok Pesantren Muhtar Syaf’at Mesuji Ogan Kumering Ilir Lampung Sumatra Selatan.” Skripsi, UIN Raden Intan Lampung.
Shabrina, Arina Hilma.( 2024), School Branding Pada Pondok Pesantren. Tesis, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Sugiyono.( 2021), Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunan Kalijaga, TLUIN. (2022), Bunga Rampai Jejak Pengabdian untuk Bangsa: Sebuah Kerja Nyata dari UIN Sunan Kalijaga untuk Indonesia. Yogyakarta: Suka Press ~ LPPM UIN Sunan Kalijaga.
Sunardi, Isah Munfarida, Senang, Kholik, dan Ari Kartiko. (2025) “Pelatihan dan Pendampingan Teknik Pemasaran yang Efektif pada ISMA'U Nusa Tenggara Barat di Jombang.” AN NAF’AH: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1. https://doi.org/10.54437/annafah.
Supri. (2025), Wawancara dengan Pengelola Eduwisata Pesantren Ma’hadul Muta’alimin, 24 Mei 2025.
Sutopo.(2022), “Motodologi Penelitian: Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik Wawancara Mendalam (In-Depth Interview).” CV. RA-Media Publishing, 8. https://www.rikaariyani.com/2022/12/karakteristik-wawancara-mendalam.html.
Wahyuddin, S., et al.( 2023), “Metode Riset Kualitatif.” Get Press Indonesia.
Widiawati, Anisa.( 2024), “Pentingnya Pendidikan Pesantren di era Modern.” Laboratorium Pendidikan FITK, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. https://labfitk.uin-suka.ac.id/id/kolom/detail/848/blog-post.html.
Yusuf, Muh, dkk. (2025), Manajemen Perubahan. CV. Eureka Media Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Suroto Suroto, Islah Islah, Fitri Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




