PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASIWA POLITEKNIK PGRI BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v3i2.832Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen dan motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Politeknik PGRI Banten dalam pembelajaran Matematika yang signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh dosen Matematika dan mahasiswa Politeknik PGRI Banten dengan teknik penentuan sampel Proportional Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar mahasiswa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,290 dengan tingkat signifikan sebesar 0.002. Variable Kompetensi dosen juga secara parsial menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai t hitung sebesar 4,310 dengan Sig.t = 0,000). Motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen menurut sudut pandang mahasiswa secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 14,063 dengan tingkat signifikan sebesar 0.000
Kata Kunci: kompetensi dosen, motivasi belajar, prestasi belajar.
References
Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Asara.
Djamarah, S.B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, O. (2002). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Isaac, S., & Micheal, W.B. (1983). Handbook in research and evaluation: For education and behavioral sciences. San Diego: WdITS Publisher.
Mulyasa, E. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.
Naim, N. (2009). Menjadi Dosen Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Robbins, P.S. (2006). Organization Behavior. Jakarta: Gramedia.
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Aplikasinya dalam Penelitian. Gorontalo: Nurul Jannah.
Uno, B.H. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara
Suyanto & Jihad, A. (2013). Menjadi Dosen Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Dosen di Era Global. Jakarta: Erlangga Group.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).