PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASIWA POLITEKNIK PGRI BANTEN

Authors

  • Rosdiana Rosdiana Politeknik PGRI Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v3i2.832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen dan motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Politeknik PGRI Banten dalam pembelajaran Matematika yang signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh dosen Matematika dan mahasiswa Politeknik PGRI Banten dengan teknik penentuan sampel Proportional Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar mahasiswa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,290 dengan tingkat signifikan sebesar 0.002. Variable Kompetensi dosen juga secara parsial menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai t hitung sebesar 4,310 dengan Sig.t = 0,000). Motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen menurut sudut pandang mahasiswa secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 14,063 dengan tingkat signifikan sebesar 0.000

Kata Kunci: kompetensi dosen, motivasi belajar, prestasi belajar.

Author Biography

Rosdiana Rosdiana, Politeknik PGRI Banten

-

References

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Asara.

Djamarah, S.B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, O. (2002). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Isaac, S., & Micheal, W.B. (1983). Handbook in research and evaluation: For education and behavioral sciences. San Diego: WdITS Publisher.

Mulyasa, E. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Naim, N. (2009). Menjadi Dosen Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Robbins, P.S. (2006). Organization Behavior. Jakarta: Gramedia.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Aplikasinya dalam Penelitian. Gorontalo: Nurul Jannah.

Uno, B.H. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Suyanto & Jihad, A. (2013). Menjadi Dosen Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Dosen di Era Global. Jakarta: Erlangga Group.

Published

2020-07-22

How to Cite

Rosdiana, R. (2020). PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASIWA POLITEKNIK PGRI BANTEN. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 266–275. https://doi.org/10.30868/im.v3i2.832

Citation Check